Sukses

Review Oppo Enco Free, TWS Serba Bisa dengan Baterai Tahan Lama

Untuk mengetahui kemampuan Oppo Enco Free, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Oppo telah meluncurkan true wireless stereo (TWS) earphone terbaru besutannya, yakni Oppo Enco Free untuk pasar Indonesia. TWS ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 1,5 jutaan.

Oppo mengklaim earphone dibekali kemampuan stereo kelas tinggi. Selain itu, earphone ini memiliki transmisi Bluetooth binaural yang bertugas mengirimkan suara ke earbuds kiri dan kanan secara simultan.

Berbekal teknologi itu, Oppo menyebut TWS ini mampu digunakan untuk berbagai kebutuhan. Tidak sekadar mendengarkan musik, melainkan juga menonton video, melakukan panggilan suara, hingga bermain gim.

Sama seperti produk serupa, Oppo Enco Free juga hadir dengan charging case untuk menunjang daya tahannya. Namun sebenarnya seperti apa kemampuan aksesoris ini?

Tim Tekno Liputan6.com pun berkesempatan menjajal perangkat ini selama beberapa waktu dan berikut ulasan singkat soal Oppo Enco Free.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Desain

Oppo Enco Free mengambil gaya desain yang menyediakan penopang kepala earbuds. Namun penopang itu tidak sekadar hadir sebagai pemanis, melainkan berfungsi sebagai alat kontrol berbasis sentuhan. 

Dengan navigasi sentuhan itu, pengguna dapat mengatur volume, mengganti trek lagu yang sedang diputar, menjawab panggilan telepon, hingga menyetop atau memutar kembali lagu.

Fungsi ini harus diakui cukup memudahkan pemakaian, sebab pengguna tidak perlu tergantung dengan smartphone saat sedang memutar lagu atau sekadar ingin menerima panggilan telepon.

Selain itu, bobot earphone ini juga terbilang ringan. Karenanya, penggunaan di telinga dalam jangka waktu yang lama tidak cepat membuat lelah.

Oppo menyediakan tiga model eartips yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Namun tidak sekadar ukuran, penggunaan eartips ini sebenarnya memberikan pengalaman pemakaian yang berbeda pula.

Saat memakai eartips bawaan, earphone ini tampil sebagai earbuds semi in-ear. Sementara saat menggunakan eartips lain yang disediakan, Oppo Enco Free disesuaikan pemakaiannya menjadi earbuds in-ear.

Sementara untuk daya tahan baterai, earphone ini diakui mampu memberikan performa apik. Saat digunakan bersama dengan charging case, Oppo Enco Free dapat bertahan seharian.

3 dari 4 halaman

Kualitas Suara

Untuk kualitas suara, Oppo Enco Free dapat dikatakan mampu menghasilkan keluaran suara yang apik. Ketika dipakai mendengarkan beberapa genre musik, keluaran suara earphone ini detail dan imbang di tiap frekuensi. 

Khusus untuk bass, apresiasi patut diberikan karena keluarannya terbilang pas dan tidak terlalu menonjol. Begitu juga dengan keluaran treble yang tidak menusuk.

Namun bagi sebagian pengguna yang menyukai earphone dengan karakter bass 'nendang', karakter suara semacam ini mungkin kurang menarik.

Saat dipakai menonton video, Oppo Enco Free dapat pula melakukannya dengan baik. Menariknya lagi, ketika digunakan untuk panggilan video maupun suara, earphone ini memiliki kemampuan yang di luar perkiraan. 

Hal itu terbukti saat kami memakainya dalam beberapa kali video call maupun panggilan suara. Suara dari mikrofon ternyata mampu terdengar jelas oleh penerima, sehingga pengalaman menelepon tak ada kendala. 

Sementara untuk kebutuhan gim, Oppo Enco Free kurang cocok digunakan pada gim yang mengandalkan suara real-time untuk bermain, seperti sejumlah judul gim bergenre battle royale.

Alasannya, saat beberapa kali digunakan untuk bermain, terkadang masih ditemukan lag. Meskipun hanya sepersekian detik, lag semacam ini terkadang mengganggu jalannya permainan.

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Dengan harga Rp 1,5 jutaan, Oppo Enco Free layak dipertimbangkan bagi kamu yang memang ingin menjajal TWS dengan harga tidak terlalu mahal, tapi memiliki kemampuan apik.

Terlebih, kemampuan yang ditawarkan earphone ini terbilang serba bisa. Mulai dari mendengarkan lagu, menonton video, termasuk mendukung kebutuhan panggilan suara atau video.

Selain itu, daya tahan earphone ini juga terbilang bagus. Berbekal charging case, pemakaian normal sehari-hari untuk menonton film dan mendengarkan musik, Oppo Enco Free dapat bertahan seharian.

Namun bagi kamu yang ingin bermain gim dengan ketepatan suara, earphone ini memang kurang optimal. Hanya terlepas dari hal tersebut, Oppo Enco Free menawarkan TWS yang dapat mendukung berbagai kebutuhan.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.