Sukses

Review Oppo Enco W11: Si Gemas Bersuara Jernih dengan Baterai Tahan Lama

Dalam menghadirkan soft case edisi khusus ini, Oppo secara khusus bekerja sama dengan Disney's Pixar selaku pembesut film animasi Toy Story. Seperti apa pengalaman kami memakai earphone TSW ini?

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini Oppo mengumumkan sebuah earbuds true wireless stereo (TWS) terbarunya yakni Oppo Enco W11 edisi khusus Toy Story.

Pada paket penjualannya, Oppo juga menyertakan sebuah soft case edisi khusus Toy Story, yakni casing karet warna hijau pupus dengan wajah karakter Aliens pada film animasi Toy Story.

Dalam menghadirkan soft case ini, Oppo secara khusus bekerja sama dengan Disney's Pixar selaku pembesut film animasi Toy Story.

Oppo Enco W11 Edisi Disney's Pixar Toy Story (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Oppo Enco W11 edisi Toy Story ini banyak mendapatkan pujian dan menarik perhatian karena tampilannya yang menggemaskan.

Namun tak sekadar jual tampang, Oppo Enco W11 yang dibanderol Rp 599 ribuan ini juga punya didukung kemampuan audio yang terbilang mumpuni di kelas earphone TWS terjangkau.

Sekadar informasi, Oppo Enco W11 merupakan produk TWS ketiga Oppo yang dijual resmi di Indonesia. Sebelumnya ada Oppo Enco Free dan Enco W31. Dari segi harga, Oppo Enco W11 merupakan seri yang paling terjangkau.

Bagaimana hasil review kami selama beberapa hari memakainya?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Desain

Oppo Enco W11 hadir dalam desain charging case kecil nyaman digenggam karena bentuknya yang ouval.

Charging case ini memiliki engsel di salah satu sisinya. Dengan engsel ini, charging case bisa dibuka tutup dengan mudah berkat magnet yang digunakan.

Keberadaan magnet juga untuk memastikan charging case tak terbuka sendiri yang kemudian membuat buds terjatuh.

Oppo Enco W11 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Masih pada charging case, Oppo menggunakan port USB type C untuk pengisian daya perangkat. Kemudian, pada sisi depan casing, terdapat lampu indikator.

Pada bagian dalam charging case, terdapat dua lubang untuk menempatkan masing-masing earbuds.

Pada kedua lubang tempat menaruh earbuds tersebut, ada dua pin berwarna emas untuk koneksi saat pengisian daya earphone.

Earphone Oppo Enco W11 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Beralih ke bagian earbuds, begitu charging case dibuka, kita akan mendapati dua buds (kanan dan kiri) dengan model in-ear.

Artinya, bagian ear-tips (ujung earbuds) bisa dimasukkan ke dalam telinga sehingga meminimalisasi suara dari luar, ketika tengah memakai earphone ini.

Model buds in-ear ini juga membuat pengguna lebih nyaman dan tidak perlu takut buds akan terlepas dari telinga.

Eartips Oppo Enco W11 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Untuk kenyamanan saat memakai earbuds, Oppo memberikan bantalan silikon tipis pada eartips. Terdapat tiga pasang bantalan eartips dengan ukuran kecil, sedang, dan besar yang dapat disesuaikan dengan lubang telinga penggunanya. Dengan begitu telinga tak terasa sakit saat memakai earbuds dalam waktu lama.

Sementara, bagian atas buds memiliki bentuk oval yang agak lebar. Pada bagian atas ini terdapat controller yang dapat diatur dengan sentuhan.

Selanjutnya, bobot dari earbuds ini juga sangat ringan, masing-masing sisi hanya 4,4 gram. Sementara dengan charging case-nya, bobot keseluruhan adalah 44,3 gram.

Berdasarkan pengalaman, saat earbuds dipakai di kedua telinga, serasa tidak menggunakan earphone. Earbuds pun nyaman di telinga meski digunakan dalam waktu berjam-jam.

 

3 dari 6 halaman

Baterai dan Fitur Lainnya

Earphone Enco W11 ini dibekali baterai 400mAh untuk charging case-nya dan 40mAh pada masing-masing earbuds-nya.

Proses pengisian daya bisa dilakukan dengan USB type C yang tersemat di charging case. Dengan daya di atas, pengisian daya penuh dibutuhkan waktu 2 jam.

Meski pengisian dayanya butuh waktu 2 jam, ketahanan baterai earphone Enco W11 ini patut diapresiasi.

Pasalnya, dengan daya 40 watt earphone bisa bertahan 5 jam untuk mendengarkan musik. Sementara, ditambah dengan charging case, waktu putar musik diklaim bisa mencapai 20 jam.

Kami mencoba menggunakannya dalam waktu berjam-jam (sekitar 4-5 jam) tiap harinya untuk menemani aktivitas bekerja dari rumah. Berbagai aktivitas dilakukan seperti mendengarkan musik, menelepon, mengikuti video conference, hingga main gim.

Hasilnya di hari ketiga pemakaian, earphone ini belum lowbat.

