Sukses

Blizzard Pastikan Tidak Ada BlizzCon untuk 2020

Liputan6.com, Jakarta - BlizzCon, event tahunan yang digelar oleh Blizzard tak dimungkiri menjadi salah satu ajang yang ditunggu-tunggu para gamer. Sebab lewat event ini, Blizzard akan mengumumkan beragam informasi terbaru.

Namun mengingat pandemi Covid-19 saat ini, Blizzard memastikan tidak akan menggelar BlizzCon 2020. Keputusan ini diambil setelah perusahaan mengatakan akan menimbang sejumlah opsi untuk BlizzCon tahun ini.

"Akhirnya, setelah mempertimbangkan sejumlah opsi yang kami punya, kami sampai pada keputusan sulit untuk tidak menggelar BlizzCon tahun ini," tulis Executive Producer Saralyn Smith dalam blog perusahaan.

 

Kendati demikian, seperti dikutip dari Engadget, Rabu (27/5/2020), Blizzard sebenarnya memiliki rencana untuk menggelar online event atau semacamnya, tetapi rencana itu kemungkinan baru akan terlaksana pada awal 2021.

Sementara untuk event e-sports yang biasanya digelar di Blizzcon, Saralyn mengatakan masih mencari alternatif untuk menggelar kompetisi yang biasanya digelar dalam satu tempat tertentu semacam itu.

Untuk informasi, event tahunan Blizzard ini memang menjadi salah satu lokasi diadakannya beberapa kompetisi e-sports, seperti Overwatch World Cup, World of Warcraft Arena World Championship, dan kejuaraan utama Starcraft II maupun Hearthstone.

2 dari 3 halaman

Batal di Tiongkok, Blizzard Boyong Overwatch League ke Korea Selata

Sebelumnya, Blizzard mengumumkan bahwa penyelenggaraan Overwatch League yang diadakan di Tiongkok dibatalkan. Pembatalan itu dilakukan karena khawatir dengan penyebaran virus corona di lokasi penyelenggaraan.

Namun dari laporan terbaru, Blizzard ternyata melakukan perubahan jadwal kompetisi tersebut, termasuk memindahkan lokasinya. Informasi ini diketahui pernyataan perusahaan asal Amerika Serikat itu beberapa waktu lalu.

Dikutip dari The Verge, Selasa (18/2/2020), seluruh pertandingan yang seharusnya dilakukan di Tiongkok, kini dipindahkan ke Seoul, Korea Selatan. Pertandingan itu akan dilakukan pada 14 dan 21 Maret.

Meski ada perubahan jadwal, Blizzard memastikan jadwal pertandingan Overwatch League lain yang digelar tidak akan terdampak. Namun, jadwal spesifik untuk pertandingan akan diumumkan menyusul.

Sebelumnya, kompetisi esports ini akan digelar di Tiongkok selama Februari dan Maret. Akan tetapi, pertandingan akhirnya diputuskan batal untuk melindungi kesehatan dan keselamatan pemain, fans, dan anggota staf.

Selain Overwatch League Season 2020, turnamen esports lain seperti League of Legends liga Tiongkok pun telah ditunda hingga waktu yang belum ditentukan karena wabah virus corona.

3 dari 3 halaman

E3 2020 Batal Digelar karena Virus Corona

Selain BlizzcCon, event gim yang batal digelar tahun ini karena pandemi Covid-19 adalah E3. Kabar ini diumumkan secara langsung oleh pihak penyelenggara E3, Entertainment Software Association (ESA), lewat pernyataan resminya.

Penyelenggara memutuskan untuk tidak melanjutkan gelaran acara E3 2020 karena khawatir dengan penyebaran Virus Corona (Covid-19) di California, Amerika Serikat (AS).

"Setelah berkonsultasi dengan berbagai pihak tentang kesehatan dan keselamatan semua orang yang akan hadir dan berpartisipasi, dengan berat hati kami putuskan untuk membatalkan acara E3 2020," tulis ESA sebagaimana dikutip The Verge, Kamis (12/3/2020).

Pada acara tahun ini, sejumlah pelaku industri gim terbesar, seperti Sony dan Microsoft diyakini akan meluncurkan konsol teranyar mereka masing-masing, yaitu PlayStation 5 dan Xbox Series X.

Rencananya, E3 2020 akan digelar pada 9 Juni hingga 11 Juni di Los Angeles, AS.

ESA juga menambahkan, pihaknya akan menghubungi peserta pameran dan pengunjung E3 2020 untuk proses refund uang tiket acara. Mereka juga menyatakan, E3 akan kembali pada 2021.

(Dam/Why)