Sukses

Tombol Back Dibuang, Android Q Bakal Usung Navigasi Gestur Utuh?

Tampaknya Google akan beralih ke ikon kapsul secara keseluruhan dan menghilangkan tombol back di versi Android selanjutnya, yakni Android Q.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu fitur utama dari Android 9 Pie adalah digantinya sistem navigasi dari tombol ke gestur.

Sistem navigasi gestur ini awalnya dipopulerkan oleh iPhone X yang membuang semua tombol di layar depannya.

Meski demikian, Android Pie masih memiliki tombol back atau kembali, yang muncul ketika dibutuhkan menemani icon berbentuk kapsul yang kini jadi ikon utama navigasi gestur.

Namun, tampaknya Google akan beralih ke ikon kapsul secara keseluruhan dan menghilangkan tombol back di versi Android selanjutnya, yakni Android Q.

Hal ini dilaporkan oleh XDA Developers yang mencoba kode Android Q awal. Dari laporannya, tombol back telah tiada.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fungsi Tombol Home

XDA menjelaskan bahwa tombol home nantinya akan berfungsi sebagai tombol back dan tombol recent apps.

Pengguna nantinya hanya tinggal menggeser ikon kapsul ke kiri untuk kembali. Hal ini membuat pengoperasian Android akan jadi lebih mudah.

Penggeseran ikon ke kiri ini juga digunakan untuk menggeser kamu ke deretan aplikasi yang telah terbuka.

Jadi, perbedaan kecepatan dalam menggeser akan memberi peranan berbeda antara back dan membuka recent apps. Fungsi ini juga bisa digunakan dengan menggeser ke kanan.

3 dari 3 halaman

Perubahan Terbesar?

Jika fitur ini benar-benar masuk ke Android Q nantinya, ini adalah perubahan terbesar yang diusung Android, di mana penggunaan tombol navigasi masih sangat luas digunakan oleh sebagian besar pengguna Android.

Meski demikian, masih perlu adanya finalisasi dan belum tentu fitur ini benar-benar akan masuk dan tombol back akan segera punah.

Reporter: Merdeka

Sumber: Merdeka.com

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.