Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S8, Smartphone Premium Kaya Fitur Canggih

Liputan6.com, Jakarta Samsung merilis smartphone flagship terbaru, Galaxy S8 pada Maret 2017 di New York Amerika Serikat. Dibandingkan smartphone lain di seri S, kehadiran Samsung Galaxy S8 mengusung inovasi baru yakni desain Infinity Display yang begitu dibanggakan vendor asal Korea Selatan itu. Galaxy S8 berisi penyempurnaan perangkat keras dan perubahan desain yang lebih besar dibanding pendahulunya, Galaxy S7 dan S7 Edge. Tak heran harga Samsung Galaxy S8 ini pun lebih mahal dari seri sebelumnya. 

Jika vendor lain berbondong-bondong menghadirkan fitur kamera ganda, Samsung tak mau sebatas itu. Pemimpin pasar global untuk smartphone Android ini justru menyiapkan amunisi lain dalam Samsung Galaxy S8. Misalnya saja desain, asisten pintar Bixby, user interface yang segar tanpa tombol Home dan opsi menu, inovasi fitur pengaman biometrik, dan kinerja multitasking yang ditopang prosesor Exynos 8895 (dengan proses 10nm, sekelas Snapdragon 835) dan dipadukan RAM 4GB. Dengan spesifikasi yang serba canggih, tak heran jika harga Samsung Galaxy S8 cukup mahal. Meskipun harganya mahal, namun Samsung Galaxy S8 ini menjadi salah satu smartphone flagship yang pantas dibeli.

Kepopuleran Galaxy S8 juga tak lepas dari nama besar Samsung. Produk-produk keluaran mereka telah diakui dunia. Termasuk Galaxy S8 ini. Penasaran dengan spesifikasi dan harga Samsung Galaxy S8 ini? Yuk simak ulasan Liputan6.com yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

2 dari 6 halaman

Desain dan tampilan

Aspek paling menonjol dari Samsung S8 adalah 'wajah' barunya yang mengusung layar hampir tanpa bezel yang sudah jadi tren di smartphone terbaru. Desain Galaxy S8 mengusung Infinity Display. Rasanya tak berlebihan jika desain inovatif ini begitu memanjakan pengguna. Bagaimana tidak, smartphone ini tak terlihat seperti smartphone lain dengan ukuran sejenis. Dengan lengkungan layar di sisi kanan dan kiri, smartphone ini begitu nyaman saat digenggam, bahkan oleh pemilik telapak tangan kecil. Ukurannya tak terlalu lebar tapi juga tidak terlalu kecil. Melihat spesifikasi desain ponsel ini, tak heran jika harga Samsung Galaxy S8 cukup mahal.

Selain itu, dihilangkannya tombol Home pada smartphone ini juga membuat desain Galaxy S8 jadi makin indah dan berbeda dibanding pendahulunya. Walau tampil tanpa tombol Home, Samsung tetap menghadirkan tombol-tombol lainnya. Misalnya tombol kunci/ Power yang ada di sisi kanan, tombol volume di sisi kiri, dan satu buah tombol Bixby di bawah tombol volume.

Masih di bagian muka, Samsung menghadirkan sebuah sensor biometrik iris scanner, sebuah kamera depan serta sebuah earpiece untuk mendengar percakapan telepon. Sementara, di sisi atas smartphone hanya ada SIM tray yang dibuka dengan ejector, di dalamnya bisa memuat dua kartu SIM atau satu kartu SIM dan satu kartu micro SD.

Kemudian, di sisi bawah Galaxy S8, Samsung tetap menghadirkan audio jack 3,5mm, port USB tipe C, dan speaker. Beralih ke bodi belakang, Samsung menghadirkan kamera utama lengkap dengan LED flash serta panel pemindai sidik jari secara horizontal. Fingerprint scanner pada Galaxy S8 mampu digunakan untuk membuka notifikasi.

Dengan harga Samsung Galaxy S8 yang tinggi, pantas jika smartphone ini mengusung layar berpanel Super AMOLED berukuran 5.8 inci beresolusi Quad HD Plus atau 2960x1440. Dengan resolusi tersebut warna yang ditampilkan bisa terlihat tajam dan jernih. Layar dengan rasio 18,5:9 tersebut sudah dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 5, dan lengkung di kedua sisinya sehingga membuat layarnya memenuhi bagian depan smartphone.

