Sukses

Harga iPhone SE 16GB, 32 GB, dan 64 GB Bekas, Smartphone Layar Kecil Spesifikasi Tangguh

Liputan6.com, Jakarta iPhone SE merupakan wajah lama dari iPhone 5s dengan jeroan yang telah diperbarui. Keputusan itu diambil Apple untuk mengikuti banyaknya konsumen yang menginginkan smartphone dengan ukuran yang lebih kecil. iPhone SE diperkenalkan oleh Apple pada 21 Maret 2016 lalu dan disebut-sebut sebagai perpaduan produk iPhone 5S dan iPhone 6S.

iPhone merupakan salah satu smartphone papan atas yang banyak diminati. Sejak peluncurannya pada tahun 2007 silam, Apple telah menghadirkan 11 generasi baru dari iPhone dengan sederet inovasi yang menggebrak pasar ponsel dunia. Inovasi itu berupa desain, fitur, hingga ukuran layar. Berbagai inovasi inilah yang akhirnya membuat iPhone jadi trendsetter di industri smartphone.

Nama brand Apple yang sudah terkenal sebagai brand produk teknologi mewah membuat banyak orang suka menggunakan produk iPhone, termasukk iPhone SE. Selain itu, spesifikasi yang mumpuni dan harga iPhone SE yang kini semakin turun pun menjadi daya tarik tersendiri. Sayangnya, peluncuran trio iPhone terbaru, iPhone XS, XS Max, dan XR, ternyata harus membuat Apple menyetop produksi iPhone SE. Namun kamu masih bisa mendapatkan ponsel ini dalam kondisi secondnya, yang tentu saja harga iPhone SE bekas tersebut sudah lebih murah.

Sebelum mengecek harga iPhone SE second terbaru, yuk simak seperti apa sih spesifikasi iPhone SE lewat rangkuman Liputan6.com, Rabu (14/11/2018) dari berbagai sumber berikut ini.

2 dari 7 halaman

Desain dan layar

Penampilan luar iPhone Se ibarat pinang dibelah dua dengan iPhone 5S, dengan bentang layar 4 inci, bagian pinggir bergaris tegas, serta pemindai sidik jari yang menyatu dengan tombol home. Bodinya yang tipis memiliki dimensi panjang, lebar dan tebal 123.8 x 58.6 x 7.6 mm. Selain itu ponsel ini juga nyaman digenggam karena beratnya hanya 113 gram. iPhone SE tersedia dalam 4 varian warna yaitu Gray, Silver, Gold dan Rose Gold.

Apple iPhone SE dilengkapi dengan layar berukuran 4 inchi berteknologi LED-Backlit IPS LCD capacitive touchscreen, dan kecerahan layar sebanyak 16M colors. Layar iPhone SE memiliki resolusi 640 x 1136 pixel dan kerapatan layar 326 ppi (pixel per inchi). Sayangnya, tidak terdapat lapisan perlindungan pada layar iPhone SE, sehingga rawan terhadap goresan.

3 dari 7 halaman

Dapur pacu

Smartphone ini mengusung chipset Apple A9 yang didalamnya memiliki processor Dual Core. Walaupun clock speednya lebih rendah dibandingkan processor yang dipakai smartphone Android, namun kinerjanya luar biasa cepat dan sanggup menjalankan semua fitur, aplikasi, serta game dengan lancar. Hal ini tak lepas dari pemakaian sistem operasi iOS yang dikenal sebagai sistem operasi mobile terbaik saat ini. Banyak orang yang mencintai iOS karena alasan lebih simple dan berjalan sangat smooth, walaupun dipakai smartphone berprocessor Dual Core.

Dapur pacu powerfull yang diusung iPhone SE membuatnya bisa disetarkan dengan iPhone 6s. Pasalnya, iPhone SE ini membawa dapur pacu setara iPhone 6s yang mengandalkan chipset Apple A9 dengan processor Dual-core 1.84 GHz Twister di dalamnya. Selain itu, iPhone SE juga dilengkapi pengolahan grafis PowerVR GT7600 serta mengusung Ram berkapasitas 2GB, sehingga performanya mampu menyamai iPhone 6s, hanya saja ukuran layarnya lebih kecil.

