Sukses

EnGenius Tawarkan Solusi Kelola Jaringan Nirkabel Berbasis Cloud

Liputan6.com, Jakarta - EnGenius mengumumkan kehadiran Engenius Cloud yang merupakan solusi pengelolaan jaringan nirkabel berbasis komputasi awan pertamanya di Indonesia.

Layanan ini ditujukan bagi pelaku usaha kecil hingga menengah (small and medium enterprise, SME) di Indonesia yang akan melakukan transformasi digital dengan mengadopsi layanan komputasi awan.

"Solusi EnGenius Cloud yang sudah lama ditunggu-tunggu adalah fondasi yang kita butuhkan untuk melanjutkan pengembangan pengelolaan jaringan nirkabel bagi perusahaan skala kecil dan menengah di Indonesia," ujar Lawrance Lim, Regional General Manager (Asia Pasific & Middle East), EnGenius Network (S) Pte Ltd dalam konferensi pers pada Rabu (21/8/2019), di Jakarta.

EnGenius dibangun di atas cloud yang beroperasi tanpa peladen (serverless) dengan desain Function-as-a-Service (FaaS). Solusi ini diklaim mampu bekerja dalam hitungan mikrodetik dan menawarkan skalabilitas tinggi.

Teknologi ini juga sudah siap mendukung kecerdasan buatan, sehingga infrastruktur komputasi awan ini tak terbatas pada perangkat yang dikelola per lokasi, melainkan dapat memantau sampai seratus ribu perangkat access point dan switch secara bersamaan hanya dengan satu akun.

Dengan menggunakan serverless FaaS, kebutuhan jaringan dapat disesuaikan berdasarkan permintaan. Dalam hal ini apabila ada permintaan fungsi baru atau beban tambahan, sumber daya yang tersedia akan dialokasikan berdasarkan karakteristik fungsi yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Memperkenalkan Fitur dan Visual Tool Terbaru

EnGenius Cloud juga memiliki keamanan berlapis. Perangkat pengelolaan jaringan dipisahkan menggunakan tunnel yang dilindungi dengan autentifikasi dua faktor untuk keamanan data pelanggan.

Selain itu, turut diperkenalkan fitur dan alat visual yang didukung teknologi kecerdasan buatan. Fitur Advisory berbasis kecerdasan buatan ini akan mendiagnosis jaringan, menunjukan masalah yang terjadi dan menyediakan panduan bagi administrator jaringan untuk mengambil keputusan yang potensial.

Ada pula integrasi ezWifi Planner untuk melengkapi solusi cloud dengan perancangan Wi-Fi secara langsung.

Lebih lagi EnGenius menawarkan fitur unik berupa Multi-Tenant dan Topology View, yaitu fitur yang dapat membuat administrator jaringan bisa mengatur onsite priveleges yang berbeda-beda menurut pengguna dan lokasi, serta secara otomatis memetakan penyebaran jaringan dan menampilkan koneksi perangkat.

(Keenan Pasha/Why)

Loading
Artikel Selanjutnya
Bahaya, Jangan Backup Pesan WhatsApp di Cloud!