3 dari 6 halaman

Dapur pacu

Dengan harga Samsung Galaxy S8 yang menyasar kalangan menengah ke atas, performa smartphone ini merupakan salah satu sektor yang sangat diperhatikan. Samsung Galaxy S8 mengusung dua chipset untuk flagship ini, yakni Qualcomm snapdragon 835 untuk pasar Amerika Serikat, serta Samsung Exynos 8895 untuk seluruh dunia. Prosesor tersebut dipadu dengan RAM 4GB dan storage 64GB. Namun jika pengguna merasa kurang, bisa mengekspansi dengan kartu micro SD hingga 256GB. Secara keseluruhan saat dipakai untuk pemakaian normal, Galaxy S8 bisa dibilang sangat cepat dan anti nge-lag.

Snapdragon 835 sendiri mengusung 10-nanometer desain yang menjanjikan efisiensi baterai yang lebih baik dari sebelumnya. Sementara itu, untuk menunjang performa yang tangguh, smartphone ini dibekali baterai yang cukup besar yakni 3.000mAh.

4 dari 6 halaman

Kamera

Aspek kamera mungkin adalah aspek yang tidak mendapat perubahan tertentu dari apa yang ditawarkan generasi flagship Samsung sebelumnya. Galaxy S8 mengusung kamera belakang sebesar 12MP dengan bukaan f/1.7 serta fitur Phase Detection Autofocus, OIS, dan LED Flash. Samsung mengklaim bahwa kemampuan memproses gambar di kamera Galaxy S8 mengalami peningkatan. Samsung menjanjikan hasil foto kamera utamanya fokus dan menakjubkan. Kamera ini masih mengusung teknologi Dual Pixel yang membuat autofokus jadi makin cepat dan presisi.

Sementara kamera depan menggunakan sensor 8MP. Selain itu telah ditambahkan juga fitur face-detection autofocus. Samsung sendiri menjanjikan software yang lebih baik untuk segi kamera, dengan built-in HDR mode yang membuat performa low-light makin baik. Ditambah lagi fitur auto filter inovatif yang membuat selfie makin menyenangkan.

5 dari 6 halaman

Fitur pendukung

Samsung Galaxy S8 sudah dibekali dengan sertifikat IP68 yang membuktikan bahwa smartphone ini telah terhadap debu dan air hingga kedalaman maksimal 1,5 meter dengan waktu yang mencapai 30 menit.

Serba canggih, smartphone ini juga telah dibekali dengan sensor biometrik yang cukup banyak, mulai dari pemindai wajah, pemindai retina mata, pengukur detak jantung.

Selain itu, pada Samsung Galaxy S8 ini telah disematkan asisten virtual Bixby yang terus dikembangkan. Dengan hadirnya Bixby ini dapat memudahkan penggunanya dalam mengakses smartphone setiap harinya. Samsung mengklaim bahwa Bixby dibekali dengan kecerdasan buatan yang akan memberikan kemudahan dari penggunanya. Melihat spesifikasi yang disematkan pada smartphone ini cukup pantas jika harga Samsung Galaxy S8 cukup menguras kantong.

Fitur lainnya yang cukup menarik lainnya adalah membuat Samsung Galaxy S8 bisa menjadi layaknya komputer desktop dengan menggunakan dock khusus yang bernama Samsung DeX Station. Nantinya Station ini akan menyambungkan tampilan Galaxy S8 ke monitor dan bisa difungsikan layaknya komputer dengan keyboard maupun mouse.

6 dari 6 halaman

Harga Samsung Galaxy S8

Samsung Galaxy S8 menunjukkan kebangkitan Samsung setelah sempat gagal karena Galaxy Note 7 sebelumnya. Dengan Galaxy S8, Samsung membuktikan kalau produknya layak bersaing dengan smartphone dari vendor lainnya di kelas premium, dan berkesempatan menjadi salah satu smartphone terbaik di tahun ini. Secara keseluruhan, Galaxy S8 memang sempurna sebagai smartphone flagship. Menengok spesifikasinya yang serba canggih, tak heran jika banderol harga Samsung Galaxy S8 cukup tinggi. Namun, ada kabar gembira nih buat kamu yang sudah lama mengincar smartphone satu ini. Pasalnya, dengan hadirnya produk Samsung seri terabru, harga Samsung Galaxy S8 mengalami sedikit penurunan. Harga Samsung Galaxy S8 baru saat ini berkisar di angka Rp 8,9 jutaan – Rp 9 jutaan, sementara harga Samsung Galaxy S8 bekas sekitar Rp 4,7 jutaan – Rp 5 jutaan.

Loading