Sukses

YouTube Music untuk Android Kini Tampilkan Lirik ketika Memutar Lagu

Liputan6.com, Jakarta - YouTube Music untuk Android kini mendapat pembaruan fitur yang disebut telah banyak diminta oleh penggunanya, yakni menampilkan lirik ketika lagu sedang diputar.

Mengutip 9to5Google, Jumat (7/2/2020), pengguna YouTube Music di forum Reddit mengklaim bahwa lagu-lagu yang mereka putar atau saksikan kini menampilkan lirik di bagian bawahnya.

Sejauh ini baru lagu berlisensi saja yang mendapat manfaat dari integrasi lirik ini.

Namun, fitur ini juga menimbulkan pertanyaan. Apakah fitur ini tersedia bagi mereka yang membayar langganan premium atau juga akan bisa dinikmati oleh mereka yang mengakses YouTube Music secara gratis?

Pertanyaan ini akan terjawab kelak ketika fitur lirik di YouTube Music digulirkan secara global. Saat ini, fitur tersebut baru dirilis secara terbatas.

2 dari 3 halaman

YouTube Music Hadirkan 3 Playlist Personalisasi Anyar

Diwartakan sebelumnya YouTube Music mengumumkan kehadiran tiga playlist personalisasi atau mix baru untuk para penggunanya. Adapun tiga playlist itu adalah Discover Mix, New Release Mix, dan Your Mix.

Sesuai namanya, seperti dikutip dari blog resmi YouTube Music, Rabu (18/12/2019), ketiganya akan berisi ragam lagu yang sudah dipersonalisasi sesuai selera tiap pengguna.

"Discover Mix, New Release Mix, dan Your Mix, membantu pengguna tetap mengetahui lagu yang baru saja rilis termasuk memperkenalkan musisi dan lagu yang lebih luas berdasarkan selera personal," tulis YouTube Music.

Menurut YouTube, daftar lagu yang ada di ketiga playlist akan diperbarui secara berkala. Nantinya, playlist tersebut akan memakai riwayat lagu dan musisi yang didengar pengguna untuk menciptakan pengalaman lebih unik.

3 dari 3 halaman

Deskripsi Jenis Playlist

Untuk mengetahui seperti apa konten yang ditawarkan masing-masing playlist tersebut, berikut ini deskripsi dari YouTube Music.

  • Discover Mix: Sesuai namanya, playlist ini akan melakukan kurasi deretan lagu yang belum pernah didengar pengguna sama sekali atau karya dari musisi yang sudah dikenal, tapi tidak diketahui. Playlist ini akan menghadirkan 50 lagu yang diperbarui setiap minggu.
  • New Release Mix: Playlist akan menghadirkan deretan lagu terbaru dari musisi favorit atau yang dirasa sesuai dengan selera pengguna. Nantinya, daftar lagu akan diperbarui setiap Jumat.
  • Your Mix: Playlist ini berisi lagu dari musisi yang dikenal dan disukai oleh pengguna. Jadi, playlist ini cocok untuk pengguna yang ingin mendengar lagu favoritnya, tanpa perlu menyusun daftar putar baru. 

YouTube Music mengatakan playlist ini akan semakin baik, seiring pengguna lebih sering mendengarkan lagu atau memberi like.

Saat ini, ketiga fitur tersebut sudah tersedia untuk pengguna global di Android, iOS, termasuk webplayer.

(Why/Isk)

BERANI BERUBAH: Rezekiku dari Offline ke Online