Sukses

Capsule Bus Berbasis Aplikasi Segera Mengaspal di Kota Jambi

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat kota Jambi dalam waktu dekat akan dapat menikmati fasilitas transportasi Capsule Bus. Angkutan umum berbasis aplikasi online ini diklaim yang pertama di Indonesia.

Kehadiran transportasi yang diberi nama Koja Trans tersebut diinisiasi PT Multi Inti Digital Bisnis (MDB) melalui anak perusahaannya, Multi Inti Digital Transportasi (MDT), yang bernaung di bawah Multi Inti Sarana Group (MIS Group).

Sebagai langkah awal untuk merealisasikan beroperasinya Capsule Bus Koja Trans di Jambi, Pemerintah Kota Jambi bersama MDT melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman Tentang Transportasi Capsule Bus di Kota Jambi.

Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan oleh Walikota Jambi Syarif Fasha dan Direktur MDT Subhan Novianda, disaksikan Chairman MIS Group Tedy Agustiansjah di Ruang Pola, Kantor Walikota Jambi.

Walikota Jambi Syarif Fasha berharap kehadiran Koja Trans mampu mengubah kebiasaan masyarakat sekitar dalam hal memanfaatkan angkutan umum, sekaligus menjadi solusi cermat mengatasi kemacetan lalu lintas.

"Karena Jambi yang pertama kali di Indonesia untuk pengoperasian transportasi modern ini, kehadiran Capsule Bus diharapkan menjadi kebanggaan dan ikon baru masyarakat Jambi," kata Syarif Fasha melalui keterangannya, Selasa (22/10/2019).

2 dari 2 halaman

Faslitas Capsule Bus Koja Trans

Bus Rapid Transit (BRT) berkapasitas 14 kursi ini merupakan angkutan umum yang dilengkapi beragam fasilitas. Antara lain AC, CCTV, free WiFi, USB charger, bangku prioritas untuk penumpang dengan kondisi khusus, dan multimedia.

"Ketersediaan CCTV, bangku prioritas untuk penumpang dengan kondisi khusus, dan pintu darurat merupakan kepedulian kami terhadap faktor keamanan bagi penumpang Capsule Bus," kata Subhan Novianda.

Selama di perjalanan, penumpang dapat menikmati free WiFi, USB Charger, dan sajian multimedia. Tombol berhenti dapat dengan mudah ditekan jika sudah tiba di lokasi tujuan.

Selain itu, Capsule Bus juga dilengkapi peta yang disesuaikan dengan koridor bus yang tersedia. Saat ini Pemkot Jambi telah menyiapkan beberapa koridor untuk Capsule Bus.

Hanya dengan mengunduh aplikasi Capsule Bus, penumpang bisa mengetahui posisi dan jam keberangkatan. Cukup menyiapkan uang elektronik, mereka tinggal melakukan tap cash di pintu masuk bus.

(Isk/Why)

Loading