Sukses

Xiaomi Bakal Setop Dukungan Program MIUI Global Beta

Xiaomi mengumumkan akan menghentikan dukungan untuk program MIUI Global Beta di seluruh perangkat.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi akhirnya memutuskan untuk mengentikan perilis program MIUI Global Beta untuk seluruh perangkat. Informasi ini diketahui langsung dari unggahan di situs Mi Community beberapa waktu lalu.

Dikutip dari GSM Arena, Selasa (18/6/2019), Xiaomi akan menghentikan rilis dari MIUI Global Beta secara efektif mulai 1 Juli 2019. Xiaomi menuturkan keputusan ini diambil dengan beberapa alasan.

Alasan pertama, banyak dari pengguna memakai MIUI Global Beta untuk kebutuhan sehari-hari. Padahal, versi beta sebenarnya masih memiliki sejumlah bug, sehingga perlu umpan balik dari pengguna.

Selain itu, dengan MIUI yang telah berkembang jauh, Xiaomi perlu memastikan kestabilannya saat rilis ke publik. Karenanya, Xiaomi memilih fokus untuk menyempurnakan MIUI versi stable, ketimbang membangun versi beta terlebih dulu.

Dengan cara ini, tim insinyur MIUI berharap tampilan antarmuka ini dapat menjangkau lebih banyak perangkat Xiaomi.

Namun, keputusan ini tidak berdampak pada program MIUI Chinese Beta, sehingga ada kemungkinan pengguna dengan ROM Tiongkok masih dapat mengaksesnya.

Kabar ini jelas membuat kecewa para Mi Community Fans kecewa, terutama pengguna yang memang ingin menjajal fitur-fitur baru di MIUI lebih awal. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Xiaomi Mulai Kembangkan MIUI 11

Awal tahun ini, Xiaomi juga mengumumkan baru saja meluncurkan program pengembangan MIUI 11.

Dikutip dari GSM Arena, Senin (14/1/2019), Xiaomi menyebut bahwa antarmuka ini akan tampil baru dan unik.

Menurut Head of Product Planning Departement Xiaomi Liu Ming, MIUI akan menawarkan yang berbeda dari pendahulunya dalam dua tahun terakhir.

Berdasarkan persentasi Ming, MIUI 11 akan menawarkan performa yang jauh lebih cepat dari MIUI. Sementara itu dari sisi kecerdasan buatan, antarmuka ini juga dibekali dengan fitur yang lebih baik dari saat ini.

Sayang, belum ada informasi yang dapat diungkap seputar fitur atau kemampuan spesifik dari MIUI 11.

Kendati demikian, peluncuran ini menandakan bahwa MIUI 11 akan memasuki tahap pengembangan.

3 dari 3 halaman

Xiaomi Mulai Lepas MIUI 10 Versi Global

Pada September 2018, Xiaomi sendiri baru saja menggulirkan versi stable dari MIUI 10. Dikutip dari XDA Developers, antarmuka berbasis Android 8 ini sudah menyambangi sejumlah model smartphone.

Versi global stable dari MIUI 10 diketahui sudah menyambangi Redmi 5 Note Pro, Mi 5, Mi 6, Mi Mix, Mi Mix 2, dan Mi Note 2. Namun, pembaruan ini disebut akan rilis secara bertahap untuk tiap wilayah.

Sekadar informasi, MIUI 10 sudah dioptimalkan untuk penggunaan pada perangkat berdesain bezeless alias full screen. Karenanya, Xiaomi menawarkan pengalaman navigasi berbasis gestur.

MIUI 10 hadir dengan kemampuan kecerdasan buatan yang dapat mempelajari kebiasaan pengguna. Contohnya, waktu yang dibutuhkan untuk memuat aplikasi yang lebih cepat dengan belajar dari pengguna.

Perubahan lain yang ditampilkan Xiaomi di MIUI 10 adalah bar notifikasi dan quick settings. Tampilan keduanya kini lebih modern dengan sentuhan elemen warna yang dibuat lebih buram.

Tampilan recents apps di MIUI 10 juga lebih fungsional sekaligus minimalis. Sebagai tambahan, ada pula fitur kamera modus portrait yang dapat bekerja untuk perangkat dengan kamera ganda maupun tunggal.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.