Sukses

3 Jenis Printer yang Bisa Kamu Pilih Untuk Membuka Usaha

Liputan6.com, Jakarta Apakah kamu bosan dengan pekerjaan kantor dan ingin membuka sebuah usaha. Bisa usaha sesuai dengan minat dan hobi kamu, seperti usaha jasa desain grafis, usaha snack makanan dan lain-lain.

Mempunyai usaha sendiri hingga menghasilkan sebuah keuntungan tentu menjuadi hal yang membanggakan. Jika usaha kamu nantinya akan berkembang, secara tidak langsung kamu pun juga bisa membuka lapangan pekerjaan.

Memang banyak hal yang harus dipersiapkan saat kamu akan membuka bisnis, mulai peralatan bisnis, bahan-bahan dan lain sebagainya. Salah satu yang tidak kalah penting ialah printer.

Alat satu ini sangat dibutuhkan untuk mencetak surat tertulis, perjanjian jual-beli atau dokumen lainnya. Daripada kamu harus mencetak surat-surat tersebut di fotokopian tentu akan lebih hemat jika kamu memiliki printer sendiri.

Namun, sebelum kamu membeli printer, ada baiknya untuk mengetahui jenis printer terlebih dahulu agar kamu tidak salah dalam membeli printer. Pastinya kamu akan menyesal jika kamu sampai salah memilih jenis printer.

Nah, berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber jenis printer yang perlu kamu ketahui. Minggu (17/3/2019).

2 dari 3 halaman

Jenis Printer

Ada banyak tipe printer yang beredar di pasaran. Namun, pada artikel kali ini hanya menampilkan beberapa jenis printer yang sering dijumpai dalam percetakan atau untuk penggunaan pribadi. Berikut jenis printernya

1. Ink Jet Printer

Jenis Printer ini adalah yang paling umum ditemui pada saat ini. Inkjet printer adalah alat cetak yang menggunakan tinta dengan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus. Bahkan, kualitas cetakan printer inkjet hampir menyamai kualitas cetakan pada printer laserjet.

Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet berbeda, hal itu,tergantung pada jenis merk printer tersebut. Pada inkjet printer, hasil cetakan lebih lama keringnya jika dibandingkan dengan laser printer. Tetapi, harga printer inkjet yang lebih murah dari printer laser,

Yang menjadi kelemahan dalam jenis printer ini ialah tinta printer original yang relatif mahal. Selain itu, cartridges perlu diisi lebih sering.

2. Laser printer

Laser printer prinsip kerjanya sama dengan mesin fotocopy. Kecepatan mencetak printer ini adalah 8 halaman per menit. Kualitas hasil cetak laser printer pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya.

Tidak seperti dengan Ink Jet, laser printer hasil cetakan lebih cepat kering. Printer laser sangat tepat digunakan bagi mereka yang frekuensi mencetaknya dalam jumlah banyak.

Cocok digunakan untuk usaha fotocopy dan percetakan maupun perkantoran. Sayangnya harga printer ini tergolong mahal, tetapi tidak menjadi masalah jika kamu mempunyai dana yang berlebih.

 

3. Plotter

Plotter merupakan salah satu peralatan output yang digunakan untuk menggambar grafik dan lain-lain. Plotter dapat menggambar grafik pada kertas, plastik, maupun pada plastik transparan untuk digunakan dalam proyektor. Sehingga printer ini cocok untuk untuk mereka yang menerima jasa print digital outdoor dan indoor seperti banner, poster, sticker, cutting, dsb.

Jenis printer ini keakuratan pencetakannya juga sangat bagus. Sayangnya printer ini memiliki harga yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan kedua printer lainnya.

Selain itu, ukurannya yang besar sangat memakan tempat sebuah ruangan. Tetapi jangan khawatirkan untuk kualitas dan kecepatanya, karena printer ini sangat unggul dalam kedua hal tersebut.

3 dari 3 halaman

Tips Membeli Printer

1. Kualitas yang mumpuni

Selain harga, faktor satu ini menjadi vital. Karena dengan kualitas yang bagus, hasilnya pun akan bagus. Kamu pun tidak perlu mencetak dokumen berulang kali karena hasilnya tidak memuaskan. Maka dari itu, perlu cermat memilih printer yang dapat menghasilkan hasil cetakan berkualitas tinggi.

2. Sesuai dengan kebutuhan

Dalam membeli sebuah printer tentunya kamu harus menyesuaikan dengan kebutuhan kamu. Sesuaikan dengan jenis printer dan kebutuhan kamu nantinya. Kamu akan mencetak dalam bentuk apa, fungsinya dan lain sebagainya.

3. Hemat

Perlu diingat, kamu sebagai pemula dalam membangun bisnis harus berhemat. Jangan sampai kamu harus merogoh kocek lebih dalam untuk memulai bisnis. Pilihlah printer dengan harga yang terjangkau tetapi tidak murahan. Lebih tepatnya punya kualitas dalam mencetak.

Nah, di atas adalah jenis printer yang biasa ditemui. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi kamu untuk memilih printer yang tepat.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Jenis Burung Hantu Paling Populer di Dunia, Berminat untuk Memeliharanya?
Artikel Selanjutnya
Gejala Virus Zika, Cara Penularan dan Pencegahan yang Perlu Diwaspadai Ibu Hamil