Sukses

Selain Risiko Meledak, Ini Bahaya Pakai Kabel Charger iPhone Abal-Abal

Selain bisa meledak, berikut beberapa hal yang mungkin terjadi pada iPhone kamu jika menggunakan kabel charger abal-abal.

Liputan6.com, Jakarta - Kamu mungkin pernah mendengar sejumlah kasus iPhone meledak di beberapa negara, yang mana membuat penggunanya terluka parah atau bahkan meninggal dunia.

Penyebab dari kejadian tersebut rata-rata karena pengguna tidak memakai kabel charger iPhone bawaan atau kabel tak bersertifikat (kabel abal-abal berharga murah) saat melakukan pengisian daya baterai ponsel.

Selain itu, menggunakan kabel charger abal-abal juga bisa merusak iPhone. Memang kerusakannya tidak akan langsung terdeteksi, tapi mungkin akan kelihatan beberapa bulan atau beberapa tahun ke depan.

iPhone yang seharusnya memiliki 'umur' sekian tahun, akan lebih cepat rusak karena penggunaan aksesori yang tidak tepat, khususnya kabel charger.

Namun, apabila kamu masih tetap keras kepala dan tidak mau mengganti kabel charger abal-abal dengan yang asli, Hippo selaku penyedia aksesori smartphone, menjabarkan beberapa hal yang mungkin terjadi pada iPhone kamu.

1. Overheating

Arus pada kabel charger abal-abal tentu sangat tidak stabil, kadang terlalu tinggi, kadang malah terlalu rendah.

Inilah yang sangat berbahaya untuk iPhone. Jika kamu mengisi daya iPhone dengan kabel palsu, ada kemungkinan iPhone akan menjadi overheating atau menjadi panas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Merusak Baterai

Selanjutnya adalah usia baterai iPhone akan cepat berkurang ketika menggunakan kabel abal-abal. Ini karena produk palsu itu memiliki voltase yang lebih rendah dibandingkan yang orisinil.

3. Komponen Cepat Rusak

Siapa bilang menggunakan kabel palsu hanya akan berdampak pada baterai? Nyatanya, kabel palsu juga bisa berdampak pada komponen iPhone.

Ini karena pengisian daya yang berasal dari charger palsu tentu tidak akan berjalan sebagaimana mestinya, sehingga komponen yang ada pada iPhone mengalami 'keausan'.

3 dari 4 halaman

Penyebab iPhone Bisa Meledak

Kamu pasti pernah melihat berita mengenai smartphone yang meledak secara tiba-tiba. Kejadian tersebut bisa saja karena menggunakan kabel charger yang tidak asli.

Biasanya hal ini terjadi karena menggunakan kabel yang tidak asli dan juga adapter yang kualitasnya buruk. Ketika iPhone diisi dayanya terus menerus, iPhone akan kelebihan muatan arus dan membuatnya meledak.

4 dari 4 halaman

Solusi

Memang, harga dari kabel iPhone orisinil terbilang mahal. Solusinya, kamu bisa mencari kabel alternatif lain yang memiliki standar dan kualitas bagus yang setara dengan kabel orisinilnya.

Kamu bisa memilih kabel charger dengan label MFI (Made for iPhone/iPad/iPod), sebuah lisensi dari Apple kepada pabrikan pihak ketiga yang membuat aksesori dengan kualitas sesuai kriteria Apple.

Selain memiliki lisensi resmi dari Apple, aksesori dengan label MFI biasanya memiliki harga lebih murah ketimbang aksesori orisinil dari Apple. Salah satunya adalah kabel UL-01 keluaran Hippo Elite yang juga memiliki label MFI.

(Isk/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini