Sukses

3 Browser Ringan untuk Smartphone Android

Inilah tiga browser ringan yang cocok untuk smartphone dengan spesifikasi tidak terlalu tinggi

Liputan6.com, Jakarta - Browser merupakan salah satu aplikasi wajib bagi smartphone. Tanpa browser, pengguna smartphone akan kesulitan untuk menjelajahi dunia maya.

Di artikel ini kami akan membahas secara singkat tiga (3) browser ringan yang cocok untuk smartphone dengan spesifikasi tidak terlalu tinggi.

Secara fungsional, ketiga browser yang kami bahas ini punya fitur mirip. Perbedaan paling kontras kami rasa terletak pada tampilan antarmuka dan pengalaman pengguna.

1. Opera Mini

Bisa dibilang Opera Mini merupakan salah satu pemain lama di dunia mobile browser. Di kalangan ponsel berbasis Java dan Symbian dulu, popularitas Opera Mini sangat tinggi.

Kompresi Data

Opera Mini untuk Android, sama seperti pendahulunya, menawarkan fitur kompresi data optimal. Jadi, pengguna dapat menjelajahi lebih banyak halaman web karena ukuran halaman yang dimuat Opera Mini telah dipadatkan sedemikian rupa. Kompresi data Opera Mini diklaim mencapai 90 persen.

Pemblokir Iklan

Salah satu fitur Opera Mini yang juga berkontribusi terhadap kompresi data adalah pemblokir iklan bawaan. Pengguna dapat berselancar di dunia maya tanpa iklan mengganggu, sehingga ukuran halaman pun menjadi lebih kecil, dan pengalaman berselancar lebih mulus.

Mode Malam

Pengguna dapat menyalakan Night Mode untuk mengurangi emisi cahaya dari layar ketika memakai Opera Mini. Hal ini berguna untuk melindungi mata ketika pengguna menjelajah dunia maya di ruangan gelap.

Jelajah Privat

Selain itu, Opera Mini juga menawarkan perlindungan privasi bagi penggunanya. Di browser ini tersedia tab privat untuk berselancar di dunia maya tanpa meninggalkan jejak.

Fitur lainnya termasuk personalisasi layar utama dan kurasi berita. Saat ini Opera Mini telah diunduh lebih dari 100 juta kali di Play Store.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Firefox Lite

Firefox Lite dapat menjadi alternatif Opera Mini sebagai browser di smartphone Android kamu.

Secara umum, Firefox Lite juga menawarkan fitur serupa Opera Mini, tetapi dengan istilah berbeda, yakni Turbo Mode, Advanced Private Browsing, Night Mode, personalisasi layar utama, dan kurasi berita.

Namun selain fitur-fitur tersebut di atas, Firefox Lite juga dibekali dengan fitur bernama Awesome Bar untuk membantu pengguna melakukan penelusuran. Fitur ini diyakini akan dapat memberikan hasil lebih baik daripada penelusuran biasa.

Saat ini Firefox Lite telah diunduh lebih dari 5 juta kali di Play Store.

 

3 dari 3 halaman

3. UC Mini

Terakhir, UC Mini juga patut dipertimbangkan sebagai browser berukuran ringan untuk smartphone Android kamu.

Browser ini menawarkan fitur yang tak jauh berbeda dari Opera Mini dan Firefox Lite, mulai dari kompresi data, pemblokir iklan, penjelajahan privat, dan lainnya.

Karena ketiga browser ini berukuran ringan, mungkin kamu dapat menjajal ketiganya dan setelah itu memutuskan browser mana yang paling cocok buat kamu. Selamat mencoba!

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini