Sukses

Acara Khusus Ramaikan 1 Dekade K-Pop Hadir di Twitter

Bersama dengan 10 tahun sinergi dengan K-Pop, Twitter berkolaborasi dengan K-Pop Radar mengungkap data percakapan soal K-Pop di 20 negara.

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan Twitter dan K-Pop dalam 10 tahun terakhir telah berkembang dan saling bersinergi. KPop pun menjadi salah satu topik yang paling banyak dibicarakan di Twitter saat ini.

Hal itu dibuktikan dengan data terbaru Twitter yang menunjukkan ada 6,1 miliar tweet seputar K-Pop selama 12 bulan terakhir di seluruh dunia. Dengan perkembangan itu, Twitter pun berkolaborasi dengan K-Pop Radar mengungkap data percakapan soal K-Pop di 20 negara.

"Kami hanya bisa mengucapkan terima kasih. Senang sekali bisa menyaksikan dan terlibat dalam perkembangan K-Pop selama 10 tahun terakhir," tutur Head of Global K-Pop Partnership di Twitter, Yeon-Jeong Kim dalam keterangan resmi yang diterima. 

Menurut Kim, Twitter telah menjadi platform bagi artis K-Pop yang ingin menjangkau audiens secara global.  Sementara bagi fans, situs microblogging menjadi platform agar bisa terhubung dengan fans global lain dan mengikuti keseruan percakapan KPop Twitter.

Tidak hanya musisi K-Pop saat ini, Twitter mengatakan platfromnya juga menjadi tempat untuk membicarakan artis K-Pop legendaris, seperti PSY, Super Junior, Big Bang, 2NE1, hingga Girls Generation.

Menyambut 10 tahun kolaborasi ini, akan diadakan pula live party ekslusif di Twitter Blueroom dengan tajuk '1 Dekade KPop Twitter'. Acara ini akan menghadirkan sejumlah artis KPop ternama, seperti Sunmi dari WonderGirls, Ki Hyun dan Hyung Won dari Monsta X, serta Bang Chan dari Stray Kids.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Indonesia Masuk 5 Besar

Perlu diketahui, Kpop Twitter sendiri telah menjadi komunitas global. Twitter mencatat ada 20 negara yang paling banyak membicarakan soal K-Pop di platformnya, mulai dari 1 Juli 2019 hingga 30 Juni 2020.

Negara-negara tersebut pun mencakup setiap benua yang ada di seluruh dunia.

Dalam laporan ini, Indonesia masuk dalam lima negara teratas dengan jumlah audiens unik dan volume tweet terbanyak yang membicarakan K-Pop di Twitter.

Adapun artis K-Pop yang paling banyak disebut di Twitter secara global adalah BTS. Namun hal berbeda di temui di Thailand, sebab di negara tersebut artis K-Pop yang paling di-mention adalah GOT7.

Hanya memang 10 artis K-Pop yang paling banyak dibicarakan tiap warganet di masing-masing negara sangat bervariasi. Hal ini menunjukkan adanya keberagaman fandom di masing-masing negara itu.

3 dari 3 halaman

Data Percakapan Soal K-Pop di Twitter oleh Warganet Indonesia

Untuk pertama kalinya pula, Twitter dan K-Pop Radar juga mengeluarkan data K-Pop di masing-masing negara. Lantas seperti apa tren K-Pop di Twitter Indonesia, berikut ini daftarnya.

Data percakapan soal K-Pop oleh pengguna Twitter di Indonesia. (Dok. Twitter)Data percakapan soal K-Pop oleh pengguna Twitter di Indonesia. (Dok. Twitter)Data percakapan soal K-Pop oleh pengguna Twitter di Indonesia. (Dok. Twitter)

 "Bahkan di masa pandemi ini, saat konser K-Pop, tur global, dan acara jumpa fans dibatalkan, kami tidak melihat adanya penurunan percakapan tentang K-Pop di Twitter. Para stans atau pendukung K-Pop tetap ingin terhubung satu sama lain dan berbagi keseruan di Twitter," tutur Yeon-Jeong.

Banyak dari percakapan itu merupakan bentuk semangat bagi para artis favorit saat akan meluncurkan baru atau berdonasi mendukung isu tertentu di suatu negara. Karenanya, Twitter sangat menantikan seperti hal seru lain yang akan dihasilkan dari K-Pop dan Twitter dalam 10 tahun mendatang.

(Dam/Why) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini