Sukses

7 Aplikasi Ini Wajib Dimiliki Para Pendaki Gunung, Salah Satunya Penunjuk Rute

Aplikasi yang bisa menjadikan pendakian makin asyik.

Liputan6.com, Jakarta Buat kamu yang suka mendaki gunung, pastinya kamu selalu menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan saat pendakian. Jangan sampai keliru membawa barang-barang yang malah tidak dibutuhkan. 

Biasanya, kebutuhan para pendaki semuanya telah dipersiapkan di dalam tas carrier. Perlengkapan yang dibawa oleh para pendaki biasanya seperti makanan, minuman secukupnya, obat-obatan, pelindung tubuh, tenda, alat memasak, dan lain sebagainya.

Hal itu dipersiapkan dan dibawa guna untuk mempermudah kebutuhan selama di perjalanan mendaki. Karena selama di perjalanan menuju puncak gunung, tidak ada yang menjual perlengkapan untuk kebutuhan pribadi. Oleh karena itu, pentingnya mempersiapkan barang-barang tersebut sebelum mendaki gunung.  

Nah, untuk membantumu dalam perjalanan mendaki gunung, berikut Liputan6.com, Rabu (13/2/2019) rangkum dari berbagai sumber, aplikasi di ponsel apa saja yang wajib ada. Kamu perlu install aplikasi ini untuk membantu serta menunjang dalam perjalanan mendaki gunung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Weatherbug – Forecast & Radar dan AllTrails

1. Weatherbug – Forecast & Radar

Sebelum mendaki, hal pertama yang perlu pendaki tahu adalah kondisi cuaca di daerah gunung yang ingin didaki. Jangan sampai kamu mendaki dalam kondisi cuaca yang buruk, ya.

Oleh karena itu, kamu perlu banget download dan install aplikasi ini yang berfungsi untuk memberikan informasi perkiraan cuaca saat ini dan beberapa hari ke depan yang cukup akurat.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur peringatan petir, curah hujan, suhu lokal, UV, dan masih banyak lagi.

2. AllTrails

Aplikasi ini wajib juga dimiliki saat mendaki gunung. Aplikasi ini memiliki koleksi database rute perjalanan yang sangat banyak. Membantu memilihkan rute perjalanan untuk anak-anak dan pemula.

Fitur lainnya adalah bisa menciptakan rute mendaki yang dilengkapi GPS tracking, foto dan teks, dan membagikannya dengan pengguna lain.

3 dari 5 halaman

Viewranger dan SAS Survival Guide

3. Viewranger 

Aplikasi ini cukup populer untuk para pendaki gunung. Aplikasi ini akan bantu kamu untuk merencanakan pendakian, menavigasi perjalanan, merekam dan membagi perjalanan outdoor ke sesama pendaki gunung. Viewranger juga bisa membantu menemukan para pendaki yang tersesat karena sistem GPSnya.

4. SAS Survival Guide

Aplikasi ini memberikan sebuah panduan bagaimana agar para penjelajah dapat bertahan hidup ketika sedang berada di alam bebas. Panduan yang diberikan tidak hanya diperuntukkan bagi para penjelajah di pegunungan, melainkan juga di laut, gurun maupun perkotaan.

4 dari 5 halaman

First Aid by Red Cross dan Panorama 360 Camera

5. First Aid by Red Cross

Aplikasi ini memiliki fitur tentang informasi keamanan dan nasihat dari para profesional di setiap keadaan darurat. Aplikasi ini berisi video, diagram hingga kuis interaktif. 

6. Panorama 360 Camera

Aplikasi ini akan bantu kamu untuk memotret pemandangan dari puncak gunung atau pemandangan sekitar dalam bentuk kamera 360 derajat. Aplikasi ini akan menangkap gambar tampak depan, belakang, kanan dan kiri.

5 dari 5 halaman

Sky Map

7. Sky Map

Aplikasi ini cocok untuk yang suka mendaki gunung sekaligus hobi memandangi langit malam penuh bintang. Cukup arahkan kamera hp ke arah llangit di malam hari, maka Sky Map akan menunjukkan benda apa saja yang tertangkap oleh kamera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.