Pada bagian software, sudah ada sistem operasi iOS 9.3 yang akan terus mendapatkan pembaharuan sistem operasi selama spesifikasi hardwarenya memenuhi. Tak ketinggalan berbagai fitur iOS seperti Siri, iCloud, dan iTunes sudah ada didalam smartphone berlayar 4 inci ini. Sayangnya Apple tak melengkapinya dengan fitur 3D Touch yang menjadi andalan iPhone 6s dan 6s Plus.

Smartphone ini tidak memiliki slot penyimpanan eksternal seperti halnya varian iPhone yang lain karena itu pengguna tidak dapat meningkatkan kapasitas penyimpananya. Apple memasarkan iPhone SE dalam varian 16GB, 32 GB dan 64GB. Harga iPhone SE pun bervariasi tergantung besaran memori internalnya. Namun harga iPhone SE cukup terjangkau dan lebih murah dibandingkan iPhone 6s.

Pada sektor daya, iPhone SE dibekali dengan baterai berkapasitas 1624 mAh. Baterai berjenis Lithium Polimer ini berjenis non-removable. Apple mengklaim iPhone SE bisa dipakai browsing selama 13 jam bila memakai koneksi WiFi dan LTE.

4 dari 7 halaman

Kamera

Tak hanya urusan performa, smartphone ini juga memiliki kamera canggih yang bisa merekam video beresolusi 4K dan video slow motion beresolusi 720p@120fps. Untuk urusan memotret, iPhone SE dibekali dengan kamera beresolusi 12 MP (f/2.2, 29mm, 1/3″, 1.22 µm) lengkap dengan autofocus dan LED flash. Kamera utama ini dapat menghasilkan video dengan kualitas 2160p @30fps, 1080p @30/60fps, 1080p @120fps dan 720p @240fps. Spesifikasi ini tentu sesuai dengan harga iPhone SE yang cukup bersahabat di kantong.

Sementara pada bagian depan terdapat kamera dengan resolusi 1.2 MP (f/2.4, 31mm). Kamera sekunder ini dapat menghasilkan video dengan kualitas 720p @30fps.

5 dari 7 halaman

Konektivitas

Apple iPhone SE sudah mendukung konektivitas data di jaringan 2G, 3G dan 4G LTE dengan kecepatan datanya adalah HSPA, LTE Cat4 download/upload 150/50 Mbps. Untuk komunikasi dengan perangkat lain, iPhone SE sudah di lengkapi dengan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth v. 4.2 A2DP, NFC dan port microUSB 2.0.

6 dari 7 halaman

Fitur pendukung

Smartphone ini juga dibekali berbagai fitur canggih, seperti Fingerprint Sensor, dan asisten pribadi Siri. Ponsel ini juga merupakan produk iPhone terakhir yang mengusung lubang headphone jack 3,5 mm. Menariknya lagi, harga iPhone SE dibanderol lebih murah dibandingkan iPhone 6s.

7 dari 7 halaman

Harga iPhone SE

Harga iPhone SE dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. iPhone SE diklaim menjadi smartphone termurah Apple. Harga iPhone SE second di tahun 2018 ini cukup bervariasi tergantung kapasitas memori internalnya. Harga iPhone SE 16 GB bekas saat ini berkisar Rp 1,8 jutaan - Rp 2,5 jutaan. Sementara itu harga iPhone SE 32 GB bekas sekitar Rp 2,7 jutaan - Rp 3 jutaan. Jika kamu menginginkan memori yang lebih besar bisa memboyong iphone SE 64 GB bekas yang saat ini harganya berkisar Rp 2,8 jutaan - 3,5 jutaan. Harga iPhone SE tersbeut bisa berbeda-beda tergantung toko, daerah dan kondisi ponselnya.