Sukses

Main Zepeto Berbahaya, Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi Zepeto besutan Snow Corporation dan Naver Corp sedang viral di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Namun di tengah popularitasnya, ada rumor yang menyebut bahwa aplikasi ini berbahaya karena bisa mengintai penggunanya.

Mengutip laman Newsweek, Jumat (30/11/2018), banyak pengguna khawatir Zepeto akan melacak mereka tanpa izin. Akibat rumor itu, tak sedikit pengguna yang mulai menghapus aplikasi ini dari smartphone-nya.

Pun demikian, tampaknya tidak ada bukti konkret kalau Zepeto benar-benar melacak pengguna. PopBuzz melaporkan rumor itu dimulai dari obrolan grup chat dan dengan cepat menyebar ke seluruh dunia.

Pengguna mengklaim jika kita menempelkan smartphone ke telinga saat aplikasi sedang aktif, kita akan mendengar suara dengung, yang berarti ada sesuatu mencurigakan.

Untuk diketahui, Zepeto tidak menanyakan lokasi kamu saat pertama kali mengakses aplikasi. Kesimpulannya, aplikasi ini tidak akan mengetahui di mana kamu berada.

 

2 dari 4 halaman

Tanggapan Snow Corporation

Dikutip dari PiunikaWeb, perusahaan telah membantah isu tersebut dan menegaskan tidak melacak, atau merekam aktivitas apa pun yang terjadi di dalam aplikasi Zepeto.

"Kami memastikan bahwa tidak ada pelacakan, atau aktivitas pelacakan apa pun terhadap seseorang atau obyek apa pun yang terjadi di aplikasi Zepeto. Kami hanya memakai mikrofon ketika pengguna merekam video menggunakan kamera di dalam aplikasi untuk melakukan tangkapan layar di video," demikian penjelasan Snow Corporation.

 

3 dari 4 halaman

Cara Bikin Avatar Zepeto

Pengguna media sosial tengah asyik membagikan foto karakter animasi 3D menggemaskan mirip The Sims yang bisa disesuaikan dengan keinginan si pemilik.

Bagi yang bertanya-tanya apa aplikasi yang bisa membuat karakter animasi 3D tersebut, nama aplikasinya adalah Zepeto. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Google Play maupun App Store.

Lantas, bagaimana membuat karakter animasi 3D Zepeto yang menggemaskan?

1. Kamu bisa login menggunakan Facebook, Twitter, WeChat, atau alamat email.

2. Setelah masuk, kamu akan diminta memilih gender dari karakter animasi tersebut.

Membuat karakter animasi 3D Zepeto (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

3. Kamu bisa memotret wajah kamu. Nah, foto wajahmu kemudian akan diubah menjadi karakter animasi dengan pakaian standar.

4.Kamu bisa mengubah bentuk wajah, bibir, rambut, mata, alis, hidung, hingga make up sesuai keinginan kamu.

Membuat karakter animasi 3D Zepeto (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

4 dari 4 halaman

Pilih Baju yang Sesuai Karakter

5. Selanjutnya kamu bisa memilih baju apa yang ingin dipakai oleh karakter 3D kamu. Baju standar yang diberikan oleh aplikasi adalah kaos putih dan celana pendek warna biru. Namun, itu bisa diubah dengan cara membelinya.

Tak perlu khawatir jika kamu tak memiliki koin untuk membeli pakaian, sebab Zepeto memberikan saldo awal sebesar 2.000 dan gift sebesar 2.000 sehingga kamu bisa membeli pakaian yang kamu suka.

Membuat karakter animasi 3D Zepeto (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

6. Kamu bisa berteman dengan teman-teman lainnya. Caranya dengan masukkan kode enam angka di bawah nama Zepeto kamu atau teman.

Membuat karakter animasi 3D Zepeto (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Loading