Sukses

Huawei Ungkap Ponsel Terakhir yang Pakai Prosesor Kirin

Dengan masih berlakunya pemblokiran perdagangan atas Huawei oleh Amerika Serikat, TSMC pun akhirnya resmi menghentikan produksi prosesor Kirin untuk seri ponsel perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam waktu dekat ini, Huawei dijadwalkan akan mengumumkan smartphone flagship dengan kemampuan kamera terbaiknya, yaitu Mate 40.

Berbagai bocoran tentang lensa kamera utama hingga gambar render smartphone penerus seri Huawei Mate 30 inipun semakin ramai dibicarakan pegiat gadget.

Dalam sebuah acara di Tiongkok, Richard Yu, President of the Huawei Consumer Business Group mengatakan, Mate 40 akan menggunakan prosesor terbaru HiSilicon Kirin.

Mate 40 akan menjadi smartphone terakhir Huawei yang menggunakan chipset Kirin setelah 15 September 2020, sebagaimana dikutip dari laman XDA Developers, Minggu (9/8/2020).

Pernyataan ini merupakan lanjutan dari pemblokiran Amerika Serikat yang melarang semua produsen chip semikonduktor yang menggunakan teknologi peralatan pembuatan chip, kekayaan intelektual, atau perangkat lunak desain AS harus mengajukan izin sebelum mengirimkan chip ke Huawei.

Karena hal tersebut, TSMC, selaku pembuat prosesor Kirin pun terpaksa harus menghentikan proses produksi dan rantai suplai untuk smartphone baru Huawei, karena proses produksi TSMC menggunakan peralatan dari perusahaan AS seperti Lam Research dan Applied Materials.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Produksi Semua Chipset Huawei

Gambar render Huawei Mate 40. (Doc: Mydrivers/ Gizchina)

Lebih lanjut, TSMC memproduksi semua chipset HiSilicon kelas atas Kirin untuk deretan seri ponsel andalan milik Huawei.

Selain smartphone, perusahaan ini juga membuat prosesor untuk base station jaringan 5G, chip AI, dan chip server milik Huawei.

3 dari 3 halaman

Beredar Gambar Desain Kamera Huawei Mate 40

Huawei Mate 40. (Doc: Gizchina/TS Designer)

Dilansir dari GSM Arena, Selasa (4/8/2020), informasi baru tentang Mate 40 juga telah muncul. Desain kamera belakang Mate 40 diketahui dari gambar CAD yang beredar di ranah internet.

Berdasarkan gambar tersebut, Huawei Mate 40 tampak memiliki tiga kamera belakang. Ketiganya berada di dalam sebuah lingkaran besar. Terdapat satu lingkaran kecil di dalamnya, yang kemungkinan merupakan ruang untuk sensor.

Selain itu, juga tampak sebuah LED flash yang cukup besar di samping kamera belakang.

Berdasarkan keterangan yang ada, Huawei Mate 40 memiliki dimensi ukuran 158.6 x 72.5 x 8.9mm. Ukuran layarnya sekira 6,4 inci. 

(Ysl/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini