Sukses

Google Rilis Ponsel Rp 99 Ribu untuk Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Untuk pertama kalinya, Google meluncurkan ponsel buatan anak negeri. Menariknya, ponsel bernama Wizphone ini sudah dilengkapi dengan Google Assistant dan rencananya akan dibanderol Rp 99 ribu.

Bekerja sama dengan WizPhone dan Alfamart, ponsel ini menggunakan teknologi KaiOS, sistem operasi ponsel ringan yang menghadirkan aplikasi dan layanan canggih di dalam ponsel kelas menengah.

"Smartphone kan sudah banyak ya, tapi tidak semua orang dapat membelinya, kesenjangan ini cukup besar. WizPhone harganya terjangkau dan penggunaannya juga jauh lebih mudah," kata Managing Director Google Indonesia Randy Mandrawan Jusuf dalam acara Google For Indonesia di Jakarta, Selasa (4/12/2018).

Ponsel ini memiliki bentuk candy bar dan ditenagai prosesor Qualcomm 8905 dengan RAM 512MB, penyimpanan internal 4GB, dan baterai 1.800 mAh dengan waktu standy by 350 jam.

2 dari 4 halaman

Dijual di Alfamart

Adapun dengan segmentasi kelas menengah, Randy mengungkapkan, Wizphone akan dipasarkan melalui toko-toko Alfamart di seluruh Indonesia.

"WizPhone yang dilengkapi Asisten Google ini akan diluncurkan melalui toko-toko Alfamart di seluruh Indonesia, dengan harga hanya Rp 99.000 saja," ungkapnya.

Meski begitu, ia belum mengumumkan kapan pastinya WizPhone ini akan dipasarkan di Indonesia.

Sebagai informasi, pada acara tahunan Google For Indonesia ketiganya ini, Google mengumumkan berbagai produk dan fitur baru seperti Jobs on Google Search, Google Go, dan Asisten Google di WizPhone, ponsel kelas menengah pertama buatan Indonesia yang sudah dilengkapi dengan Asisten Google.

3 dari 4 halaman

Google Targetkan 1 Juta UKM Terampil Digital

Google terus berupaya memajukan perekonomian Indonesia untuk melek teknologi di tahun-tahun mendatang. Salah satu program yang digenjot perusahaan adalah melalui program pelatihan keterampilan digital.

Managing Director Google Indonesia Randy Mandrawan Jusuf mengatakan, sejak 2015 hingga hari ini, perusahaan telah melatih sebanyak satu juta usaha kecil menengah (UKM) untuk melek teknologi.

Perseroan kini menargetkan satu juta UKM dapat terlatih terampil digital hingga 2020.

"Pada hari ini kami mengumumkan komitmen baru untuk melatih satu juta lagi UKM hingga 2020. Dengan lebih dari 50 persen populasinya memiliki akses internet, dan bangkitnya startup Indonesia, negara ini sedang berancang-ancang untuk menjadi kekuatan digital yang besar," ucapnya dalam acara Google for Indonesia di Jakarta, Selasa (4/11/2018).

Sementara Head of Marketing Google Indonesia, Veronica menjelaskan, setiap orang di Indonesia harus memiliki kesempatan untuk menggunakan internet secara optimal.

4 dari 4 halaman

Optimalkan Keberadaan UKM

Adapun pada acara tahunan Google For Indonesia ketiga ini, Google mengumumkan berbagai produk dan kemitraan yang akan membantu masyarakat Indonesia dalam ekonomi digital.

Produk-produk itu antara lain Jobs on Google Search, Google Go, dan Asisten Google di WizPhone yaitu ponsel kelas menengah pertama buatan Indonesia yang sudah dilengkapi dengan Asisten Google.

(Bawono Yadika Tulus/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Artikel Selanjutnya
Google Targetkan 1 Juta UKM Terampil Digital pada 2020
Artikel Selanjutnya
Berjasa Saat Perang Dunia I, Sosok Perawat Wanita Ini Muncul di Google Doodle