Sukses

Tips Rawat Baterai Smartphone Tetap Awet Ala Oppo

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui cara merawat baterai smartphone agar tetap awet dan tahan lama.

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone saat ini telah menjadi perangkat wajib yang digunakan untuk mendukung kegiatan sehari-hari penggunannya. Tidak lagi sekadar komunikasi, pengguna kerap menggunakan smartphone untuk keperluan hiburan.

Dengan beragamnya fungsi tersebut, baterai menjadi salah satu komponen krusial dari smartphone sekarang ini. Sebab, baterai perangkat yang tiba-tiba habis dapat mengganggu aktivitas pengguna, terutama saat kesulitan mencari sumber daya.

Untuk itu, Oppo pun berbagi tips untuk merawat baterai agar tetap tahan lama dan tidak mudah habis. Dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (30/10/2020), kebiasaan pengguna saat mengisi baterai ternyata menjadi poin penting.

Ada baiknya pengguna tidak mengisi terus-terus daya ketika bateri sudah penuh. Alasannya, studi dari perusahaan baterai Cadex lewat laman Battery University berhasil merinci kemampuan baterai lithium-ion yang banyak digunakan di smartphone.

Hasilnya, baterai tipe ini ternyata memiliki tingkat stres sendiri, sama seperti manusia. Adapun stres yang dimaksud adalah saat baterai tetap terhubung dengan sumber daya, meski baterai sudah terisi penuh 100 persen.

Kondisi itu membuat baterai berada dalam stres dan tegangan tinggi, sehingga berpotensi mengikis bahan kimia di dalamnya. Bahkan, kondisi ini dapat mengakibatkan baterai cepat rusak atau bocor.

Dalam beberapa situasi, kondisi ini juga memungkinkan terjadinya percikan api, sehingga perangkat dapat terbakar. Biasanya, hal ini terjadi karena pengguna tidak memakai adapter pengisi daya bawaan dari smartphone-nya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Isi Baterai Sebelum Kosong

Selain itu, pengguna juga harus melakukan pengisian daya sesegera mungkin ketika daya baterai mulai menipis. Menunggu pengisian ulang daya dari kapasitas baterai nol persen atau smartphone mati total sangat tidak disarankan.

Alasannya, pengisian baterai dalam kondisi kosong akan memakan waktu lebih lama dibanding saat daya masih tersisa kurang dari setengah. Idealnya, saat indikator sudah menunjukkan 35 atau 40 persen, smartphone dapat langsung diisi daya.

Perlu diketahui, tips ini sebenarnya berlaku untuk seluruh perangkat Android, tidak hanya smartphone Oppo. Untuk itu, bagi kamu yang ingin tetap menjaga daya tahan baterai smartphone-nya dapat mengikuti tips yang diberikan .

3 dari 3 halaman

Solusi Oppo di Reno4 F

Di samping itu, untuk mengantisipasi kelebihan pengisian daya di smartphone-nya, Oppo pun menghadirkan fitur terbaru di Reno4 F yang diberi nama AI Night Charging. 

Lewat fitur ini, pengisi daya baterai Oppo Reno4 F akan berhenti menarik arus apabila kapasitas baterai sudah mencapai 100 persen. 

Fitur ini dikembangkan dengan memanfaatkan kecerdasan buatan yang memiliki kemampuan mempelajari kebiasaan pengguna saat mengisi daya perangkatnya menjelang tidur. 

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini