Sukses

Nokia 5.3 Sudah Bisa Dipesan di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Setelah resmi diperkenalkan pada Maret 2020, Nokia 5.3 akhirnya menyambangi Indonesia. Kepastian ini diketahui dari situs resmi Nokia Indonesia yang sudah mengumumkan smartphone itu siap dipesan secara pre-order.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Senin (22/6/2020), pre-order Nokia 5.3 secara eksklusif dilakukan di Tokopedia. Adapun harga smartphone terbaru kelas menengah ini adalah Rp 2.999.000.

Pre-order smartphone ini dibuka mulai 22 hingga 30 Juni 2020. Selama masa pre-order ini, pembeli Nokia 5.3 juga akan mendapatkan hadiah langsung berupa JBL Bluetooth Headphone, powerbank, dan paket internet Telkomsel.

Selama masa pre-order ini, varian warna Nokia 5.3 yang ditawarkan hanya charcoal black. Belum dapat dipastikan apakah nantinya akan ada warna yang lain, sebab smartphone ini juga tersedia dalam pilihan warna cyan dan sand.

Nokia 5.3 memiliki layar berukuran 6,55 inci dengan desain waterdrop notch. Perangkat ini dipersenjatai chipset Snapdragon 655, RAM 6GB, dan memori internal 64GB yang dapat diperluas dengan microSD hingga 512GB.

Smartphone ini memiliki empat kamera belakang yang disusun dalam bentuk lingkaran, dengan lensa masing-masing beresolusi 13MP (lensa utama), 5MP (lensa ultrawide), lalu ada dua lensa 2MP dengan fungsi makro dan depth sensor.

Sementara urusan selfie diserahkan pada kamera depan 8MP. Sebagai fitur tambahan, smartphone ini juga sudah dibekali dengan NFC. 

Smartphone ini didukung baterai berkapasitas 4.000mAh. Saat peluncuran, HMD Global mengklaim Nokia 5.3 tidak perlu sering diisi daya sebab mampu bertahan hingga dua hari.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi Nokia 1.3

Selain Nokia 5.3, HMD Global sebenarnya juga meluncurkan Nokia 1.3. Namun tidak diketahui apakah smartphone ini akan menyambangi pasar Tanah Air. 

Nokia 1.3 sendiri hadir dengan layar IPS HD+ berukuran 5,71 inci, prosesor Qualcomm 215, RAM 1GB, dan memori internal sebesar 16GB yang dapat ditingkatkan kapasitasnya via microSD hingga 400GB.

Untuk urusan fotografi, smartphone ini hanya memiliki satu kamera berkemampuan 8MP yang diklaim mampu mengambil foto meskipun dalam cahaya yang minim.

Berdasarkan penjelasan HMD Global, kemampuan ini didapatkan berkat aplikasi Camera Go dari Google yang berteknologi AI.

Sementara untuk kamera selfie, perusahaan hanya menyertakan kamera bersensor 5MP.

Perusahaan melengkapi seri ini dengan baterai berkapasitas 3000mAh, dan sudah langsung menggunakan Android 10 Go Edition (bisa di-upgrade ke versi selanjutnya).

3 dari 3 halaman

Nokia 5.1 Plus Kini Dapat Android 10

Di sisi lain, Android 10 kini telah meluncur untuk Nokia 5.1 Plus di India. Peluncuran di negara-negara lain dilaporkan akan segera menyusul.

Dilansir GSM Arena, Kamis (21/5/2020), kehadiran Android 10 untuk Nokia 5.1 Plus ini semakin menambah smartphone Nokia yang mendapatkan pembaruan ke OS tersebut. Total, HMD Global sudah merilis Android 10 untuk 15 smartphone Nokia.

HMD Global sebelumnya sudah berkomitmen memberikan pembaruan OS selama dua tahun untuk Nokia 5.1 Plus, yang dirilis pada Desember 2018. Namun, perusahaan belum mengonfirmasi kehadiran Android 11 untuk smartphone tersebut.

Nokia 5.1 Plus juga akan terus menerima pembaruan keamanan bulanan sampai akhir 2021. HMD Global dilaporkan akan merilis Android 10 untuk lima smartphone Nokia lain pada akhir kuartal ini.

(Dam/Ysl)