Sukses

Review Xiaomi Mi A2: Unggul di Performa dan Kamera, Minus di Kapasitas ROM

Liputan6.com, Jakarta - Tahun lalu, Xiaomi membuat smartphone Android One pertamanya. Bekerjasama dengan Google, Mi A1 hadir sebagai jawaban bagi pecinta perangkat Xiaomi yang ingin mencicipi sistem operasi Android Stock buatan Google.

Setahun berlalu, perusahaan yang berbasis di Tiongkok tersebut kembali meluncurkan seri Android One terbaru, yakni Xiaomi Mi A2.

Diumumkan di kota Madrid, Spanyol pada 24 Juli 2018, Mi A2 menandai kedatangan perangkat ber-OS Android Stock ini di pasar smartphone dunia, khususnya di Indonesia.

Sudah resmi dijual pada 27 September 2018 di Tanah Air, tim Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk menjajal Xiaomi Mi A2 yang mampir ke meja redaksi.

Sebagai informasi, Mi A2 yang kami pegang merupakan varian warna Gold dengan RAM 4GB/64GB.

Kelengkapan Aksesoris di Dalam Boks

Seperti seri sebelumnya, Mi A2 menggunakan OS Android One dengan stock build Android Oreo 8.1, dan tanpa aplikasi bloatware yang sering kamu jumpai di smartphone buatan vendor lainnya.

Ketika membuka boks, kamu akan menemukan sebuah smartphone Mi A2, kepala charger, kabel USB Type-C, kasing silikon, dan sebuah earphone 3,5mm (lengkap dengan adapter Type C-nya).

2 dari 5 halaman

Bodi Mi A2

Bagi kamu yang mengikuti berita peluncuran smartphone Xiaomi, pasti sudah tidak asing lagi dengan bodi Mi A2. Yup, perangkat baru perusahaan ini memang memiliki bodi yang mirip dengan Mi 6X--diungkap sebelumnya di Tiongkok.

Mi A2 memiliki bentuk yang ramping dengan bagian belakang melengkung, terdapat sensor sidik jari, dua kamera utama serta ada logo Mi dan Android One.

Di bagian depan, kamu akan menemukan layar IPS FHD+ 5,99 inci dengan aspek rasio 18:9. Agar tahan goresan dan benturan, Xiaomi melapisi layar smartphone dengan Gorilla Glass 5.

Pada bagian bawahnya, kamu akan menemukan port USB Type C dan sebuah speaker. Sementara tombol power dan volume-nya terletak di sisi bagian kanan.

Di sisi berseberangan, kamu akan menemukan sebuah slot dual-SIM. Jika diperhatikan di bagian atasnya, tampak sensor IR (infra red atau infra merah).

3 dari 5 halaman

Performa Mi A2

Di kategori hardware, Xiaomi menyertakan prosesor tangguh besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 660. Dikombinasikan dengan Android stock dan RAM 4GB, Mi A2 menawarkan peforma yang mulus saat digunakan menjalankan beragam aplikasi.

Dari pengalaman singkat Tekno Liputan6.com, Mi A2 mampu menunjang penggunaan sehari-hari, seperti memotret, merekam video, bermain gim, dan chatting di berbagai aplikasi olah pesan atau media sosial.

Dalam hal penyimpanan, Mi A2 hanya menawarkan kapasitas sebesar 64GB. Perlu diingat, perusahaan tidak menyertakan slot microSD yang dapat digunakan untuk memperluas kapasitas storage di dalam smartphone.

Mendukung performa smartphone dalam keseharian, Mi A2 mengusung baterai berkapasitas 3.010mAh--lebih kecil dari Mi A1 yang memiliki baterai 3.080mAh.

Walau lebih kecil dari seri sebelumnya, Mi A2 bisa bertahan lebih lama dan optimal berkat tak banyak aplikasi bawaan (bloatware) dan kemampuan Snapdragon 660.

 

4 dari 5 halaman

Kemampuan Kamera

Mi A2 tampil dengan dual camera utama berkemampuan 20MP dan 12MP, di mana masing-masing lensa kamera menggunakan sensor buatan Sony, yakni IMX486 dan IMX376.

Bagi pecinta selfie, Mi A2 tampil dengan kamera berkemampuan 20MP disertai dengan sensor Sony IMX376.

Seperti smartphone yang ada di pasaran saat ini, kamu akan menemukan modus portrait ketika menggunakan kamera belakang atau pun depan.

Menariknya, ketika kami menggunakan modus portrait, kamera belakang smartphone secara otomatis beralih ke sensor 20MP ketika kondisi cahaya minim.

Bagi kamu yang ingin bereksperimen dengan beragam menu kamera atau kemampuan untuk memilik sensor 12MP atau 20MP secara manual, bisa menggunakan modus manual.

Untuk diketahui, Mi A2 memiliki kemampuan untuk merekam video berformat 4K, time lapse, dan slow-mo. Cukup menarik bukan?

Berikut adalah beberapa hasil foto dan video yang diambil menggunakan Xiaomi Mi A2. 

5 dari 5 halaman

Kesimpulan

Bagi kamu yang ingin mencari smartphone ber-OS Android Stock namun memiliki budget terbatas, Mi A2 ini dapat menjadi pilihan.

Tak hanya menawarkan OS ter-update milik Google, Xiaomi memastikan smartphone Android One terbarunya ini tampil dengan hardware yang mumpuni.

Walau hanya menggunakan Snapdragon 660 dan RAM 4GB, kami merasa aplikasi dan gim yang terinstal di dalam smartphone dapat beroperasi dengan mulus.

Bagi yang suka fotografi, Mi A2 menawarkan kamera yang cukup mumpuni, baik ketika digunakan pada kondisi cahaya terang ataupun minim.

Sayang, meski memiliki beberapa keunggulan seri ini juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah media penyimpanan.

Xiaomi Mi A2 tidak menyediakan slot microSD, sehingga kamu harus memilah aplikasi atau konten apa yang ingin tersimpan di dalam smartphone.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Paten Xiaomi Mix 2020 Bocor di Internet, Tampil dengan Konsep Layar Ganda
Artikel Selanjutnya
Harga Lebih Murah Rp 800 Ribu, Apa Beda Mi Note 10 Pro dan Mi Note 10?