Sukses

Google Resmi Umumkan Kehadiran Pixel 3A dan 3A XL

Liputan6.com, Jakarta - Setelah rumor kehadirannya sempat terdengar sejak beberapa bulan lalu, Google akhirnya mengumumkan kehadiran dua smartphone terbaru besutannya, yakni Pixel 3a dan Pixel 3a XL. Keduanya resmi memulai debut di ajang Google I/O 2019.

Sesuai dengan rumor yang beredar sebelumnya, kedua model ini merupakan varian terbaru dari Google Pixel 3 yang dibanderol dengan harga terjangkau. Kendati demikian, fitur utama di Pixel 3 tetap dihadirkan di smartphone ini.

Fitur utama yang dimaksud adalah kemampuan kameranya. Perlu diketahui, Pixel 3a dan Pixel 3a XL dibekali kemampuan kamera serupa Pixel 3 standar dengan lensa beresolusi 12,2MP, yang termasuk di dalamnya fitur Night Sight.

"Smartphone high-end semakin lama semakin mahal, sehingga kami menantang diri sendiri untuk mengoptimalkan software yang di perangkat yang lebih terjangkau," tutur SVP Devices & Services Google, Rick Osterloh seperti dikutip dari The Verge, Rabu (8/5/2019).

Adapun alasan Pixel 3a dan Pixel 3a XL dilabeli memiliki harga lebih terjangkau karena dijual dengan harga mulai USD 399 (Rp 5,7 juta). Harga ini dapat dikatakan merupakan separuh dari flagship smartphone yang ada sekarang.

Rencananya, smartphone ini akan tersedia mulai 7 Mei 2019 di Amerika Serikat. Namun untuk ketersediaannya di pasar global, Google tidak memberikan informasi lebih rinci.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi Pixel 3A dan Pixel 3A XL

Sementara dari sisi spesifikasi, keduanya menggunakan chipset dengan kelas di bawah versi Pixel 3 standar. Pixel 3a menggunakan chipset Snapdragon 670, sedangkan Pixel 3a XL dibekali Snapdragon 710.

Keduanya sama-sama dipersenjatai dengan RAM 4GB yang dipadukan dua opsi memori internal, yakni 64GB dan 128GB. Baik Pixel 3a dan Pixel 3a XL disematkan kamera depan beresolusi 8MP untuk keperluan selfie.

Dari sisi desain, sebenarnya kedua varian ini tidak memiliki perbedaan signifikan dengan saudara tuanya, Pixel 3. Perbedaan hanya terletak di ukuran layar, yaitu 5,6 inci untuk Pixel 3a dan 6 inci untuk Pixel 3a XL.

Sebagai penopang performanya, Pixel 3a dibekali baterai berkapasitas 3.000mAh dan baterai berkapasitas 3.700mAh untuk Pixel 3a XL. Tak lupa, Google turut menyertakan fitur fast charging 18-watt.

Tombol pemindai sidik jari tetap diletakkan di bagian belakang bodi. Meski hadir tanpa slot microSD, baik Pixel 3a dan Pixel 3a masih menyediakan headphone jack 3,5mm.

3 dari 3 halaman

Dukungan Android Hingga 3 Tahun

Seperti model Pixel lain, Google juga menjanjikan dukungan pembaruan software berkelanjutan dan lebih cepat untuk kedua perangkat ini. Tak tanggung-tanggung, Google menyebut keduanya dijanjikan untuk mendapatkan tiga kali pembaruan versi Android.

Dengan kata lain, Pixel 3a dan Pixel 3a dapat diperbarui menjadi Android 10 Q, Android 11 R, dan Android 12 S. Adapun saat ini, dua model smartphone anyar ini masih menjalankan Android 9 Pie.

Tidak hanya itu, Google juga memberikan slot kapasitas Googel Photos tidak terbatas untuk keduanya. Terakhir, fitur Squeeze untuk mengakses Google Assistant juga disematkan di perangkat ini.

(Dam/Ysl)

 Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.