Sukses

Jepang Kirim Satelit dengan Kamera 8K ke Mars dan Bulannya

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, Badan Antariksa Jepang atau Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) dan stasiun TV nasional Jepang, NHK, mengumumkan kemitraan.

Disebutkan, mereka sedang mengembangkan kamera berteknologi 4K dan 8K (via Parabolic Arc) yang bertujuan untuk memotret foto planet Mars dan bulannya (Phobos dan Deimos).

Recananya, kamera 4K dan 8K ini akan digunakan untuk misi Martian Moons Exploration (MMX) mendatang. Demikian yang dikutip dari Engadget, Senin (14/9/2020).

Adapun misi Martian Moons Exploration ini akan secara teratur mengambil gambar dan sebagian mengirimkannya ke Bumi untuk "menciptakan gambar yang lebih halus dan detail".

Sementara itu, foto yang asli akan disimpan ke dalam kapsul yang nantinya akan dikembalikan ke Bumi.

Informasi, pesawat ruang angkasa MMX dijadwalkan akan meluncur pada 2024 dan diperkirakan akan sampai di Mars pada 2025.

 

2 dari 3 halaman

Informasi Foto Misi MMX

Planet Mars (NASA).

Tak hanya itu, hasil foto ini akan membantu memvisualisasikan perilaku pesawat ruang angkasa dengan menggabungkan informasi dari kamera dengan data penerbangan.

"Informasi dari foto dan data penerbangan bisa membantu pilot untuk mengoperasikan pesawat ruang angkasa," kata JAXA.

3 dari 3 halaman

Fenomena Astronomi yang Terjadi

Cahaya bintang berwarna putih terlihat pada langit malam di Hajnacka, Slovakia, Kamis (7/2). Fenomena astronomi indah ini paling jelas terlihat pada bulan Februari dan Maret setelah matahari terbenam. (Peter Komka/MTI via AP)

Dalam sepekan mendatang, tepatnya pekan kedua September 2020, langit akan mengalami sejumlah fenomena astronomi.

Pusat Sains Antariksa LAPAN dalam akun Instagram-nya, @pussainsa_lapan, mengumumkan akan ada 5 fenomena astronomi akan terjadi di langit dan bisa dinikmati.

Fenomena astronomi ini bisa dinikmati pada 9-15 September 2020, apa saja? Kamu bisa lihat lengkapnya di sini.

(Ysl/Why)