Sukses

Kelebihan dan Kekurangan Samsung J1 Ace, Smartphone Entry Level

Liputan6.com, Jakarta Saat ini siapa sih yang nggak tahu Samsung? Tak cuma hadir untuk pengguna gadget kelas atas, vendor asal Korea Selatan ini juga menyiapkan perangkat khusus yang dirancang untuk menyasar kelas menengah ke bawah. Salah satunya dengan merilis Samsung J1 Ace. Meski sudah memiliki spesifikasi yang mumpuni, kelebihan dan kekurangan Samsung J1 Ace layak Anda simak sebelum memboyong perangkat ini. Samsung J1 Ace merupakan produk kelas low end smartphone besutan Samsung.

Samsung sendiri merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia dan telah beroperasi di 58 negara. Samsung didirikan oleh Lee Byung-chull pada tanggal 1 Maret 1938 di Daegu, Korea Selatan.

Menariknya, tak hanya soal peralatan elektronik saja, Samsung juga unggul di sektor smartphone. Ponsel keluaran mereka menjadi jawara dalam persaingan bursa pasar gadget. Dari pertama kali munculnya smartphone, Samsung terus menggebrak dunia dengan meluncurkan berbagai tipe ponsel untuk menggaet para konsumen dari berbagai lini.

Meski dikenal gencar mengeluarkan produk untuk kelas atas, Samsung juga tak lantas melupakan konsumen kelas menengah. Hal itu dibuktikannya dengan merilis smartphone untuk kelas entry level. Samsung J1 Ace salah satunya.

Samsung J1 Ace adalah budget smartphone yang memang ditujukan bagi pengguna entry level yang dirilis pada akhir Agustus 2015 lalu. Samsung J1 Ace hadir dengan segudang kelebihan dan kekurangan melalui spesifikasi yang mengusung dan melengkapinya.

Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (06/12/2018), kelebihan dan kekurangan Samsung J1 Ace. Kelebihan dan kekurangan Samsung J1 Ace wajib Anda simak jika hendak sebelum membeli ponsel ini.

2 dari 7 halaman

Kelebihan dan kekurangan Samsung J1 Ace dari segi desain

Kelebihan Samsung Galaxy J1 Ace hadir dengan desain yang sangat unik. Samsung J1 Ace tampil menggunakan rancangan yang menawan dengan bodi tipis dimana sisi-sisinya transparan laksana dibalut dengan lapisan kaca. Saat menggenggam pun sangat nyaman di telapak tangan sebab dimensi yang dibawanya cukup ringan yaitu 130.1 x 67.6 x 9.5mm dengan berat hanya 122 gram.

Samsung J1 Ace hadir dengan penampilan yang sangat mewah dan elegan yang didukung material metal alluminium alloy sebagai bahan dasar desainnya. Spesifikasi ini merupakan kelebihan dari Samsung J1 Ace yang patut diacungi jempol.

3 dari 7 halaman

Kelebihan dan kekurangan Samsung J1 Ace sektor Layar

Pada Samsung J1 Ace dibenamkan panel layar seluas 4,3 inch Super Amoled WVGA dengan resolusi 480 x 800 piksel. Kelebihan Samsung J1 Ace dengan layar tersebut adalah cukup nyaman bahkan mudah dioperasikan dengan satu tangan karena bentang layarnya tak terlalu luas.

Hanya saja, resolusi layarnya memang masih cukup rendah. Ini tentu merupakan kekurangan Samsung J1 Ace yang cukup menganggu pengguna. Pasalnya, kejernihan warna merupakan hal yang krusial untuk sebuah ponsel.

Kendati demikian, kelebihan Samsung Galaxy J1 Ace lainnya yaitu sudah didukung dengan teknologi layar Super AMOLED capacitive touchscreen serta mampu menciptakan hingga 16 juta warna. Dengan spesifikasi tersebut, sudah pasti ponsel ini mampu menyajikan warna yang lebih kaya, jernih sekaligus viewing angle yang lebar. Penggunaan di luar ruangan juga cukup menyenangkan sebab layar tetap terlihat dengan jelas.

Selain itu layar yang disematkan Samsung Galaxy J1 Ace juga sudah bersifat multitouch untuk mempermudah mengatur navigasi layar. Dengan harganya yang murah, spesifikasi ini merupakan kelebihan Samsung Galaxy J1 Ace yang mumpuni.

Sayangnya, kekurangan Samsung Galaxy J1 Ace masih bisa ditemukan pada layarnya. Kekurangan Samsung Galaxy J1 Ace yakni, layarnya tidak dilengkapi dengan pelindung layar. Sehingga masih rentan terhadap goresan dan benturan.

