Sukses

Live Report:PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID II

Guyonan Kaesang Mengubah Sang Pisang Jadi Startup Unicorn

Liputan6.com, Jakarta - Pembahasan seputar startup unicorn yang sempat menjadi bahan dalam debat capres 2019 memang ramai dibicarakan di media sosial. Salah satu yang ikut membicarakan soal hal itu adalah putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep.

Dalam kicauannya, Kaesang memiliki rencana untuk menjadikan Sang Pisang, bisnis pisang nugget miliknya, menjadi startup pisang unicorn. Kaesang menulis rencana itu akan dilakukan dalam waktu lima tahun ke depan.

"Dalam 5 taun kedepan. Sang Pisang akan jadi startup pisang unicorn," tulisnya seperti dikutip dari akun @kaesangp, Senin (18/2/2019). Kicauan bernada guyonan itu pun dengan cepat direspon oleh para warganet lain.

Tweet itu sudah mendapat 7.400 likes, 5.000 retweet, dan 800an komentar. Uniknya, kebanyakan warganet juga merespon kicauan tersebut dengan guyonan.

Beberapa di antaranya ada yang mempertanyakan apakah pisang unicorn merupakan menu baru. Namun, tidak sedikit pula yang memberikan dukungan terhadap rencana Kaesang tersebut.

Sekadar informasi, topik soal unicorn sempat mencuat ketika calon presiden nomor satu Joko Widodo menanyakannya pada calon presiden nomor dua Prabowo Subianto.

Ketika itu, Jokowi menanyakan rencana Prabowo mengenai infrastruktur apa yang akan dibangun untuk mendukung (startup) unicorn.

Sebelum menjawab pertanyaan itu, Prabowo sempat terlihat kebingungan dan memastikan kembali pertanyaan tentang unicorn tersebut. Gestur Prabowo itu yang kemudian banyak direspon oleh warganet di Twitter.

2 dari 3 halaman

Warganet Kompak Menjawab Arti Unicorn

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto memberi paparannya dalam debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2). Debat bertema energi, pangan, infrastruktur, SDA, dan lingkungan hidup. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Saat sesi terakhir debat capres 2019, calon presiden nomor satu Joko Widodo (Jokowi) diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan pada calon presiden nomor dua Prabowo Subianto.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menanyakan soal rencana infrastruktur yang bakal dibangun Prabowo untuk mendukung (startup) unicorn.

Saat diberi pertanyaan itu, Prabowo sempat sesaat terdiam terlihat bingung dan memastikan lagi pertanyaan tersebut sebelum akhirnya menjawab. "Unicorn, apa yang dimaksud unicorn? Maksud bapak yang online-online itu?" tanya Prabowo.

Setelah memastikan pertanyaan tersebut, Prabowo pun langsung menjawab dengan rencananya terhadap perkembangan startup unicorn di Indonesia.

Meski sudah menjawab, ternyata gestur Prabowo yang terlihat kebingungan sebelum menjawab pertanyaan tersebut mencuri perhatian sejumlah warganet.

Sejumlah warganet di Twitter pun merespon hal tersebut dengan memberikan beragam tanggapan. Salah satunya adalah guyonan mengenai apa yang dimaksud sebagai unicorn.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Minggu (17/2/2019), topik seputar unicorn ini banyak dibicarakan warganet. Perlu diketahui, unicorn sebenarnya adalah predikat yang diberikan pada startup dengan nilai valuasi di atas US$ 1 miliar.

Nah, untuk mengetahui seperti apa kicauan para warganet mengenai unicorn saat berjalannya debat capres malam ini, berikut ada beberapa tweet yang sudah dihimpun dari situs microblogging tersebut.

3 dari 3 halaman

Prabowo: Apa Itu Unicorn?

Capres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi dalam debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2). KPU memenuhi permintaan publik dengan tidak membocorkan pertanyaan sebelum debat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dalam debat kedua capres yang dilaksanakan malam ini, Joko Widodo (Jokowi) mendapat kesempatan mengajukan pertanyaan kepada Prabowo Subianto.

Pertanyaan yang disampaikan adalah rencana Prabowo apabila memimpin nantinya mengenai strategi dalam peningkatan startup unicorn. 

Namun usai menanyakan hal itu, nampaknya kurang dipahami oleh Prabowo mengenai maksud Jokowi.

"Unicorn, apa yang dimaksud unicorn?," tanya balik Prabowo. "Apa itu unicorn, yang online-online itu?"

Seperti diketahui, unicorn adalah perusahaan startup yang memiliki valuasi antara USD 1 miliar hingga USD 10 miliar.

Meski tak begitu paham, Prabowo tetap menaggapi pertanyaan Jokowi tersebut. 

"Hal mendasar dengan ekonomi Indonesia adalah terjadi dispatritas segelintir orang kurang dari 2 persen kuasai ekonomi kita, kalau ada unicorn ini akan mempercepat uang kita lari ke luar negeri," tanggapan Prabowo.

"Kerja mereka lagi pesatnya berkembang, jadi saya akan dukung. Mereka juga alami kesulitan sekarang ada tambahan regulasi. Ini yang mereka ngeluh," tuturnya.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Loading
Artikel Selanjutnya
Kaesang Pangarep Ungkap Alasan Ganti Gaya Rambut di Pelantikan Presiden 2019
Artikel Selanjutnya
Gibran Rakabuming Siap Mundur dari Bisnis Kuliner Usai Resmikan Gerai Goola X Mangkok Ku