Sukses

Browser Firefox Kembali Tingkatkan Keamanan Data Pengguna

Firefox akan memberikan notifikasi langsung kepada pengguna jika situs web yang dikunjung mengalami gangguan keamanan.

Liputan6.com, Jakarta - Firefox melanjutkan peningkatan layanan Firefox Monitor. Browser besutan Mozilla itu akan memberikan notifikasi langsung kepada pengguna jika situs web yang dikunjung mengalami gangguan keamanan.

Dikutip dari Softpedia, Sabtu (17/11/2018), pemberituhan baru ini disampaikan melalui layanan Firefox Monitor yang menggunakan platform milik Troy Hunt, Have I Been Pwned (HIBP).

Platform yang sama sebelumnya juga membantu para pengguna Firefox menemukan jika akun email mereka menjadi bagian dari pelanggaran data.

HIBP merupakan layanan yang dapat digunakan para pengguna internet untuk memeriksa, apakah data pribadi mereka menjadi korban pelanggaran atau tidak.

Firefox Monitor (Foto: screenshot via Softpedia)

Lebih lanjut, layanan Firefox Monitor akan memberitahu pengguna ketika situs web yang dikunjungi mengalami masalah pelanggaran data. Hal ini akan disampaikan melalui notifikasi.

Fitur ini pun akan dirilis ke lebih banyak pengguna Firefox Quantumm selama beberapa pekan mendatang.

"Jika pengguna tidak pernah melihat pemberitahuan pelanggaran sebelumnya, Firefox menunjukkan peringatan ketika pengguna mengunjungi situs bermasalah yang ditambahkan ke HIBP dalam waktu 12 bulan belakang," jelas Mozilla dalam keterangannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Notifikasi Bisa Dinonaktifkan

Pengguna yang merasa terganggu dengan notifikasi tersebut, maka bisa menonaktifkannya. Mozilla memberikan mekanisme sederhana untuk melakukannya dengan cara meng-klik ikon tanda panah pada notifikasi saat pertama kali muncul dan pilih "never show Firefox Monitor alerts."

Peringatan pelanggaran data akan menampilkan rincian pelanggaran keamanan situs web. Selain itu, pengguna bisa dengan cepat menggunakan layanan Firefox Monitor untuk mencari tahu apakah akun email-nya telah disusupi hacker atau menjadi bagian dari pelanggaran data.

Untuk melihat apakah email telah menjadi bagian dari pelanggaran data menggunakan Firefox Monitor, pengguna harus mengakses monitor.firefox.com dan memasukkan alamat email. Kemudian, Firefox Monitor akan menjelajahi database HIBP untuk mencocokkannya.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.