Sukses

PayPal Siap Masuk ke Pasar Tiongkok

Liputan6.com, Jakarta - Platform transfer uang digital PayPal telah memperoleh persetujuan pemerintah Tiongkok untuk mengakuisisi saham pengendali di perusahaan pembayaran setempat. Langkah ini akan menjadikan PayPal sebagai perusahaan asing pertama yang memasuki pasar layanan pembayaran dio Tiongkok.

Adapun perusahaan lokal yang dimaksud adalah Gopay Information Technology. Perusahaan telah telah menerima persetujuan dari bank sentral Tiongkok untuk menjual 70 persen saham ke PayPal. Demikian dikutip dari Reuters, Rabu (2/10/2019).

Gopay memiliki lisensi untuk sejumlah layanan pembayaran yang termasuk layanan pembayaran seluler, online, dan lintas-batas dalam mata uang Yuan.

Disebutkan bahwa PayPal akan melakukan akuisisi melalui anak perusahaannya di Shanghai. Namun, tidak ada detail informasi lainnya terkait akusisi ini.

PayPal menyebut akusisi ini diperkirakan akan berjalan utuh pada kuartal keempat tahun 2019.

Sementara itu, bank sentral di Tiongkok pada awal tahun ini mengumumkan bahwa mereka membuka pasar lokal kepada perusahaan pembayaran elektronik pihak ketiga asing. Hal ini ditujukan untuk mempromosikan persaingan di industri pembayaran ritel.

2 dari 3 halaman

PayPal Kini Bisa Dipakai untuk Google Pay

Diwartakan sebelumya, Google dan PayPal sudah menjalin kerja sama strategis dalam waktu yang cukup lama. Tahun 2017 lalu, PayPal dikabarkan bakal jadi opsi pembayaran baru di Android Pay (yang kemudian mengalami rebranding menjadi Google Pay).

Tahun lalu, pengguna Android yang menambahkan PayPal sebagai metode pembayaran di Google Pay bisa membayar layanan di Gmail, YouTube, Google Play dan Google Store lewat opsi PayPal di Google Pay.

Sekarang, integrasi yang sama dikembangkan lebih luas dari kedua belah pihak. Melansir Tech Crunch, Senin (24/6/2019), perluasan kerjasama ini memungkinkan merchant memilih PayPal sebagai opsi pembayaran di Google Pay mereka.

Jadi, ketika pembeli ingin check out menggunakan Google Pay, mereka bisa memilih PayPal untuk membayar pesanan.

 

3 dari 3 halaman

Tak Perlu Repot Login

Benefitnya, pengguna tidak perlu repot-repot login ke akun PayPal karena sudah lewat Google Pay. Pengguna juga bakal punya akses ke menu Purchase Protection dan Return Shipping di PayPal.

Merchant yang pakai PayPal juga bisa menerima uang dari hasil penjualan langsung ke akun bisnis PayPal mereka. Hingga saat ini, opsi ini sudah tersedia di 24 negara.

Sementara, PayPal sendiri nampaknya masih ingin mengumpulkan kekuatan dari seluruh platform teknologi untuk layanan yang lebih baik, sebut saja Visa, Mastercard, Apple, Google, Samsung dan Walmart.

(Why/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
Paypal Keluar dari Libra Association
Artikel Selanjutnya
Transaksi Uang Digital di Bithumb Global Tembus Rp 14 Ribu Triliun