Sukses

Operator Tri Indonesia dan Dikti Beri Paket Data Murah untuk Dukung Belajar Online

Tri Indonesia memberikan dukungan berupa paket 3Edu, berisi kuota data 50GB yang bisa dipakai mengakses LMS Diknas, Google Classroom, Edmodo, dan aplikasi edukasi lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Operator seluler Tri Indonesia dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud melakukan penandatanganan nota kesepahaman tentang penyediaan paket telekomunikasi terjangkau untuk pendidikan tinggi.

Dengan kerja sama ini Tri Indonesia memberikan dukungan berupa paket 3Edu, yang termasuk kuota data 50GB untuk akses ke LMS Diknas, Google Classroom, Edmodo, Zenius, Ruangguru, dan aplikasi edukasi lainnya. 

Wakil Presiden Direktur Tri Indonesia M Buldansyah mengatakan, langkah Tri Indonesia ini merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk mendukung pembelajaran jarak jauh.

"Salah satunya melalui sinergi dengan Ditjen Dikti Kemdikbud, dalam menghadirkan paket data terjangkau untuk mahasiswa dan dosen di tingkat universitas di seluruh Indonesia," kata pria yang karib disapa Danny ini, dalam keterangan resmi Tri Indonesia, Jumat (4/9/2020).

Lebih lanjut, dia berharap, sinergi ini bisa memberikan kemudahan bagi mahasiswa dan dosen dalam mengakses internet sekaligus meringankan beban orang tua dalam menghadapi dampak ekonomi saat pandemi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Paket Internet Jadi Kendala Utama

Sementara itu, Dirjen Dikti Nizam mengatakan, biaya paket internet merupakan salah satu tantangan dalam pembelajaran daring. Terutama hal ini dirasakan oleh mahasiswa yang tidak mampu atau kampus yang memiliki alokasi dana terbatas.

"Penyediaan paket kuota internet yang hemat dan terjangkau bagi seluruh civitas akademika di perguruan tinggi untuk mendukung penyelenggaraan pembelajaran daring di masa pandemi jadi salah satu prioritas Ditjen Dikti," kata Nizam.

Lebih lanjut, Tri sebelumnya telah menghadirkan ekosistem pendudukung PJJ seperti pembagian kartu perdana ke sekolah dan universitas di berbagai daerah di Indonesia.

Selain itu juga ada kuota internet 30GB yang terdiri dari 10GB untuk semua aplikasi dan 20GB untuk mengakses aplikasi belajar.

3 dari 3 halaman

Cara Dapat Kuota 30GB

Untuk mendapatkan kuota tersebut, pelanggan hanya perlu mengaktifkan dan mendaftarkan kartu Tri sebelum 11 September 2020.

Kuota 30GB akan diberikan saat bantuan kuota internet dari Kemdikbud telah diaktifkan. Kuota ini bisa diaktifkan selama sebulan.

Tri juga menghadirkan promo cashback sebesar 20 persen untuk tiap isi ulang selama September-Desember 2020. Tri sendiri kini telah diperkuat jaringan 4.5G Pro yang menjangkau lebih dari 34 ribu desa di seluruh Indonesia.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini