Sukses

Deretan Fitur Keren di Google Translate

Liputan6.com, Jakarta - Google Translate merupakan aplikasi wajib, bagi kamu yang memiliki hobi pelesir ke negara-negara lain di dunia. 

Lewat aplikasi besutan Google ini, kamu bisa dengan mudah membaca tulisan asing dan menerjemahkan sesuatu hanya berbekal smartphone.

Entah dengan mengunduh bahasa terlebih dahulu untuk digunakan secara offline, menerjemahkan tulisan memakai kamera, atau percakapan langsung, ada berbagai cara yang simple dan layak kamu coba.

Tanpa panjang lebar, berikut adalah ulasan singkatnya sebagaimana dilansir Make Use Of, Senin (22/10/2018).

1. Google Translate Offline

Google Translate. Liputan6.com/ Yuslianson

Bagi kamu yang ingin menggunakan Google Translate saat bepergian, ada baiknya untuk mengunduh lebih dulu bahasa utama di negara tujuan.

Dengan cara ini, kamu dapat menghemat paket data dan jaga-jaga bilamana tidak memiliki akses internet yang stabil di negara tersebut.

Untuk melakukannya, klik ikon menu dan pilih Offline translation. Pilih dan klik bahasa yang ingin kamu gunakan. Mudah bukan?

 

2 dari 3 halaman

2. Type to Translate

Google Translate. Liputan6.com/ Yuslianson

Sesuai dengan namanya, fitur utama Google Translate adalah kemampuan untuk mengetik sesuatu dan menerjemahkannya ke bahasa lain pilihan pengguna.

Ketika aplikasi dibuka, kamu akan menemukan bahasa yang diketik di sebelah kiri, dan di sebelah kanan merupakan hasil dari kalimat yang sudah diterjemahkan.

3. Write to Translate

Google Translate memiliki fitur yang dapat mendeteksi tulisan tangan pengguna, dan menerjemahkannya ke bahasa yang dinginkan.

Tap menu Handwriting, dan tulis kata atau kalimat yang ingin diterjemahkan.

 

3 dari 3 halaman

4. Instant Camera Translation

Google Translate. Liputan6.com/ Yuslianson

Tak hanya bisa menerjemahkan via tulisan atau suara, Google Translate juga bisa membaca teks bahasa asing dengan mengandalkan kamera smartphone.

Yang perlu kamu lakukan hanya mengarahkan kamera ke teks yang ingin diterjemahkan. Cukup ikuti instruksi di aplikasi, tulisan yang sulit pun jadi mudah dimengerti.

5. Speak to Translate

Merasa sulit menuliskan kata atau kalimat yang ingin diterjemahkan, kamu dapat menggunakan fitur penerjemah via suara.

Dengan ini, Google Translate akan langsung menerjemahkan bahasa yang digunakan ketika melakukan percakapan lawan bicara.

Kamu dapat menggunakan fitur ini dengan mengeklik ikon Conversation yang ada di bagian bawah aplikasi.

Gimana, cukup mudah bukan.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Menerjemahkan Teks dalam Gambar dengan Google Translate
Artikel Selanjutnya
Kamera di Aplikasi Google Translate Bisa Deteksi 88 Bahasa