Sukses

Huawei Mate 20 Dapat Akses Beta ke EMUI 9.1

Liputan6.com, Jakarta - Huawei P30 dan P30 Pro merupakan dua smartphone baru yang hadir dengan software terbaru EMUI 9.1. Kini menurut laporan, cutom OS yang berbasis pada Android 9.0 tersebut sudah bisa dicicipi oleh perangkat lain Huawei.

Mulai Sabtu (13/4/2019), keluarga besar Mate 20 termasuk Mate 20 versi standar, Mate 20 Pro, Mate 20 X, dan Mate 20 RS sudah bisa mengikuti pengujian beta software terbaru itu.

Dikutip dari GSM Arena, EMUI 9.1 menyuguhkan pengalaman yang lebih optimal, sistem file baru, gesture yang lebih baik, dan desain ikon.

Versi beta ini tersedia bagi ponsel non-root, dan pengguna seri Huawei Mate 20 harus memiliki ruang penyimpanan kosong sebesar 6GB untuk mencobanya.

Mengingat ini merupakan versi beta, sebaiknya tidak mencoba dengan perangkat yang digunakan sehari-hari karena biasanya masih ada bug.

Sebelum meningkatkan ke firmware beta, pengguna harus ingat bahwa tidak bisa "mundur" ketika sudah melakukannya. Sehinga setelah mencoba software tersebut, maka harus menunggu peluncuran versi beta selanjutnya jika ingin kembali ke versi EMUI yang stabil.

Adapun EMUI, merupakan custom OS milik Huawei yang berbasis pada Android. Huawei menggunakan software ini di jajaran smartphone besutannya, dan juga seri Honor.

2 dari 3 halaman

Ambisi Huawei dan Honor Menguasai Pasar Smartphone Dunia

Lebih lanjut, Huawei telah berulang kali mengutarakan ambisinya menguasai pasar smartphone dunia. Kali ini, Huawei bersama sub-brand miliknya, Honor, merilis pernyataan terkait target masing-masing.

Dikutip dari Phone Arena beberapa waktu lalu, Huawei dalam keterangan resminya kembali menegaskan ambisinya menjadi manufaktur smartphone nomor satu di dunia. Hal ini telah berulang kali disampaikan, dan Huawei sendiri sekarang menempati posisi kedua di belakang Samsung.

Huawei berharap bisa menggeser Samsung pada akhir 2019. Samsung telah merajai pasar smartphone sejak 2012.

Tak hanya untuk smartphone merek Huawei, perusahaan juga memiliki ambisi besar untuk Honor. Sub-brand ini ditargetkan menjadi manufaktur smartphone nomor empat di dunia.

Target lain, Honor diharapkan akan menjadi manufaktur smartphone terbesar kedua di Tiongkok. Posisi nomor satu di negara tersebut saat ini ditempati oleh Huawei.

Jika semua berjalan sesuai rencana, Honor akan berada di depan Xiaomi. Selain itu, posisinya di pasar smartphone juga akan berada di belakang Apple dan Samsung dalam hal jumlah pengapalan unit.

(Din/Ysl)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Bos Huawei Ungkap Alasan Tak Umumkan Skor DxOMark P30
Artikel Selanjutnya
Harga dan Spesifikasi Huawei P30, Sudah Bisa Diorder Mulai Sekarang