Sukses

Google Doodle Ikut Rayakan HUT RI ke-75

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, Senin (17/8/2020), Google Doodle ikut serta merayakan HUT RI ke-75.

Pada halaman awal Google Search sebuah Doodle menampilkan banyak hal khas yang biasanya ditemukan pada perayaan HUT RI ke-75.

Misalnya, orang sedang memegang bendera merah putih, panjat pinang, dan orang mengenakan pakaian adat. Ada pula siswa berseragam SD memegang bendera merah putih, yang pada perayaan HUT RI ke-75 pada tahun-tahun sebelumnya, berbaris di tepi jalan menyambut iring-iringan pawai.

Ketika Doodle itu diklik, pengguna akan diarahkan pada laman hasil pencarian dengan kata kunci Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Di laman itu, Google menampilkan hasil pencarian yang relevan dengan kata kunci tersebut.

Memang, perayaan HUT RI ke-75 pada tahun ini berbeda karena pandemi Covid-19 yang belum usai. Namun, hal ini tidak menyurutkan semangat berbagai pihak untuk merayakan peristiwa bersejarah ini, termasuk Istana Negara.

Pada tahun 2020 ini, Istana Negara menggelar upacara peringatan HUT RI ke-75 secara virtual yang dapat diikuti oleh masyarakat. Tentunya, upacara ini berlangsung secara daring. 

2 dari 2 halaman

Saksikan Upacara Virtual Istana lewat Kanal Sekretariat Presiden

Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2020 akan tetap dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan keterlibatan aktif seluruh masyarakat akan dilakukan secara virtual.

Seluruh masyarakat diharapkan untuk turut menghormati peringatan HUT RI ke-75 dengan menghentikan kegiatan sejenak dan mengambil sikap sempurna pada 17 Agustus 2020 pukul 10.17 WIB.

"Hentikan semua kegiatan dan aktivitas saudara selama tiga menit saja pada tanggal 17 Agustus 2020 pukul 10 lewat 17 menit waktu Indonesia Bagian Barat," ujar Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, selaku Ketua Panitia Negara Perayaan Hari-hari Nasional dan Penerimaan Kepala Negara/Pemerintah Asing/Pimpinan Organisasi Internasional, dalam video yang ditayangkan pada Selasa, 28 Juli 2020 lalu.

Mulai pukul 09.00 WIB pada 17 Agusutus 2020 kanal YouTube Sekretariat Presiden akan menyiarkan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI secara langsung.