Sukses

Onno W. Purbo Raih Penghargaan Bergengsi di Bidang Internet "Jonathan B. Postel Service Award"

Liputan6.com, Jakarta - Internet Society menganugerahkan Jonathan B. Postel Service Award kepada Onno W. Purbo.

Menurut keterangan resmi Internet Society, pria kelahiran Bandung, Jawa Barat itu dianggap telah berkontribusi secara substansial dan berkelanjutan kepada komunitas internet di dunia.

"Purbo adalah advokat Internet yang produktif dan telah memainkan peran penting dalam mendemokratisasi akses Internet, membuat akses Internet lebih terjangkau terutama di daerah pedesaan Indonesia," kata Internet Society, dikutip dari laman resminya.

Salah satu kontribusi Onno W. Purbo di bidang internet adalah mempopulerkan dan mengajarkan cara pembuatan Wajanbolic, teknologi antena dari wajan masak yang dapat menangkap frekuensi 2,4 Ghz--Wajanbolic pertama kali digagas oleh Gunawan (e-gone). Selain itu, pria yang aktif membagikan ilmunya di kanal YouTube dan LMS "Onno Center" itu juga dikenal berkat program RT/RW-net.

Saat ini LMS yang dapat dikunjungi di alamat https://lms.onnocenter.or.id/moodle/ itu telah menghadirkan lebih dari 700 kursus kepada hampir 40.000 peserta dan melatih lebih dari 8.000 guru tentang pengoperasian e-Learning.

2 dari 2 halaman

Tentang Jonathan B. Postel Awards

Untuk diketahui, penghargaan ini terinsipirasi dari Dr. Jonathan B. Postel dalam rangka mengakui dan memperingati penatalayanan luar biasa yang dilakukan oleh dirinya selama 30 tahun berkontribusi di bidang jaringan.

Sebelum Onno W. Purbo, beberapa orang Asia lainnya yang pernah menyabet penghargaan ini adalah:

Kanchana Kanchanasut (Thailand) - 2016

Mahabir Pun (Nepal) - 2014

Kilnam Chon (Korea Selatan) - 2011 

Jianping Wu (Tiongkok) - 2010

Jun Murai (Jepang) - 2005