Sukses

Cara Bersihkan Tautan Hasil Pencarian Google Search

Liputan6.com, Jakarta - Kamu yang sering menggunakan layanan mesin pencari Google Search boleh jadi pernah mengalami hal ini: ketika ingin menyalin langsung tautan hasil pencarian, ternyata tautan tersebut tidak seperti yang kamu harapkan, yakni "kotor" dan panjang.

Misalnya, kamu sedang ingin mencari artikel tentang produk Realme X Spider-Man di Indonesia dan salah satu artikel ingin kamu bagikan langsung ke teman atau keluarga untuk mereka baca adalah artikel Liputan6.com yang beralamat di https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=9&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjs3I_lhNLjAhWrl4sKHULcC-UQFjAIegQIDBAB&url=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Ftekno%2Fread%2F4000536%2Frealme-x-edisi-spider-man-dirilis-seperti-apa-penampakannya&usg=AOvVaw3dOSov_FAXNde_mqTd0gxl.

Dari contoh di atas, bisa kamu pahami bahwa "kotor" di sini maksudnya tautan itu memuat karakter-karakter yang tidak diperlukan.

Sementara jika kamu ingin bagikan tautan itu ke aplikasi perpesanan atau media sosial terutama Twitter yang membatasi jumlah karakter, tautan itu memakan banyak karakter. 

Tenang saja, kamu tidak sendirian karena hal ini wajar. Untuk menyelesaikan masalah ini, ada solusi praktis yang bisa kamu coba yakni layanan bernama URL Clean yang beralamat di urlclean.com.

Di halamannya, URL Clean mengatakan, "Tautan yang disalin dari hasil pencarian Google (seperti tautan ke PDF) lebih rumit dari yang seharusnya. Alat ini menghilangkan bagian yang tidak perlu, menghasilkan tautan asli halaman."

Sekarang, mari kita coba bersihkan tautan tadi dengan URL Clean.

2 dari 2 halaman

URL Clean

Pertama, salin tautan hasil pencarian yang ingin kamu bersihkan. Di sini, kita gunakan tautan artikel tadi, yakni https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=9&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjs3I_lhNLjAhWrl4sKHULcC-UQFjAIegQIDBAB&url=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Ftekno%2Fread%2F4000536%2Frealme-x-edisi-spider-man-dirilis-seperti-apa-penampakannya&usg=AOvVaw3dOSov_FAXNde_mqTd0gxl.

Selanjutnya, tempel tautan tersebut di kolom URL copied from Google search results. Selanjutnya, klik tombol Clean it!.

Proses pembersihan tautan berlangsung sangat cepat, kurang dari sedetik dan tautan akhir yang "bersih" dan pendek, dapat kamu temukan dan salin di bawah kolom URL copied from Google search results, yakni https://www.liputan6.com/tekno/read/4000536/realme-x-edisi-spider-man-dirilis-seperti-apa-penampakannya

Cara ini bisa kamu pakai untuk berbagai tautan, tidak hanya tautan artikel, tetapi juga tautan ke layanan penyedia video, dokumen PDF, dan sebagainya. Selamat mencoba!

(Why/Isk)

Loading
Artikel Selanjutnya
Google Akan Ungkap Perangkat Baru Selain Pixel 4 pada 15 Oktober, Apa?
Artikel Selanjutnya
Google Bakal Mungkinkan Pencarian dengan Hasil Screenshot