Sukses

5 Tips Pilih Smartphone Terjangkau dan Berkualitas

Liputan6.com, Jakarta - Memilih smartphone  baru rasanya itu sangat mudah dilakukan. Pasalnya, di zaman dengan perkembangan teknologi yang pesat seperti sekarang ini, sudah banyak varian smartphone  dari berbagai kelas. Mulai dari yang murah hingga mahal, semua tersedia dalam banyak pilihan.

Nah, agar budget tak terbuang sia-sia karena salah membeli smartphone, kamu perlu tahu bagaimana seluk beluk smartphone murah dengan kualitas jempolan.

Berikut tips memilih smartphone yang sesuai dengan kebutuhan, sebagaimana dikutip laman Brilio pada Jumat (4/1/2019).

2 dari 6 halaman

1. Pilih Smartphone Kelas Menengah

Maksud dari smartphone kelas menengah ke atas adalah smartphone yang harganya tidak terlalu murah, tetapi juga masih bisa terjangkau oleh orang-orang dengan budget lebih. Kisaran harga dimulai dari angka Rp 2 juta sampai Rp 3 jutaan.

Kenapa harus dari kelas mid-end? Sebab, dari segi spesifikasi, kualitas kelas menengah ke atas jelas jauh lebih baik daripada membeli di kelas pemula. 

Di samping itu, pilihan produk untuk smartphone kelas menengah ke atas lebih beragam, jadi kita punya kesempatan untuk memilih produk yang sesuai dengan lebih mudah.

 

3 dari 6 halaman

2. Perhatikan Chipset

Untuk masalah ini, kamu bisa membeli smartphone yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon yang sudah cukup umum di pasaran. 

Untuk serinya, disarankan untuk membeli dari seri Snapdragon 600 atau Snapdragon 400.

Snapdragon 600 merupakan chipset kelas menengah yang sudah banyak digunakan oleh banyak smartphone. Untuk produknya, kamu bisa membeli smartphone yang dibekali dengan chipset Snapdragon 625 dan Snapdragon 636.

Kedua chipset ini menawarkan kinerja yang apik dan mirip dengan flagship smartphone.

4 dari 6 halaman

3. Tentukan RAM

Ketika berbicara RAM, pemilihan smartphone terbaik harus disesuaikan dengan kapasitas ruang dan chipset yang disediakan.

Seperti halnya seri Qualcomm Snapdragon 400. Mengingat chipset ini ditujukan untuk smartphone kelas entry level, maka spesifikasi yang diusung tidaklah tinggi. Pilihan RAM yang cocok biasanya pada angka 2GB atau 3GB.

5 dari 6 halaman

4. Pilih Smartphone dengan Layar Lega

Kalau masalah layar, sekarang bisa dibilang sebagai eranya smartphone dengan layar besar di atas 6 inci. 

Namun, tak semua orang menyukai layar besar, karena mereka menganggap smartphone dengan layar kecil lebih fleksibel dan mudah dibawa.

Walau sebenarnya pemilihan RAM sifatnya sesuai selera, kami menyarankan kamu untuk membeli smartphone dengan layar minimal 5 inci. Selain layar di bawah itu sudah jarang, layar minimal 5 inci juga sudah lebih mudah dioperasikan.

6 dari 6 halaman

5. Tentukan Kamera

Jika kamu memiliki anggaran di kisaran Rp 2 juta hingga Rp 3 juta, kualitas kamera smartphone yang bisa didapat di kelas ini sudah cukup mumpuni untuk dipakai memotret dengan konvensional dan punya fitur yang cukup lengkap.

Bahkan, smartphone murah sekarang sudah banyak yang dilengkapi fitur dual kamera untuk meningkatkan hasil memotretnya. 

Bagi yang suka memutar video, disarankan untuk memilih smartphone yang kameranya sudah dilengkapi fitur OIS dan memperbolehkan video berkualitas 4K.

Reporter: Brilio

Sumber: Brilio.net

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Spesifikasi Oppo R17 Pro
Artikel Selanjutnya
Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi4i, Spek Tinggi Harga Rendah