Sukses

Google Tambah Fitur AR di Search, Kamu Bisa Munculkan Panda di Ruang Tamu

Google menggulirkan fitur untuk preview (pratinjau) berbagai hewan melalui AR di kolom Search.

Liputan6.com, Jakarta - Pada ajang tahunan Google I/O 2019, perusahaan mesin pencari itu memamerkan sejumlah fitur baru yang bakal meluncur di Andriod.

Dari sekian banyak fitur yang diungkap, augmented reality (AR) menjadi sorotan banyak pengguna Android.

Pada saat ini, Google memperlihatkan kemampuan untuk preview (pratinjau) berbagai hewan melalui AR di Google Search.

Setelah hampir satu bulan, perusahaan akhirnya mengulirkan fitur tersebut ke pengguna Android mulai hari ini. Adapun binatang yang bisa dimunculkan bentuk 3D-nya, termasuk harimau, panda, gurita, hiu putih, dan masih banyak lagi.

Fitur AR di Search merupakan salah satu bagian dari keyakinan perusahaan, dimana cara termudah untuk memberikan informasi adalah dengan melihatnya langsung.

Penasaran bagaimana caranya mengaktifkan fitur ini di smartphone kamu? Yang perlu dilakukan adalah melakukan pencarian binatang di Google Search via Chrome.

Perlu diingat, tidak semua perangkat Andriod mendukung fitur ini. Dalam penulisan ini, hewan AR itu muncul saat menggunakan perangkat Pixel 3 P30 Pro.

Sementara itu, smartphone lain seperti Moto Z, P20 Pro, dan Galaxy A8+ tampaknya tidak dapat memunculkan fitur berbasis AR ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Munculkan Hewan AR di Smartphone

Google hadirkan fitur AR di Search. (Liputan6.com/ Yuslianson) 

Saat hasil pencarian muncul, kamu akan melihat informasi tambahan di Knowledge Panel yang bertuliskan, seperti "Meet a life-size tiger up close."

Di bawahnya ada tombol bertuliskan "View in 3D" dan hewan animasi--pada artikel ini contohnya panda.

Kamu dapat melanjutkan dengan mengklik tombol tersebut, dan diikuti dengan menekan tombol bertuliskan "View in your space".

Kamu bakal diminta untuk menggeser smartphone sehingga Google dapat "mendeteksi" luas ruangan, dan kemudian meletakkan hewan di lantai.

Gimana, sangat seru bukan? Informasi, kamu dapat menguji fitur AR ini dengan membuka aplikasi Google pada perangkat yang mendukung teknologi ARCore.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.