Sukses

Tunjang Pembelajaran Jarak Jauh, Ruangguru Luncurkan Ruangkelas

Liputan6.com, Jakarta - Ruangguru baru saja meluncurkan layanan ruangkelas gratis yang ditujukan untuk para guru dan siswa di seluruh Indonesia.

Layanan ini hadir untuk menyambut tahun ajaran baru yang memang masih dilakukan secara pembelajaran jarak jauh karena masih ada pandemi.

Melalui ruangkelas, kegiatan belajar mengajar yang biasanya dilakukan secara tatap muka di dalam kelas bisa dilakukan secara daring tanpa mengeluarkan biaya. Lewat layanan ini, guru dapat memberikan materi belajar, berdiskusi dengan siswa, hingga menilai hasil belajar siswa.

Menurut Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru , Belva Davara, ruangkelas merupakan sistem kelola pembelajaran jarak jauh untuk membantu membantu guru dan siswa memastikan jalannya pembelajaran tetap terlaksana secara mudah, efektif, dan efisien.

 

Layanan Ruangkelas ini, Belva menuturkan, berkaca dari kegiatan belajar mengajar selama diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Dari situ, banyak ditemukan kesulitan, mulai dari informasi bagi siswa dan guru yang kesulitan menciptakan kegiatan belajar mengajar layaknya tatap muka.

"Berangkat dari keadaan tersebut, kami menghadirkan ruangkelas secara gratis yang kami harap dapat mempermudah guru dalam mengatur kegiatan belajar mengajar jarak jauh, dan siswa pun bisa mengikuti rencana belajar yang sudah ditentukan dengan baik," tutur Belva.

Rangkaian layanan ruangkelas ini dapat digunakan guru dan siswa dengan mendaftarkan organisasi atau sekolahnya secara gratis melalui situs resmi Ruangguru. Setelah itu, guru dapat langsung memanfaatkan beragam fasilitas yang tersedia.

"“Kami harap, dengan tersedianya ruangkelas secara gratis, bisa membantu 4 juta guru dan puluhan juta siswa di lebih dari 450.000 sekolah di seluruh Indonesia untuk tetap belajar secara efektif," tutur Pendiri dan Direktur Produk & Kerja Sama Ruangguru Iman Usman.

2 dari 3 halaman

Fitur yang ada di Ruangkelas

Untuk mengetahui seperti apa fitur yang tersedia di ruangkelas dari Ruangguru, berikut ini daftar lengkapnya:

1. Classroom

Lewat fitur ini, guru dapat membuat kelas sesuai kebutuhan kebutuhan, mulai dari menentukan jangka waktu pengerjaan tugas dan materi belajar, mengundang siswa dan guru lainnya menjadi anggota kelas, termasuk menggunakan fasilitas chat group.

Lewat chat group ini pula, guru dan siswa dapat berdiskusi tentang materi dan tugas. Mereka juga dapat melampirkan foto maupun berkas yang berkaitan dengan topik pembelajaran.

2. Tugas

Dengan fitur Tugas, guru dapat memberikan latihan soal berbentuk pilihan ganda maupun esai untuk siswa. Guru juga dapat menggunakan materi yang dibuat sendiri dan memanfaatkan materi dari bank soal dari aplikasi belajar Ruangguru.

3. Materi Belajar

Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan guru untuk memberikan materi belajar bagi para siswa. Materi itu dapat berupa video belajar maupun rangkuman belajar, termasuk materi yang dibuat sendiri oleh guru.

3 dari 3 halaman

Ruangguru Luncurkan Fasilitas Permudah Interaksi Siswa dan Guru

Sebelumnya, Ruangguru juga telah meluncurkan fasilitas baru yang diberi nama Brain Academy Online. Melalui fasilitas ini, siswa dan guru dapat berinteraksi secara langsung lewat metode live teaching dan diskusi secara daring.

Menurut Vice President of Business & Operations Ruangguru Ritchie Goenawan, Brain Academy Online berupaya menjadi solusi meningkatkan kelancaran proses belajar siswa. Terlebih, fasilitas ini juga dikembangkan berdasarkan masukan dari para orang tua siswa.

"Kami harap Brain Academy Online dapat menjadi solusi bagi orang tua dan siswa, dengan menghadirkan fasilitas yang mempermudah akses bagi anak berkomunikasi, berinteraksi, dan mendapatkan bimbingan langsung dari guru," tutur Ritchie dalam keterangan resmi dari Ruangguru, Jumat (3/7/2020).

Oleh sebab itu, Ritchie menuturkan melalui Brain Academy Online, siswa dapat berkomunikasi langsung dan belajar bersama Star Master Teachers, yakni para pengajar dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di Indonesia.

(Dam/Ysl)