Sukses

Samsung Galaxy S10+ Kejar Teknologi Mate 20 Pro, Mana yang Lebih Baik?

Samsung Galaxy S10+ dan Huawei Mate 20 Pro sama-sama memiliki banyak keunggulan. Namun, mana yang lebih baik?

Liputan6.com, Jakarta Samsung Galaxy S10 resmi diperkenalkan pada 20 Maret di San Fransisco. Seri tersebut menjadi salah satu smartphone unggulan dan paling mahal di pasaran saat ini. Dalam acara peluncurannya, diumumkan bahwa harga entry-level S10e mulai dari 749 dollar AS, sedangkan harga Galaxy S10 dan S10+ masing-masing mulai dari 899 dollar AS dan 999 dollar AS.

Setelah pengumuman tersebut, timbul kritik yang mempertanyakan apakah Samsung membuat kesalahan yang sama seperti Apple dengan iPhone baru yang memberi kenaikan harga tinggi? Padahal, Samsung berharap Galaxy S10 dengan fitur-fitur barunya dapat menarik banyak pembeli setelah menghadapi penjualan yang mengecewakan di Samsung Galaxy S9.

Di Galaxy S10, Samsung memasang fitur-fitur baru, seperti tiga kamera, sensor sidik jari dalam layar ultrasonik, kapasitas penyimpanan hingga satu terabyte, serta layar quad HD + AMOLED yang melengkung dan baru.

Jadi, apakah seri unggulan terbaru Samsung menawarkan peningkatan yang cukup menarik bagi Anda untuk bergegas membeli? Sebelum Anda membeli, alangkah baiknya melihat dulu perbandingan dengan Mate 20 Pro andalan Huawei yang tak kalah canggih.

Berikut perbandingan dua smartphone canggih tersebut.

Kamera: Lensa ultra-wide-angle

Samsung telah memberikan peningkatan fitur kamera yang signifikan dengan sistem triple kamera belakang. Juga fitur fotografi yang lebih baik seperti zoom yang ditingkatkan dan kinerja mumpuni pada saat low-light.

Walaupun begitu, Samsung memiliki tugas untuk mengambil alih posisi Huawei Mate 20 Pro yang berada di urutan teratas DxOMark Mobil bersama produk saudarana, P20 Pro. Huawei Mate 20 Pro sendiri memiliki kamera belakang dengan resolusi 40 MP + 20 MP + 8 MP superior. Resolusi ini lebih tinggi dibadingkan resolusi kamera belakang Galaxy S10 yang sebesar 12 MP + 16 MP + 12 MP.

Teknologi baterai dan pengisian daya

Daya tahan baterai 4.100 mAh telah dipuji sebagai peningkatan yang signifikan pada Samsung S10+, tetapi sepertinya Samsung masih belum dapat melawan Huawei Mate 20 Pro yang memiliki kapasitas penyimpanan daya sebesar 4.200 mAh.

Samsung juga memperkenalkan Wireless PowerShare pada Galaxy S10 dan S10+. Namun, sebenarnya Huawei Mate 20 Pro telah lebih dulu memperkenalkan teknologi pengisian nirkabel terbalik ke pasar.

Selain itu, Huawei Mate 20 Pro juga memiliki kemampuan pengisian daya super cepat atau fast charging 40 W yang memungkinkan daya baterai dapat terisi 70 persen hanya dalam 30 menit. Teknologi ini juga dilengkapi dengan sertifikat Jerman TÜV Rheinland yang menjamin standar keamanannya. Tentu hal itu menjadi pembeda dari Huawei Mate 20 Pro dari para pesaingnya.

Pengalaman gaming dalam fitur dual sim

Menurut situs resminya, Samsung S10+ telah mendukung model Dual SIM (Hybrid SIM slot). Ini adalah fitur yang didukung oleh sebagian besar ponsel Android. Saat kedua SIM aktif dan Anda sedang menggunakan salah satunya, penelepon yang masuk dari SIM lain akan menemukan kamu tidak dapat dijangkau.

Walaupun begitu, Mate 20 Pro telah menawarkan teknologi dual-VoLTE bersama dengan fitur dual-SIM. Fasilitas ini memungkinkan kamu untuk menerima panggilan dari satu SIM ketika sedang secara aktif menggunakan SIM yang lain. Artinya, kamu tidak perlu mengabaikan telepon pacar saat asyik bermain PUBG dengan teman-teman.

Pilihan warna dan desain berani

Samsung Galaxy S10+ hadir dengan warna Prism White, Prism Green dan Prism Black, Prism Blue, dan Canary Yellow. Walaupun begitu, banyak orang yang malah membeli case untuk menyembunyikan penampilan smartphone-nya.

Ada alasan mengapa cover transparan menjadi tren, terutama bagi pengguna smartphone yang ingin memamerkan desain ponsel yang indah dari smartphone sebagai bagian dari aksesori mereka.

Huawei Mate 20 Pro Emerald Green color adalah pilihan warna berani di dunia smartphone yang diisi dengan warna ‘aman'. Menjadikannya salah satu alasan produk ini merupakan cara terbaik memamerkan keindahannya.

Dengan smartphone yang semakin mirip satu sama lain, satu melihat pengaturan segi empat yang khas dari Mate 20 Pro akan membedakannya dari smartphone lainnya.

Apabila hal-hal ini belum menjawab pertanyaan Anda, lihat dulu yuk daftar pebandingannya.

Perbandingan spesifik S10+ dengan Mate 20 Pro

Seri terbaru

Huawei akan meluncurkan seri P 30 terbaru pada 26 Maret di Paris, Prancis. Seri P20 telah menetapkan dirinya sebagai salah satu kamera smartphone paling canggih di pasar, dengan P20 Pro menempati tempat pertama DxO Mark Mobile. Seri P30 dikatakan sebagai pesaing kuat untuk kamera DSLR dengan fitur fotografi yang terus meningkat, berkat penggabungan fungsi AI.

Rentang Galaxy S10 dikatakan sangat penting bagi Samsung dalam persaingan melawan Apple dan mempertahankan pangsa pasarnya dari pesaing Android seperti Huawei. Dalam perang seri unggulan Android antara Samsung dan Huawei, seri Galaxy S10 telah menjadi yang pertama diperkenalkan ke publik, tetapi tampaknya akan menjadi pertempuran panjang antara kedua rival smartphone.

So, jadi kamu pilih yang mana?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.