Sukses

Google Shopping Buka Peluang Lebih Besar untuk Pemilik Toko Online dan Offline

Liputan6.com, Jakarta - Google menghadirkan produk baru, yakni Google Shopping untuk pengguna di Indonesia.

Kehadiran Google Shopping tidak terlepas dari penggunaan internet yang memberikan ide dan pilihan produk saat pengguna ingin berbelanja sesuatu.

Sayangnya jika ingin berbelanja dan mencari ide belanjaan dari internet, pengguna kerap mengalami kesulitan mendapatkan harga terbaik dan membandingkan opsi produk.

Untuk itulah, Google menghadirkan Google Shopping, fitur ini menjanjikan pengalaman berbelanja yang kaya dan luas kepada orang Indonesia.

"Kami mendapatkan masukan dari pengguna untuk menghadirkan pengalaman belanja layaknya di mall. Di mana, Google menghadirkan page untuk pengguna melakukan pencarian dari toko-toko offline dan online. Dengan demikian pengguna bisa menemukan informasi belanja yang lebih lengkap," kata Product Management Director Google Shopping Amt Deshpande di Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Ada tiga hal yang ditekankan Amit dalam Google Shopping, yakni Shopping Homepage, peluang bagi toko online besar dan UMKM, serta akun Google Bisnisku untuk membantu pemilik toko offline.

2 dari 4 halaman

1. Shopping Homepage

Shopping Homepage menyimpan informasi ribuan toko di satu tempat. Dengan opsi, pengguna bisa menemukan dan membandingkan jutaan produk lalu menemukan harga dan tempat terbaik untuk membelinya secara online atau offline di toko terdekat.

Amit mengatakan, Shopping Homepage dipersonalisasi agar pengguna bisa melihat rekomendasi produk lebih relevan.

"Shopping Homepage juga membuat pengguna lebih mudah memesan ulang suatu produk yang sering dibeli atau melanjutkan riset belanja. Selanjutnya, jika sudah siap membeli, pengguna bisa membeli di toko terdekat atau secara online," tutur Amit.

Amit menambahkan, Google Homepage berupaya untuk menghubungkan pembeli dengan merchant yang relate dengan yang dicarinya.

3 dari 4 halaman

2. Buka Lebih Banyak Peluang untuk Toko Kecil Besar

Google Shopping memberikan kesempatan bagi pelaku bisnis atau pemilik toko kecil atau besar untuk terus berkembang.

"Dengan Google Shopping, toko bisa mencantumkan penawaran produk secara gratis," tutur Amit.

Lebih lanjut, disebutkan, jika toko ingin memasukkan produknya di Google Shopping, mereka hanya perlu membuka Google Shopping Merchant Center (situs khusus penjual) dan mengunggah produk secara gratis. Kemudian, kata Amit, produk pun langsung tersedia untuk pengguna.

"Kami berharap, Google Shopping dapat memperluas kesempatan bagi toko-toko baik besar maupun kecil," tutur dia.

4 dari 4 halaman

3. Bantu Lebih Banyak Toko Offline

Selain membantu toko online, Google Shopping juga hadir untuk membantu pemilik toko offline.

Untuk menggunakannya, para pemilik toko offline hanya tinggal memasukkan informasi bisnis dan produk mereka melalui akun Google Bisnisku.

(Tin/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
Sundar Pichai Jadi CEO Perusahaan Induk Google
Artikel Selanjutnya
Google Doodle Rayakan Taman Nasional Lorentz di Papua