Sukses

Cara Cek Tagihan Listrik Online yang Simpel Enggak Perlu Ribet, Banyak Manfaatnya

Liputan6.com, Jakarta Tagihan listrik merupakan kewajiban utama yang harus dilunasi setiap bulannya. Namun, kesibukan yang padat, kadang membuat sebagian orang tak sempat melunasi tagihan listrik tepat waktu. Imbasnya, denda keterlambatan pembayaran listrik pun tak bisa dihindari.

Untungnya PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) (PLN) meluncurkan aplikasi PLN Mobile, guna mempermudah pelanggan dalam mendapatkan pelayanan dan informasi dari PLN. Hadirnya PLN Mobile melalui aplikasi ini diharapkan dapat mendukung tata kelola layanan pengaduan dan keluhan pelanggan.

Adapun fitur-fitur yang tergabung dalam aplikasi ini meliputi riwayat token, simulasi permohonan pasang baru atau perubahan daya atau penyambungan sementara, permohonan pasang baru atau perubahan daya atau penyambung sementara, informasi tarif listrik terkini, cek status pengaduan dan permohonan, berita terkini dari PLN serta yang paling penting adalah cara cek tagihan rekening listrik online.

Dengan adanya cara cek tagihan listrik online ini pelangganpun tidak perlu lagi takut telat membayar atau bingung membayar listrik. Saat ini cara cek tagihan listrik online sudah bisa dilakukan lewat smartphone, baik melalui aplikasi atau pun web browser penyedia layanan listrik PLN. Berikut liputan6.com rangkum cara cek tagihan listrik online yang mudah gampang, Selasa (12/3/2019).

2 dari 3 halaman

Manfaat cek tagihan listrik online

Sebelum mengetahui cara cek tagihan listrik online, ada baiknya kamu harus pahami dulu mamfaat apa yang bisa kamu dapatkan cek tagihan listrik online.

1. Lebih hemat waktu

Mengecek tagihan listrik secara online tentu lebih mudah dan efisien untuk dilakukan. Kamu tak perlu ribet mengirim pesan via SMS atau menelepon mitra pembayaran listrik untuk sekadar mengecek tagihan. Selain itu, kamu bisa berhemat waktu untuk melunasi tagihan listrik setiap bulannya.

2. Data tagihan langsung diterima

Kamu bisa mengetahui data tagihan listrik secara langsung hanya dengan mengecek layanan pembayaran listrik secara online. Tinggal install aplikasinya atau akses websitenya pengecekan tagihan pun dapat dilakukan lebih cepat. Dengan begitu, kamu bisa langsung segera melunasi tagihan tersebut sesuai data yang tertera di aplikasi.

3. Bisa juga bayar listrik secara online

Kehadiran aplikasi yang bisa memudahkan cek tagihan listrik juga membantu kamu terhindar dari risiko terkena denda yang disebabkan telat membayar tagihan. Terlebih prosesnya juga mudah dan cepat, sehingga kamu bisa membayar tagihan sembari melakukan kegiatan lain.

4. Anti ribet

Cek tagihan listrik online juga bisa membuat hati lebih tenang dan hidup jadi gak ribet, meski saat bepergian sekali pun. Hal ini karena kamu bisa dengan mudah mengecek dan melunasi tagihan kapan pun dan di mana pun berada. Jadi, liburan kamu akan tetap tenang tanpa terbebani tagihan listrik yang belum lunas.

3 dari 3 halaman

Cara cek tagihan listrik online

1. PLN Mobile

Aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk cek tagihan listrik, tapi juga bisa digunakan untuk mengecek riwayat pemakaian kwh listrik, transaksi token listrik, info lokasi pembayaran melalui banking, info status listrik, info progres permohonan, dan sebagai sarana pengaduan keluhan pelanggan. Semuanya dapat diunduh gratis pada ponsel kamu. Berikut ini adalah cara untuk cek tagihan listrik online melalui PLN Mobile:

1. Download dan isntal aplikasi

2. Pilih menu Informasi pada tab menu.

3. Pilih menu Informasi Tagihan dan Token Listrik.

4. Masukan ID pelanggan atau nomor meteran kamu.

5. Klik Cari.

6. Aplikasi akan menampilkan status tagihan listrik serta besaran nominalnya.

2. Website

Cara cek tagihan listrik online selanjutnya adalah melalui website. Salah satu website untuk cek tagihan PLN adalah www.cekbill.com. Lewat website tersebut, kamu bisa mengecek beberapa tagihan, salah satunya adalah cek tagihan listrik PLN.

1. Pilih navigasi Cek Tagihan Listrik PLN pada bagian kiri halaman.

2. Masukkan ID pelanggan PLN pada kolom yang disediakan.

3. Masukkan kode captcha untuk verifikasi.

4. Selanjutnya klik Cek Tagihan.

3. Aplikasi Bukalapak

Cara cek tagihan listrik online selanjutnya adalah melalui aplikasi Bukalapak. Melalui aplikasi Bukalapak yang bisa kamu akses melalui smartphone atau desktop, kamu sudah bisa cek tagihan listrik online hingga bisa membayar listrik PLN di mana saja dan kapan saja.

1. Langkah pertama, kamu bisa mempersiapkan nomor meter atau ID pelanggan kamu.

2. Lalu buka Bukalapak baik via desktop atau mobile.

3. Kemudian pilih opsi Tagihan Listrik.

4. Masukkan 12 nomor ID pelanggan atau nomor meter.

5. Klik Beli.

6. Kemudian kamu akan masuk atau log-in melalui akun Bukalapak.

7. Jika kamu belum memiliki akun Bukalapak, segera buat akun Bukalapak terlebih dahulu dan dapatkan pengalaman belanja online terbaik dan aman di Bukalapak.

8. Saat kamu membayar iuran listrik di Bukalapak, secara otomatis tertera nominal yang harus kamu bayarkan, termasuk denda (bila ada).

9. Selesai.

Loading