Sukses

Bersihkan Smartphone Anda dengan 4 Benda Rumahan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Bukan hal yang aneh smartphone kita dihinggapi debu dan kotoran yang mengganggu. Menurut penelitian saja, ponsel pintar mengandung bakteri 18 kali lebih banyak daripada toilet duduk.

Sama seperti benda lainnya, smartphone juga butuh perawatan rutin supaya tetap bersih.

Namun tidak perlu merogoh kocek dalam karena dengan 4 benda ini, kamu tetap bisa membersihkan smartphone. Kabar baiknya, 4 benda ini bisa didapatkan di rumah.

Dilansir dari Mashable, Senin (13/5/2019), berikut 4 benda rumahan yang bisa kamu gunakan untuk membantu membersihkan smartphone yang kotor:

1. Kain Microfiber

Familiar dengan kain jenis microfiber? Gampangnya, kain biasa digunakan sebagai bahan kain pembersih kacamata. Karena teksturnya yang lembut, kain ini bisa membersihkan permukaan layar smartphone dengan baik, begitu pula bagian belakangnya.

Caranya, rendam kain microfiber dengan sedikit air. Sedikit saja, dan jangan dispray langsung ke smartphone. Lalu, usap lembut kain pada smartphone. Gunakan sisi keringnya untuk membuang sisa-sisa kotoran pada smartphone.

Yang harus dingat, jangan gunakan kain abrasif, handuk, tisu toiler atau benda serupa karena memiliki permukaan kasar yang bisa merusak layar smartphone.

2. Cotton Bud

Kalau biasanya Anda gunakan cotton bud untuk membersihkan telinga, sekarang cotton bud bisa digunakan untuk membersihkan area smartphone yang sulit dijangkau kain lap biasa.

Caranya mudah, langsung saja ambil cotton bud dan sikat area smartphone yang sulit dijangkau dengan lembut.

 

2 dari 2 halaman

3. Alkohol Gosok + Air

Alkohol gosok atau rubbing alcohol lazim ditemukan di kotak obat dan digunakan untuk antiseptik. Tapi, benda ini juga bisa dimanfaatkan untuk membersihka smartphone yang kotor.

Catatan: metode ini mungkin akan beresiko untuk pemilik smartphone Apple karena perusahaan tidak menyarankan pengguna untuk membersihkan smartphone dengan alkohol, ammonia dan cairan pembersih lainnya.

Meski banyak yang menyatakan kalau menggunakan sedikit tidak akan berpengaruh, tetap lakukan hal ini dengan resiko kamu sendiri.

Caranya mudah, campurkan 60 persen air dan 40 persen alkohol gosok. Rendam kain microfiber di dalamnya, lalu usap dengan lembut pada smartphone. Bersihkan sisa kotoran dan cairan dengan kain microfiber kering. Jangan langsung semprot cairan ke smartphone.

4. Air Suling + Cuka Putih

Kombinasi ini juga bisa membuat smartphone lebih kinclong dan bebas bakteri. Langkahnya, campurkan 50 persen air suling dan 50 persen cuka putih. Rendam kain microfiber di dalam cairan, lalu usap pada smartphone dengan lembut. Bersihkan lagi dengan kain microfiber kering.

(Tik/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
Samsung Bakal Jual Galaxy M di Ritel Offline Mulai 2020
Artikel Selanjutnya
IDC: Pasar Smartphone Dunia Tumbuh 0,8 Persen