Sukses

HMD Global Siap Rilis Nokia Feature Phone Baru

Liputan6.com, Jakarta - HMD Global dilaporkan tengah menyiapkan feature phone Nokia baru yang akan dirilis tahun ini. Informasi itu diketahui dari daftar badan sertifiikasi Tiongkok TENAA beberapa waktu lalu.

Dikutip dari GSM Arena, Minggu (16/2/2020), informasi seputar ponsel dengan kode Nokia TA-1212 ini memang tidak menyertakan desain, tapi keterangan dimensinya menyiratkan bahwa produk ini merupakan feature phone.

Hal itu dapat dilihat dari bobotnya yang hanya 88 gram, layar 2,4 inci, dan baterai 1.200mAh. Berbekal informasi itu, ponsel ini disebut-sebut akan menjadi penerus Nokia 220 4G yang memang memiliki spesifikasi serupa.

Perbedaannya, ponsel ini memiliki RAM 8MB dan memori 16MB. Sementara Nokia 220 4G punya RAM 16MB dan memori 24MB. Adapun kamera yang digunakan masih sama, yakni 0,3MP.

Menurut rumor yang beredar, ponsel ini sebenarnya akan dipekenalkan saat gelaran MWC 2020. Namun mengingat ajang itu resmi dibatalkan, belum diketahui kapan HMD Global akan mengumumkannya.

Sekadar informasi, Nokia 220 4G kembali diluncurkan pada Juli 2019. Meski hadir sebagai feature phone, ponsel ini sudah mendukung teknologi jaringan 4G.

2 dari 3 halaman

Nokia Mundur dari MWC 2020 di Barcelona Karena Isu Virus Corona

Sebelumnya, HMD Global, perusahaan di balik Nokia, memutuskan untuk mundur dari Mobile World Congres 2020 atau MWC 2020 di Barcelona.

"Kami telah memantau perkembangan mengenai penyebaran virus corona. Setelah banyak pertimbangan, dan mengikuti rekomendasi dari otoritas kesehatan terkait, kami telah memutuskan untuk menarik diri dari dan batal berpartisipasi di MWC 2020 di Barcelona," kata juru bicara perusahaan dalam keterangan resminya.

Dengan demikian, Nokia menambah daftar panjang perusahaan yang batal berpartisipasi di ajang tahunan tersebut. Sebelumnya Tech Crunch telah merangkum ada tiga puluhan perusahaan teknologi yang mundur dari MWC 2020 karena isu virus corona.

Nokia menyebut MWC di Barcelona selalu menjadi acara utama dalam kalender tahunan perusahaan untuk memamerkan produk-produk baru.

"Namun, kesehatan dan keselamatan karyawan, pelanggan, dan pemangku kepentingan kami adalah prioritas utama kami. Kami masih berencana untuk menampilkan apa yang telah kami siapkan untuk kehadiran kami di MWC 2020 di Barcelona dan akan menginformasikan rincian tentang bagaimana kami akan segera melakukannya," tutur juru bicara perusahaan lebih lanjut.

3 dari 3 halaman

HMD Global Siapkan Smartphone Nokia 5.2

Selain Nokia 220, HMD Global diprediksi akan memperkenalkan sejumlah smartphone Nokia baru saat gelaran Mobile World Congress (MWC) 2020.

Salah satu yang akan disebut akan hadir adalah Nokia 5.2. Smartphone ini unik, sebab menurut Evan Blass seorang pembocor kawakan, nama kode yang digunakan perangkat ini adalah Captain America. 

Belum jelas alasan penamaan tersebut, tapi dari bocoran, smartphone ini memiliki desain kamera yang melingkar, layaknya tameng Captain America.

Selain desain dan nama, spesifikasi smartphone ini juga mulai terungkap. Dari bocoran informasi, Nokia 5.2 memiliki layar berukuran 6,2 inci dengan notch di bagian atas.

Sempat terdengar akan hadir dengan dua kamera, smartphone ini disebut-sebut akan memiliki empat kamera belakang yang disusun melingkar. Sementara untuk spesifikasi, perangkat ini akan dipersenjatai Snapdragon 632.

(Dam/Isk)

Loading