4 dari 7 halaman

Kelebihan dan kekurangan Samsung J1 Ace pada dapur Pacu

Kelebihan Samsung J1 Ace yakni performanya yang cukup mumpuni. Pasalnya, ponsel ini sudah dibekali prosesor quad-core ARM Cortex-A7 berkecepatan 1,3GHz, RAM 768MB, GPU Mali-T720MP, dan chipset Samsung Exynos 3475. Disandingkan dengan RAM ukuran 750 MB.

Meski sudah mengalami sedikit peningkatan dibanding pendahulunya, ukuran RAM tersebut merupakan kekurangan Samsung Galaxy J1 Ace. Dengan banderol harga Samsung Galaxy J1 Ace, seharusnya RAM yang dibekalkan ke ponsel Samsung Galaxy J1 Ace lebih besar agar kinerja Samsung Galaxy J1 Ace dapat bekerja lebih responsif.

Pendukung lain adalah memori onboard sebesar 4 GB yang masih dilengkapi slot ekspansi berupa kartu microSD yang bisa menggunakan maksimal 128 GB.

Pada sektor sistem operasi smartphone ini menawarkan Android 4.4.2 KitKat dengan balutan antarmuka TouchWiz Essence UI. Dapur pacu kelas menengah tersebut sesuai dengan harga Samsung J1 Ace yang murah.

5 dari 7 halaman

Kelebihan dan kekurangan Samsung J1 Ace dari sektor Kamera

Sisi kamera pun cukup ciamik mengingat kelasnya hanya sebagai ponsel pemula. Di belakang bodi Samsung J1 Ace bertengger sensor kamera utama sebesar 5 MP Aperture f/2.2s sehingga bisa menghasilkan gambar yang jernih pada tiap bidikannya. Kelebihan Samsung Galaxy J1 Ace sudah idukung dengan fitur LED Flash, CMOS dan juga zoom. Teknologi pada kamera utama ini merupakan kelebihan Samsung J1 Ace yang patut diapresiasi.

Kamera utama pun andal saat digunakan merekam video dengan kualitas HD 720p pada kecepatan 30 frame per detik.

Sayangnya, dari sektor fotografi ini masih ditemukan kekurangan Samsung J1 Ace. Mengusung kamera depan dengan sensor 2 MP, kelemahan ponsel ini adalah kamera depan masih minim LED flash yang kurang nyaman jika digunakan selfie di tempat yang redup cahaya.

 

6 dari 7 halaman

Kelebihan dan kekurangan Samsung J1 Ace pada fitur pendukung

Dengan harganya yang nggak bikin kantong bolong, pendukung konektivitas Samsung J1 Ace lumayan lengkap. Samsung j1 Ace hadir dengan adanya jaringan 3G dengan dual SIM, jaringan 4G LTE, Wi-Fi 802.11 b/g/n 2.4GHz, USB 2.0 dan Bluetooth v4.0 serta GPS. Spesifikasi ini merupakan kelebihan Samsung J1 Ace.

Untuk baterai telah diberikan daya yang cukup memadai yaitu ukuran 1900 mAh yang mampu memberikan kehidupan hingga 9 jam. Kekurangan Samsung J1 Ace dari segi baterai adalah belum adanya fitur fast charging. Sehingga proses pengisian daya membutuhkan waktu yang cukup lama.Kekurangan Samsung J1 Ace lainnya dari segi fitur pendukung adalah, ponsel ini belum dilengkapi dengan LED Notifikasi. Tak ada nya fitur LED Notifikasi ini akan berpengaruh pada tak adanya penanda saat ada pesan masuk.

7 dari 7 halaman

Kelebihan dan kekurangan Samsung J1 Ace

Kelebihan Samsung Galaxy J1 Ace

Dual SIM, jaringan 2G, jaringan 3G dan jaringan 4G

Luas layar 4.3 inches, multitouch

Teknologi layar Super AMOLED capacitive touchscreen, 16 M colors

Sistem operasi Android v4.4 KitKat

Prosesor Quad-core 1.2 GHz

Memori eksternal microSD, up to 128 GB

Dual kamera

Kamera utama 5 MP, HD 1280 x 720 pixel, LED Flash, CMOS, zoomKamera depan 2 MP, CMOS, Palm Selfie

Harga Samsung Galaxy J1 Ace terjangkau

 

Kekurangan Samsung J1 Ace

Layar Samsung Galaxy J1 Ace tidak dilengkapi dengan pelindung layar

Samsung Galaxy J1 Ace masih dibekali 750 MB RAM

Memori Internal hanya 4GB

Tidak ada fitur fast charging

Nah, itu tadi kelebihan dan kekurangan Samsung J1 Ace. Keunggulan dan kelemahannya patut menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli ponsel ini.