Sukses

Vivo Akhirnya Ungkap Tampilan OriginOS Pengganti FuntouchOS

Liputan6.com, Jakarta - Vivo akhirnya mengungkap tampilan Origin OS besutannya yang akan menggantikan Funtouch OS. Informasi soal sistem operasi kustomisasi terbaru ini dilakukan dalam konferensi pengembang yang digelar di Tiongkok.

Dikutip dari Android Authority, Kamis (19/11/2020), Origin OS kini tampil dengan desain widget berbentuk persegi atau persegi panjang. Vivo menyebutnya sebagai Klotski grid, merujuk pada potongan puzzle Klotski yang berbentuk serupa.

Menurut Vivo, widget ini juga dibekali dengan fitur Nano Alerts yang selalu menampilkan informasi terkini, sekilas fitur ini mirip dengan Windows Live Tiles. Jadi, widget ini dapat digunakan untuk menampilkan informasi cuaca, penerbangan, hingga pengiriman.

Selain itu, Origin OS juga dibekali dengan wallpaper dinamis dan disesuaikan dengan kondisi dunia sebenarnya. Maksudnya, tampilan latar belakang di perangkat dapat berubah sesuai dengan cuaca, seperti pergerakan angin atau awan.

Contoh lain yang tidak kalah menarik adalah wallpaper di Origin OS dapat berubah mengikuti hari, seperti semakin terang saat tengah hari atau semakin gelap di kala malam.

Namun, masih ada kemungkinkan pengguna juga masih dapat memakai Funtouch OS sebelum benar-benar beralih ke tampilan baru ini. Namun informasi soal jadwal peluncuran, ketersedian, hingga perangkat yang mendukung, Vivo belum mengungkapnya.

Sebagai informasi, Vivo sebelumnya juga mengumumkan slogan Origin OS adalah "Brand New World." Nama sistem operasi kustomisasi ini merupakan singkatan tim pengembangnya, Origin Studio.

2 dari 3 halaman

Vivo V20 dan V20 SE Resmi Hadir di Indonesia

Di sisi lain,  Vivo akhirnya secara resmi merilis V20 dan V20 SE di Indonesia. Kehadiran keduanya merupakan bentuk komitmen Vivo menghadirkan teknologi dan inovasi smartphone terbaru di Tanah Air.

Senior Brand Director Vivo Indonesia, Edy Kusuma, mengatakan Vivo akan terus memperkuat posisinya di pasar, termasuk melakukan ekspansi dengan produk-produk baru.

Ia pun menegaskan Vivo selalu berusaha memenuhi kebutuhan konsumen dengan berbagai produknya, termasuk seri V20.

"Kami terus fokus memperkuat pasar dan melakukan ekspansi. Melalui seri V20 ini kami juga terus mengikuti kebutuhan konsumen," ungkap Edy dalam acara pengumuman seri V20 pada Selasa (29/9/2020).

Vivo V20 hadir dengan chipset Qualcomm Snapdragon 720G. Smartphone ini dilengkapi RAM 8GB dan memori internal 128GB.

Spesifikasi lainnya termasuk layar Super AMOLED FHD+ 6,44 inci (2.400 x 1.080 piksel), baterai 4.000 mAh dengan dukungan fast charging 33W, serta Funtouch OS 11 yang berbasis pada Android 11.

3 dari 3 halaman

Kamera dan Fitur Lain

Untuk pengambilan foto, Vivo melengkapi V20 dengan kamera depan 44MP. Kamera 44MP dilengkapi dengan teknologi Eye Autofocus, yang mampu menangkap fokus secara tajam dari jarak hanya 15cm, sehingga hasil foto diklaim akan tetap jernih dan tajam.

Selain itu, terdapat tiga kamera belakang dengan masing-masing resolusi utama 64MP, 8MP untuk wide-angle, macro, dan depth, serta lensa mono 2MP.

Kamera belakang dengan resolusi 64MP diklaim dapat menampilkan detail hidup yang tetap jelas, bahkan setelah foto diperbesar.

Fitur-fitur lainnya termasuk NFC, Bluetooth 5.0, dan pemindai sidik jari di dalam layar. Vivo V20 meluncur di pasar dengan dua pilihan warna ayitu Midnight Jazz dan Sunset Melody.

(Dam/Why)