Sukses

Google Ajak Pengguna Move On dari Patah Hati, Caranya?

Liputan6.com, Jakarta - Kata kunci tentang move on dari patah hati menjadi salah satu yang paling dicari oleh pengguna internet Indonesia Google Search sepanjang 2019.

Dalam topik pencarian seputar romance and relationship pun, kata pencarian 'cara melupakan mantan' menjadi hal yang juga banyak dicari pengguna internet Indonesia. Begitu juga dengan kata kunci 'cara cepat untuk move on'.

Melihat banyaknya daftar pencarian tentang move on, Google Indonesia menghadirkan kampanye #YukMoveOn dengan bantuan Google.

Kampanye ini mengajak para pejuang patah hati untuk memanfaatkan layanan-layanan dan fitur-fitur Google untuk cepat-cepat ke luar dari jerat kesepian.

Diungkapkan oleh Brand & Creative Lead Google SEA Mira Sumanti, proses move on dari sebuah perasaan patah hati karena apapun membutuhkan waktu.

"Move on itu biasanya berproses, mulai dari emotional eating, rasa kesal, sampai ke lihat-lihat foto mantan yang ada di smartphone dan akhirnya jadi teringat lagi. Di sini, Google berupaya untuk membantu para pengguna untuk move on," kata Mira di Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Pihak Google Indonesia pun, kata Mira, mengkurasi produk-produk Google yang dapat membantu pengguna internet untuk move on. Salah satunya adalah move on dari patah hati.

Apa saja layanan Google yang bisa digunakan? Yuk, simak di bawah ini.

 

2 dari 8 halaman

1. Google Files

Mira menjelaskan, Google Files merupakan sebuah aplikasi Google yang memudahkan pengguna mengelola file di smartphone dan melakukan berbagai hal dengan lebih cepat.

Kemampuan Google Files memungkinkan pengguna untuk mencari foto favorit, membagikan file tanpa koneksi data, hingga menghapus file lama agar smartphone bisa berjalan lebih ringan.

Mira mengatakan, Google menggunakan teknologi mobile vision yang memungkinkannya menemukan dan menyarankan file untuk dihapus.

"Google Files membantu menghilangkan hal-hal yang tidak penting di smartphone. Ada kategori-kategori untuk file yang tidak dipakai, satu kali klik semua langsung hilang," tutur Mira.

 

3 dari 8 halaman

2. Google Photos

Fitur lain dari Google yang bisa dipakai untuk membantu untuk move on adalah Google Photos. Di sini, kata Mira, Google menggunakan teknologi pencarian cerdas dengan cara mendeteksi wajah.

"Misalnya mau hapus foto mantan dari galeri smartphone kalau satu per satu kan lama mencarinya, nah dengan smart search langsung bisa menghilangkan foto-foto tersebut," kata Mira.

Bahkan menurutnya, pengguna diberi kesempatan 30 hari untuk menentukan apakah benar foto ingin dihapus atau disimpan kembali.

Mira menyebut, pencarian di Google Photos bisa dilakukan dengan tiga kategori, antara lain adalah lokasi, tanggal, hingga pencarian wajah.

 

4 dari 8 halaman

3. Google Assistant

Mira mengatakan, Google Assistant bisa melakukan berbagai hal, selain bisa diperintah untuk memanggil ojek online, asisten cerdas ini juga bisa diperintah untuk menyajikan guyonan-guyonan bagi pengguna.

"Kita juga bisa minta digombalin ke Google Assistant," tutur Mira.

4. Google Maps

Pengguna bisa menemukan berbagai hal baru untuk dilakukan setelah putus cinta.

Misalnya saja ingin mencoba restoran baru, menemukan museum yang menarik, atau tempat hang out untuk Me Time.

 

5 dari 8 halaman

5. Google Calendar

Siapa sangka Google Calendar juga bisa membantu kamu untuk move on. Di Google Calendar, kamu bisa memilih fitur Goals dan menambahkan tujuan pribadi yang ingin dicapai.

Misalnya saja, kamu ingin rutin berolah raga, Google Calendar pun bakal membantu kamu untuk menaati jadwal tersebut.

Waktu luang pun jadi terasa lebih bermanfaat ketimbang harus sedih atau merasa kesepian.

 

6 dari 8 halaman

6. YouTube Music

Setiap orang pasti punya lagu yang selalu diputar di segala momen, misalnya saat sedang galau, senang, hingga untuk move on.

Nah, YouTube Music punya fitur smart search yang memungkinkan pengguna untuk mencari berdasarkan lirik. Termasuk saat lirik yang diberikan salah, YouTube Music bakal tetap memberikan hasil pencarian yang relevan.

 

7 dari 8 halaman

7. Google Duo

Saat patah hati, biasanya orang cenderung jadi kesepian dan bingung ingin menghubungi siapa. Nah, fitur group call Google Duo memungkinkan kamu untuk menghubungi teman-teman yang bisa menghibur kamu.

Pengguna juga bisa mengaktifkan data saving mode untuk video call lancar namun kualitas tetap terjaga meski kuota yang dikeluarkan lebih minim.

 

8 dari 8 halaman

8. Privacy Checkup

Mira menyebut, saat seseorang berada dalam sebuah hubungan biasanya mereka sering berbagi password atau akun, tujuannya bisa saja karena alasan kepercayaan.

Namun, semua berubah ketika putus cinta. "Begitu putus kan bingung, langsung takut karena mantan tahu password atau akun kita. Kami menyarankan pengguna mengunjungi fitur privacy and security untuk mengamankan akun," kata Mira.

Mira menyebut, selain mengamankan hati dari patah hati, mengamankan akun Google juga merupakan hal yang wajib dilakukan pengguna internet.

(Tin/Isk)