Sukses

Cara Membuat Aplikasi Online, Mudah dan Tak Perlu Ahli Coding

Kamu bisa bikin aplikasi sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan teknologi bergerak mengikuti apa yang dibutuhkan oleh manusia. Ragam teknologi diciptakan untuk membantu manusia agar kegiatannya menjadi serba cepat dan mudah

Salah satu teknologi yang sangat memiliki peran bagi manusia hingga saat ini adalah aplikasi. Hadirnya beragam aplikasi ini mampu membantu kegiatan kamu semakin mudah. Aplikasi disediakan dengan segmen yang berbeda-beda, disesuaikan dengan kebutuhannya. Tak jarang, aplikasi menjadi tren karena memang banyak digunakan.

Kalau kamu ingat, ada beberapa produk aplikasi buatan anak Indonesia yang pernah ramai. Beberapa diantaranya seperti Flappy Bird dan Tahu Bulat. Ya, kedua contoh tersebut merupakan aplikasi game yang sangat fenomenal.

Banyak aplikasi baru yang dikembangkan oleh pengembang awam, dan sukses menghiasi bagian atas toko aplikasi Andorid. Nah, apa kamu pernah memiliki keinginan untuk membuat aplikasi sendiri?

Tak perlu bingung memikirkan bagaimana cara membuat aplikasi. Soalnya memang, membuat aplikasi ini dikenal harus memiliki kemampuang coding.

Sebenarnya gimana sih cara membuat aplikasi sendiri tanpa perlu ribet? Berikut Liputan6.com, Senin (4/3/2019) telah merangkum dari beberapa sumber cara membuat aplikasi secara online.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

AppyPie dan MIT App Inventor

1.  AppyPie

Kamu bisa membuat aplikasi untuk smartphone kamu secara online dan sangat mudah di situs ini. Cara membuat aplikasi di sini cukup dengan memilih kategori aplikasi yang ingin dibuat seperti bisnis, informasi, bisnis online, fotografi, edukasi, dan lain sebagainya.

Sesuaikan kategori aplikasi yang akan dibuat dengan kategori yang tersedia di AppyPie.com. Cukup melakukan drag and drop, sehingga membuat kamu yang tak mengerti tentang coding pun masih bisa membuat aplikasi dan tentunya sangat mudah.

Setelah memilih kategori yang kamu inginkan, kamu akan memilih tema untuk tampilan aplikasinya. Kemudian tinggal mengikuti intruksi sampai melakukan publish aplikasi. 

2. MIT App Inventor

Merupakan proyek dari Massachuset Institute of Technology (MIT) yang dibuat untuk mengajarkan semua orang, khususnya pemula untuk membuat aplikasi di smartphone dengan block-based programming tool.

Memiliki tampilan yang sederhana dengan kaya akan fitur membuat kamu akan merasa nyaman untuk menggunakannya.

Aplikasi ini cukup mudah dalam pengaplikasiannya, cukup dengan drag and drop dan menambahkan informasi atau data, serta mengatur palette di bagian properties.

App Inventor ini merupakan tools untuk membuat aplikasi di smartphone melalui browser yang cukup lengkap fungsinya.

3 dari 4 halaman

AppYet dan Andromo

3.  AppYet

Merupakan situs yang digunakan untuk membuat aplikasi smartphone secara online. Menggunakan 100 persen kode native, kamu bisa membuat aplikasi dengan mudah secara online dan tidak perlu mengerti bahasa pemrograman.

Situs ini mendukung pembuatan aplikasi seperti RSS, HTML5, Podcast, YouTube, Twitter, dan lain sebagainya. 

Cara membuat aplikasi online dengan AppYet ini cukup dengan memberi nama aplikasi serta memberi namapackage untuk aplikasi Android. Kemudian tambahkan modules yang tersedia. Modules ini erkait dengan jenis aplikasi apa yang ingin kamu buat. 

4. Andromo

Merupakan situs yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi dengan mudah. Menggunakan Andromo, kamu dapat membuat aplikasi seperti audio player, map, navigation, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya.

Situs ini memberikan fitur monetization agar kamu yang membuat aplikasi ini bisa mendapatkan pendapatan dengan cara memasang iklan.

Situs ini juga memberikan layanan Google App Analytics yang berguna untuk mengetahui jumlah data dari pengguna lain yang menggunakan aplikasi yang sudah kamu buat. Patut dicoba, nih.

4 dari 4 halaman

AppsGeyser, Parallel Space, dan iBuild App

5.  AppsGeyser

Situs selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk membuat aplikasi sendiri adalah dengan menggunakan AppsGeyser. Tak berbeda jauh dengan situs lainnya, AppsGeyser memberikan kemudahan serta tampilan yang menarik.

Hal ini akan membuat kamu lebih mudah dan cepat dalam membuat aplikasi. 

Di AppsGeyser, kamu bisa membuat beberapa kategori aplikasi seperti messenger, map, RSS, dan lain sebagainya. Tak hanya membuat aplikasi, di AppsGeyser juga bisa membuat aplikasi game Android, loh.

Kamu juga bisa langsung mem-publish aplikasinya ke Google Play Store atau store lainnya kalau sudah memiliki akun pada store tersebut.

6. Parallel Space

Kamu bisa membuat aplikasi dengan mudah dengan menggunakan Parallel Space. Di sini kamu bisa mengganti tampilan aplikasi hasil kloningan Parallel Space dengan mudah. Sehingga tampak seperti aplikasi baru.

7. iBuild App

Selain menggunakan Parallel Space, kamu juga bisa menggandakan aplikasi di smartphone dengan menggunakan ini. Kamu bisa membuat aplikasi di smartphone sendiri dengan mudah menggunakan iBuild App ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini