Sukses

Jony Ive Beberkan Alasan Apple Ketat Menjaga Rahasia

Liputan6.com, Jakarta - Apple dikenal sangat menjaga rahasia perusahaan, termasuk enggan memberikan bocoran tentang berbagai produk yang sedang disiapkan.

Chief Design Officer Apple, Jonathan Paul Ive (Jony Ive), menilai sikap penuh rahasia tersebut sebagai hal yang memang sepatutnya dilakukan.

"Menurut saya, justru aneh jika tidak seperti itu (berahasia). Saya tidak tahu banyak kreatif yang ingin membicarakan tentang yang mereka sedang lakukan ketika sedang mengerjakannya," kata Ive kepada jurnalis fashion terkemuka, Anna Wintour, saat diwawancara di konferensi Wired 25.

Menanggapi pernyataan Ive, Wintour mengatakan, "Benarkah? Kalau begitu, saya jelas tahu orang yang sangat berbeda."

Apple sangat menjaga kerahasiaan perusahaan dengan berbagai cara, termasuk menyewa mantan agen Badan Keamanan Nasional (NSA) agar para karyawannya tidak membocorkan rahasia.

Tindakan Apple disebut ditiru oleh sejumlah perusahaan teknologi lain, yang sekaligus sebagai upaya untuk mendapatkan "sihir" Apple, seperti mendapatkan sedikit atau menyamai kesuksesan perusahaan itu.

Ive pun menilai tindakan Apple dilakukan agar tidak ada keributan dalam proses pengerjaan produk.

"Saya mengenal banyak dapartemen PR yang ingin membicarakan sesuatu yang sedang dikerjakan. Saya sudah cukup lama melakukan ini, dan saya sebenarnya merasa bertanggung jawab untuk tidak membingungkan atau menambah lebih banyak keributan tentang apa yang sedang dikerjakan, karena saya tahu itu terkadang tidak berhasil," ucap Ive.

Menurut Ive, aneh rasanya jika semua orang mengetahui apa yang ia dan timnya sedang lakukan.

"Saya pikir itu hanya sifat alami kami ketika mengerjakan sebuah masalah rumit dan begitu banyak masalah yang kami kerjakan sekarang sangat rumit, sepertinya agak aneh memberitahu semua orang apa yang sedang dilakukan," tuturnya.

2 dari 2 halaman

Apple Tak Akan Ubah Ukuran Layar untuk iPhone 2019

iPhone 2019 dilaporkan akan memiliki ukuran layar yang sama dengan versi 2018. Hal ini disampaikan oleh analis terkemuka, Ming-Chi Kuo.

Estimasi Kuo itu disebabkan beberapa hal terkait dengan iPhone 2018. Popularitas ukuran iPhone XS Max yang besar, estimasi tingginya penjualan iPhone XR, serta ukuran layar kedua smartphone tersebut untuk pertama kalinya pada seri iPhone, disebut menjadi pertimbangan utama Apple.

Seperti diketahui, iPhone XR dan XS Max merupakan smartphone dengan ukuran layar terbesar yang dimiliki Apple. iPhone XR memiliki layar berukuran 6,1 inci, iPhone XS Max 6,5 inci, sedangkan iPhone XS dengan 5,8 inci.

Sementara itu, belum ada informasi tentang desain iPhone 2019. Namun, kemungkinan besar Apple akan memperkecil ukuran notch pada layar iPhone.

Apple sejauh ini tengah fokus mempromosikan iPhone XR, XS dan XS Max. iPhone XS dan XS Max sudah dijual sejak bulan lalu, pre-order XR baru akan digelar pada Jumat, 19 Oktober 2018. Kemudian, pengapalan iPhone XR akan dimulai pada 26 Oktober 2018.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: