Sukses

Profil Johnny G. Plate, Sosok Menkominfo Baru

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menunjuk Johnny G. Plate sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.  

Peresmian ini diumumkan oleh Presiden Jokowi di Istana Presiden, Rabu (23/10/2019). Sosok Johnny G. Plate sendiri dikenal sebagai seorang politikus dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

Sebelum dikenal sebagai politisi, dia juga banyak berkecimpung di dunia bisnis. Johnnymemulai bisnisnya pada awal 1980-an, yang bergerak di bidang alat-alat perkebunan.

Pria kelahiran Ruteng, Nusa Tenggara Timur (NTT) ini juga memegang beberapa jabatan penting, seperti Komisaris PT Indonesia Air Asia, Komisaris PT Mandosawu Putratama Sakti, dan Direktur Utama PT. Air Asia Investama.

Selama menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Johnny G. Plateyang merupakan lulusan Universitas Atma Jaya Jakarta ini duduk di Komisi XI yang membidangi keuangan, perencanaan, pembangunan, dan perbankan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kiprah Johnny di Politik

Adapun untuk di dalam Partai Nasdem, Johnnya kini menduduki posisi Sekretaris Jenderal. Sebelum di Nasdem, pria berusia 63 tahun ini bergabung ke Partai Kesatuan Demokrasi Indonesia (PKDI).

Sebelumnya, saat bertemu Presiden Jokowi, dia memang mengatakan akan mengemban tanggung jawab di bidang yang berkaitan dengan startup dan pengembangan digitalisasi.

"Berhubungan dengan startup dan pengembangan digitalisasi, dan regulasi yang berhubungan dengan perlindungan data pribadi," tuturnya pada awak media.

Isu mengenai startup dan perlidungan data pribadi menjadi tanggung jawab Kemkominfo. Johnnya sendiri merupakan politikus ketiga dari Partai Nasdem yang bergabung dalam Kabinet Indonesia Maju.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini