Sukses

Zebra Technologies Rilis Solusi Contact Tracing Jarak Jauh

Zebra Technologies merilis Zebra MotionWorks Proximity, sebuah solusi yang menawarkan sensor jarak jauh yang mampu memberi peringatan dan melakukan contact tracing

Liputan6.com, Jakarta - Zebra Technologies merilis Zebra MotionWorks Proximity, sebuah solusi yang menawarkan sensor jarak jauh yang mampu memberi peringatan dan melakukan contact tracing.

Solusi ini diharapkan dapat membantu para pengusaha memantau kesehatan karyawannya saat bekerja. Pemerintah di seluruh dunia telah mengeluarkan pedoman yang mewajibkan para pengusaha untuk mengembangkan dan menerapkan kebijakan yang sesuai dengan kondisi saat ini, seperti social distancing, contact tracing, dan desinfeksi fasilitas usaha mereka.

Solusi Zebra MotionWorks Proximity ini dapat memenuhi hal-hal tersebut dan saat ini ada banyak perusahaan yang membutuhkan opsi-opsi yang tersedia untuk menentukan strategi pembukaan kembali bisnis mereka.

"Untuk melindungi para pekerja kami di garis depan dan mereka yang kembali bekerja dari kantor, kami telah memprioritaskan masalah kesehatan dan keselamatan karyawan. Tim di seluruh perusahaan kami dengan cepat menetapkan, mengembangkan, dan menerapkan solusi proximity sensing, peringatan dan pelacakan riwayat kontak dalam salah satu fasilitas distribusi terbesar kami," kata Fang-How, Lim, Regional Director Asia Tenggara, Zebra Technologies Asia Pasifik.

Data yang terekam di Zebra MotionWorks akan terhubung dengan ID karyawan atau ID pengguna anonim. Karena itu, perusahaan akan memiliki informasi untuk ditindaklanjuti tanpa mengorbankan privasi individu. Pendekatan ini agak berbeda dengan solusi contact tracing konvensional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Otomatis

Secara otomatis contact tracing di Zebra MotionWorks dapat membantu perusahaan mengidentifikasi karyawan yang terpapar dengan cepat dan segera melakukan tes, agar perusahaan tak perlu melakukan penutupan fasilitas secara besar-besaran.

Pada praktiknya, solusi ini memanfaatkan Bluetooth Low-Energy (BLE) dan WiFi. Solusi perangkat lunak ini ada di cloud dan diterapkan dengan cepat dan dikelola dari jarak jauh oleh Zebra.

 

3 dari 3 halaman

Tak perlu on-site

Karena itu, perusahaan tak perlu menempatkan layanan profesional on-site (di tempat). Solusi ini juga tidak memerlukan infrastruktur baru dan dapat digunakan pada perangkat Zebra berbasis Android yang sudah dimiliki atau perangkat baru dalam berbagai bentuk dan harga.

"Keuntungan dari pelacakan kontak kami adalah solusi ini menggunakan perangkat yang saat ini sudah digunakan oleh pekerja di garis depan, sehingga meminimalkan biaya tambahan dan bisa digunakan dengan cepat oleh karyawan," kata Lim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini