Sukses

Galaxy S10 Tak Punya Fitur Iris Scanner?

Liputan6.com, Jakarta - Fitur keamanan iris scanner jadi salah satu fitur penting dalam flagship smartphone besutan Samsung. Dimulai dari Galaxy Note 7, fitur ini tidak pernah absen pada seri Galaxy Note dan S setelahnya, setidaknya hingga yang terbaru di Galaxy Note 9.

Namun tampaknya, fitur iris scanner bakal berhenti di Galaxy Note 9. Demikian seperti diberitakan dalam laporan terbaru yang laman BGR yang Tekno Liputan6.com kutip, Senin (5/11/2018).

Dalam laporan ETNews, dihilangkannya fitur iris scanner ini merupakan bentuk pengorbanan yang mesti dilakukan karena perusahaan bermaksud menghadirkan fitur keamanan lain, yakni sensor sidik jari ultrasonik di layar.

Kabarnya, dari tiga tipe Galaxy S10 yang dikembangkan Samsung, dua di antaranya akan kebagian fitur fingerprint ultrasonik.

Model Galaxy S10 yang paling murah kemungkinan memiliki fingerprint di layar, atau setidaknya tombol sidik jari di sisi smartphone.

Sekadar informasi, sensor ultrasonik di fingerprint Samsung dibesut oleh Qualcomm sehingga bakal lebih cepat dan aman dibandingkan yang tersemat pada smartphone merek lainnya.

Sementara itu, sistem pengenalan wajah milik Samsung hingga saat ini dianggap belum seaman Face ID milik Apple ataupun pemindai sidik jari.

2 dari 3 halaman

Hilangkan Iris Scanner Demi Layar Bezeless

Bicara iris scanner, ketiadaannya pada flagship smartphone Samsung memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan ukuran layar Infinity Display tanpa harus meningkatkan ukuran bodi smartphone.

Dalam laporan sebelumnya, Bloomberg menyebut, Galaxy S10 akan memiliki tampilan layar yang lebih luas, dengan bezel yang lebih tipis. Selain itu, baru-baru ini ada kabar Samsung akan merilis Galaxy A8s dengan layar mirip dengan konsep Galaxy S10 di atas.

Layar tersebut diharapkan akan digunakan pada Galaxy S10, dalam hal ini memiliki sebuah lubang tempat kamera selfie.

Dihilangkannya iris scanner juga merupakan langkah yang diperlukan Samsung untuk membuat desain layar lebih minim bezel. Pasalnya, komponen iris scanner mengambil terlalu banyak ruang di bagian atas smartpone.

3 dari 3 halaman

Tampilan Galaxy S10

Sebelumnya, beredar gambar render penampakan Galaxy S10 yang hadir tanpa bezel.

Gambar render flagship smartphone Samsung terbaru ini, dibuat oleh desainer konsep Ben Geskin. Ia merancangnya dari sejumlah rumor yang sebelumnya sudah ramai beredar di internet.

Perangkat ini hadir dengan bezel bawah dan atas yang sangat tipis, bahkan nyaris tidak ada bezel.

Dibandingkan dengan pendahulunya, yakni Galaxy S9 dan Galaxy S10 dalam render digambarkan sebagai perangkat yang sangat minim bezel.

Gambar render Galaxy S10 (Foto: Twitter @VenyaGeskin1)

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Pocket Lint, Selasa (30/10/2018), terdapat juga fingerprint di layar (in-display fingerprint scanner) yang terlihat dari ikon fingerprint di layar. Kemudian, kamera utamanya memiliki 3 lensa.

Dibandingkan pendahulunya, teknologi terbaru yang paling signifikan, sebagaimana dilaporkan Bloomberg adalah kamera depan yang terletak di layar.

Jika merujuk gambar render tersebut, artinya tak bakal ada notch di Galaxy S10.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Samsung Galaxy S11 Pakai Teknologi Layar SAMOLED, Apa Itu?
Artikel Selanjutnya
Begini Cara Ubah Pengaturan Tombol Bixby di Seri Galaxy S10