Sukses

Pengalaman Pakai Mi TV Stick, Mudahnya Ubah Televisi Biasa Jadi Smart TV

Mi TV Stick, perangkat kecil yang bentuknya mirip USB flashdrive ini mampu membuat TV biasa jadi smart TV. Pengguna pun jadi bisa menonton tayangan streaming Netflix atau YouTube dari TV biasa.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi baru saja merilis produk pintar baru, Mi TV Stick. Produk ini merupakan perangkat streaming portabel yang mampu mengubah televisi biasa menjadi smart TV dengan cara yang mudah.

Artinya dengan perangkat kecil yang bentuknya mirip USB flashdrive ini, kita tidak perlu meng-upgrade TV ke smart TV agar bisa menyaksikan konten-konten dari Netflix, YouTube, atau aplikasi streaming lainnya.

Tekno Liputan6.com berkesempatan mencoba perangkat yang mampu membuat TV biasa jadi smart TV. Berikut adalah pengalaman kami saat mencobanya.

Mi TV Stick hadir dalam kemasan boks kecil dengan nuansa oranye berisi gambar perangkat di bagian muka.

Begitu dibuka, di dalamnya terdapat satu unit Mi TV Stick, sebuah remote, adaptor daya beserta kabel USB micro, serta sebuah kabel HDMI.

Kemasan Mi TV Stick, perangkat streaming portabel Xiaomi yang mampu ubah TV biasa menjadi smartTV (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Xiaomi tampaknya mau meng-highlight bahwa perangkat ini memiliki fungsi yang wah namun dengan desain yang minimal dan relatif sederhana.

Pasalnya, unit Mi TV Stick sendiri hadir dengan ukuran yang kecil, ramping, dan bodi plastik warna hitam yang agak glossy pada separuh bagiannya. Sementara separuh bagian lain warna hitamnya lebih doff.

Mi TV Stick, perangkat streaming portabel Xiaomi yang mampu ubah TV biasa menjadi smartTV (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Kelengkapan di kemasan Mi TV Stick (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Selanjutnya, colokan yang ada pada stick berjenis HDMI yang pemakaiannya tinggal ditambatkan ke port HDMI yang sudah ada pada TV biasa.

Mi TV Stick mendukung resolusi gambar yang dihasilkan menjadi FHD (1080 piksel) dan mampu mengubah TV menjadi Android TV. Bicara spesifikasi, Mi TV Stick hadir dengan RAM 1GB dan penyimpanan 8GB yang bisa dipakai untuk menyimpan gim dan aplikasi hasil unduhan di Google Play Store.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Remote

Selanjutnya, remote yang disertakan dalam kemasan Mi TV Stick ini mirip dengan remote yang ada pada kemasan Mi TV Box. Bentuknya ramping dan agak memanjang.

Remote tersebut cukup nyaman digenggam karena ukurannya yang kecil.

Pada bagian atas terdapat tombol Power dan di bawahnya ada tombol Google Assistant. Lalu, ada D-pad berbentuk lingkaran yang berfungsi untuk navigasi dengan tombol bulat sebagai tombol Ok.

Lalu, ada tombol Home, Menu yang saat diklik menunjukkan berbagai aplikasi terpasang pada Mi TV Stick. Ada pula tombol Back dan Volume. Tak lupa, terdapat tombol pintas untuk Netflix dan Amazon Prime Video.

Remote pada Mi TV Stick, perangkat streaming portabel Xiaomi yang mampu ubah TV biasa menjadi smartTV (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Berdasarkan pengalaman pemakaian kami, tombol-tombol tersebut berfungsi dengan baik dan cukup nyaman dipakai untuk mengetikkan berbagai perintah.

Remote Mi TV Stick ini memerlukan dua buah baterai standar AAA untuk bisa dipakai. Jadi, pastikan kamu memiliki dua baterai AAA sebelum memulai pemakaian, karena di kemasan pembelian tidak menyertakan unit baterai.

3 dari 4 halaman

Cara Penggunaan

Untuk penggunaannya, Mi TV Stick hanya perlu ditautkan dengan charger daya. Kemudian, kamu bisa langsung mencolokkan Mi TV Stick dengan lubang HDMI yang ada di televisi milik kamu.

Selanjutnya, ubah sumber gambar TV ke HDMI di pengaturan TV kamu. Mi TV Stick kemudian akan terhubung dengan jaringan internet WiFi yang tersedia.

Kemudian kamu tinggal set-up Mi TV Stick dengan cara memilih bahasa yang diinginkan dan region.

Perangkat pun akan mulai meyiapkan televisi pintar kita. Namun berdasarkan pengalaman kami, proses persiapan ini butuh waktu yang cukup lama, mungkin karena RAM pada perangkat hanya 1GB.

Kamu selanjutnya bisa menyiapkan TV dengan smartphone Android atau melewati pengaturan ini.

Hubungkan dengan Smartphone

Jika memilih untuk menghubungkan kedua perangkat, kamu bisa memilih untuk mencari "Ok Google, siapkan perangkat saya" dengan perintah suara di smartphone.

Kemudian, ketuk MiTV pada daftar yang tersedia di layar smartphone Android kamu. Klik Next untuk langkah selanjutnya.

Langkah selanjutnya antara lain persetujuan izin akses Google dan Lokasi. Pilih opsi ya untuk masing-masing. Kamu bisa menginstal aplikasi yang ingin dipasang atau melewatinya untuk menginstal kemudian.

Selanjutnya, TV pun akan tampil seperti Android Smart TV. Kita bisa mengakses Netflix, YouTube, Amazon Prime Video, dan lain-lain.

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Secara keseluruhan, pengaturan Mi TV Stick mudah dilakukan. Opsi aplikasi yang ditawarkan pun cukup beragam.

Hanya saja, karena perangkat ini tergolong entry level, pengguna harus puas dengan resolusi FHD yang ditawarkan oleh Mi TV Stick.

Akhir kata, dengan harga Rp 500 ribuan, perangkat streaming portabel Mi TV Stick mungkin bisa jadi pilihan kamu yang ingin menyaksikan konten-konten di aplikasi streaming tanpa perlu merogoh kantong lebih dalam untuk membeli smart TV.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.