Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Cara Cek HP Samsung Asli atau Replika dengan Mudah, Kamu Wajib Tahu Agar Tak Tertipu

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan teknologi yang ada saat ini cukup pesat. Tak terkecuali perkembangan smartphone di Indonesia. Salah satu smartphone yang cukup berkembang pesat dan memiliki pengguna cukup banyak di Indonesia ialah Samsung.

Vendor ponsel ini memang telah dikenal oleh orang Indonesia sejak lama. Bahkan sebelum teknologi smartphone berkembang seperti sekarang ini, Samsung telah memiliki pasar sendiri di Indonesia. Perusahaan elektronik asal Korea Selatan yang semakin besar namanya, ternyata banyak disalahgunakan oleh beberapa oknum.

Sehingga terdapat smartphone Samsung KW atau replika yang memiliki tampilan luar sama namun hardwarenya berbeda. Tentu saja beredarnya HP Samsung KW cukup meresahkan. Oleh karena itu kamu perlu mengetahui bagaiamana cara cek hp Samsung asli sebelum membelinya. Karena peredaran dari hp Samsung KW ataupun rekondisi ini cukup luas loh. Bahkan beberapa oknum tak tanggung-tanggung untuk menjualnya di gerai ponsel ataupun di toko online.

Tentu saja mengetahui bagaimana cara cek hp Samsung asli ataupun palsu perlu kamu lakukan. Hal ini agar kamu tidak tertipu sewaktu membeli smartphone Samsung. Cara cek hp Samsung asli pun cukup mudah dilakukan. Selain itu ada beberapa cara cek hp Samsung asli yang bisa kamu gunakan loh.

Agar kamu tidak tertipu saat membeli smartphone Samsung, ada baiknya untuk mengetahui cara cek HP Samsung asli terlebih dahulu. Berikut ini Liputan6.com pun telah merangkum cara mengecek HP Samsung asli atau replika dari berbagai sumber, Rabu (13/3/2019).

2 dari 4 halaman

Cara Cek HP Samsung Asli

1. Gunakan LCD Test

Jika kamu telah terlanjur membeli ponsel baru tapi tak tahu keasliannya, kamu bisa menggunakan LCD test sebagai cara cek hp Samsung Asli atau tidak. Cara penggunaannya pun cukup mudah dilakukan. Kamu hanya perlu menuliskan *#0*# pada layar panggilan. Kemudian pada ponsel kamu pun akan muncul LCD test. Beberapa informasi pun bisa kamu ketahui dari LCD test ini, seperti layar sentuh, kamera, suara, getaran, warna pada ponsel dan lain sebagainya.

Selain itu, cara cek hp Samsung asli juga bisa kamu lakukan dengan melihat spesifikasi yang tertera di ponsel. Bukan hanya dengan melihat pada kotak ponsel saja, tetapi kamu perlu melihat langsung pada ponsel kamu mengenai spesifikasinya. Untuk cara cek hp Samsung asli dari spesifikasinya, kamu hanya perlu mengetik *#*#4636#*#*. Nantinya layar LCD kamu akan menampilkan spesifikasi yang pada handphone kamu. Akan tetapi jika ponsel yang kamu miliki ternyata KW ataupun rekondisi maka spesifikasi ini tidak akan muncul.

3 dari 4 halaman

2. Cek nomor IMEI

Cara cek hp Samsung asli lainnya ialah dengan mengecek kesamaan nomor IMEI yang ada pada box ponsel dengan tampilan di layar ponsel kamu. Kamu hanya perlu mengetik *#06# pada tombol telepon. Kemudian layar akan menampilkan kode unik IMEI pada ponsel kamu. Setelah itu, kamu bisa mencocokan kode IMEI yang ada pada layar dan juga pada dus. Jika kode tersebut tidak sama, maka ada kemungkinan bahwa hp kamu tidak asli.

Jika kamu sudah mengetahui nomor IMEI pada ponsel, kamu bisa mengecek info mengenai tipe ponsel dengan mengunjungi situs IMEI.info. Langkah ini tentu saja dilakukan untuk mengetahui apakah ponsel pintar kamu benar-benar asli atau tidak. Kamu hanya pelu mengetikan nomor IMEI yang sebelumnya tertera pada layar ponsel di kolom nomor IMEI pada website tersebut. Kemudian centang pada tulisan I’m not a robot dan klik check.

Jika website tersebut menampilkan info mengenai ponsel kamu beserta nama brand yaitu Samsung, maka hp yang kamu miliki itu asli. Namun kamu harus bisa memastikan jika model yang tertera pada website tersebut sama seperti model pada hp Samsung kamu.

4 dari 4 halaman

3. Samsung Kies

Mungkin masih terdengar asing mengenai Samsung Kies. Namun ternyata kamu bisa mengecek keaslian hp Samsung yang kamu miliki di software resmi milik Samsung ini. Namun kamu harus memastikan jika di PC ataupun laptop kamu telah terinstal aplikasi Samsung Kies ini. Langkah untuk mengecek keaslian hp Samsung yang kamu miliki dengan Samsung Kies ini pun cukup mudah.

Setelah software ini terinstal di PC ataupun laptop, kamu hanya perlu menghubungkan smartphone yang kamu miliki pada PC atau pun laptop dengan kabel data. Kemudian pada layar PC atau laptop nantinya akan menampilkan informasi bahwa ponsel kamu bisa terkoneksi dan terhubung. Itu artinya ponsel yang kamu miliki memang asli.

Akan tetapi bila pada layar tidak ada informasi tersebut ataupun software ini tidak bisa membaca informasi bahwa ponsel sudah terkoneksi, maka smartphone Samsung yang kamu punya saat ini bisa jadi palsu.

Nah, itu tadi ragam cara mengecek hp Samsung asli atau replika. Kamu bisa memilih menggunakan cara yang mana untuk mengetahui keaslian pada ponsel Samsung kamu. Bahkan kamu juga bisa untuk menggunakan ketiga cara cek hp Samsung asli tersebut agar lebih meyakinkan.

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Daerah Ini Ingin Gabung ke Jakarta
Artikel Selanjutnya
Menteri Jonan: Permukaan Tanah Jakarta Sudah Turun 40 Meter