Fitur lain yang ada di Enco W11 adalah dukungan sertifikat IP55, yakni ketahanan terhadap debu dan air pada earbuds.

Dengan sertifikat IP55, earbuds dijamin tetap bisa dipakai meski kena keringat. Begitu juga ketahanan terhadap debu yang mungkin menempel saat pemakaian.

Satu hal yang juga jadi highlight pada perangkat earphone nirkabel adalah latensi rendah. Makin rendah latensi, maka makin tipis jeda waktu pemutaran dengan output suara.

Pada Enco W11, Oppo menghadirkan latensi rendah dengan penerimaan sinyal di kedua sisi secara bersamaan. Dengan begitu koneksi bisa lebih stabil dan realtime.

Enco W11 juga didukung teknologi koneksi Bluetooth 5.0 yang diklaim tahan terhadap gangguan sinyal. Teknologi Bluetooth Enco W11 mendukung koneksi otomatis tiap pengguna membuka charging case.

Jarak maksimal koneksi Bluetooth Enco W11 dengan smartphone adalah 10 meter. Koneksi ini cukup kuat, meski kedua perangkat terhalang sebuah pintu. Namun berdasarkan pengalaman, ketika koneksi terhalang dua pintu tertutup, terkadang koneksi pun terputus-putus.

 

4 dari 6 halaman

Controller

Tak seperti earphone TWS milik Samsung atau Realme, penggunaan Enco W11 tak perlu instal aplikasi apapun di smartphone untuk kontrolernya.

Semua merek smartphone bisa terkoneksi dengan Bluetooth ke Enco W11.

Satu-satunya kontroler adalah pada touch controller yang ada di bagian atas earbuds. Pengguna hanya perlu menyentuh kontroler untuk memutar atau menyetop musik, membesarkan volume, dan lain-lain.

Caranya, ketuk 1 kali untuk memainkan atau pause lagu. Ketuk 2 kali (kanan) untuk memindah ke lagu berikutnya, ketuk 2 kali (kiri) untuk memindah ke lagu sebelumnya.

Ketuk sambil ditahan agak lama (kanan) untuk meningkatkan volume dan ketuk-tahan agak lama (kiri) untuk menurunkan volume.

Untuk mengaktifkan asisten suara misalnya Google Assistant, bisa mengetuk kontroler tiga kali berturut-turut.

5 dari 6 halaman

Audio

Tentunya bagian yang paling penting untuk sebuah earphone adalah kemampuan audio yang diusungnya.

Secara spesifikasi, Enco W11 mengusung driver dinamis 8mm dengan diafragma komposit berlapis titanium.

Dengan spesifikasi tersebut, earphone Enco W11 mendukung keluaran suara bass dan diklaim memperluas jangkauan frekuensi tinggi untuk audio yang jernih.

Enco W11 juga mendukung format audio AAC untuk pengkodean audio lebih tinggi. Dengan begitu, pengguna bisa menikmati detail musik yang didengarkannya.

Berdasarkan pengalaman kami, pengguna tidak bisa mengatur equaliser musik mereka. Misalnya ingin menekankan suara bass atau treble-nya. Kendati begitu, suara yang dihasilkan Enco W11 sudah cukup jernih dan jelas.

Instrumen atau musik yang dikeluarkan pun cukup detail. Sementara keluaran suara bass yang dihadirkan tidak berlebihan sehingga tetap nyaman didengarkan.

Perlu diketahui, Enco W11 didukung fitur noise reduction selama panggilan berlangsung. Dengan begitu saat dipakai menelepon, kondisi bising sekitar bisa diminimalisasi agar tidak mengganggu komunikasi.

Enco W11 juga sudah mendukung dengan baik saat digunakan untuk main gim. Untuk main gim COD Mobile misalnya, kami tidak merasakan ada jeda atau delay suara. Permainan gim pun tidak terganggu.

6 dari 6 halaman

Kesimpulan

Untuk harga Rp 599 ribuan, earphone TWS Enco W11 ini sudah cukup memenuhi kebutuhan pengguna untuk berbagai aktivitas.

Mulai dari menelepon, mendengarkan musik berjam-jam, video conference, hingga main gim, semuanya terasa lancar menggunakan earphone ini.

Enco W11 juga bisa jadi salah satu opsi jika kamu ingin membeli earphone TWS dengan harga terjangkau tetapi punya fitur lumayan lengkap, audio mumpuni, dan kontroler yang mudah.

Oppo Enco W11 Edisi Disney's Pixar Toy Story (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Kelebihan:

- Jika membeli Enco W11 edisi Toy Story dilengkapi soft case yang lucu dan menggemaskan.

- Pengisian daya sudah pakai port USB type C

- Beterai yang tahan lama

- Nyaman dipakai berjam-jam

- Dukungan fitur noise reduction untuk panggilan dan IP55 untuk menahan cipratan air dan debu

Kekurangan:

- Mengingat harganya yang cukup terjangkau, belum dilengkapi fitur noise cancelation

- Tak bisa mengatur equaliser musik.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini